Header Ads

Breaking News
recent

7 Tips Menjadi SEO yang Baik

Search engine optimization atau yang sering disebut dengan SEO sebenarnya adalah penggunaan cara terbaik untuk menarik dan mengoptimalisasikan mesin pencari yang akan dikunjungi ke website yang sedang Anda kelola. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir jutaan orang dalam setiap harinya menggunakan mesin pencari seperti google dan bing serta masih banyak lagi mesin pencari yang memiliki penggemarnya masing-masing.

Dengan jumlah mesin pencari yang sudah banyak dan jika situs yang Anda miliki tidak dioptimalkan dengan baik, maka berhati-hatilah jika Anda kehilangan pelanggan potensial yang tidak terhitung jumlahnya. Untuk meningkatkan pelayanan atas mesin pencari yang sedang dikelola, Anda membutuhkan berbagai inovasi dan perbaikan dalam beberapa hal agar SEO yang sedang dikelola tidak kehilangan penggemarnya. Cara untuk mempertahankannya adalah dengan cara sebagai berikut:


Kata kunci penelitian

Sebelum mencari informasi tentang suatu hal yang ingin Anda dapatkan, terlebih dahulu menentukan kata kunci penelitian. Dalam pemilihan kata kunci, usahakan kata kunci yang identik atau yang jelas, supaya informasi yang didapatkan lebih mendetail dan lebih jelas. Dengan penggunaan kata kunci yang jelas, Google AdWords Keyword Tool dapat menunjukkan jawaban atas kata kunci yang diinginkan. Dari kata kunci yang dimasukkan, Anda dapat melihat seberapa sering orang mencari kata itu.


Punya isi artikel yang terkait

Setelah memahami apa yang orang cari, maka dipastikan Anda memiliki konten yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jangan sampai apa yang konten dapatkan tidak sama dengan kata kunci yang disebutkan oleh si pencari. Jadi, usahakan kata kunci yang mereka sebutkan sama dengan informasi yang ingin mereka dapatkan.


Aksesibilitas

Setelah konten didapatkan, yang harus diperhatikan adalah bahwa mesin pencari dapat benar-benar menemukannya. Search engine harus dapat menjelajah ke situs web yang menampilkan konten yang mereka inginkan dan mencari halaman yang mereka dapatkan.

Ada cara lain yang dapat memudahkan dalam pencarian website yang diingikan di google atau bing, yakni dengan menyebutkan secara langsung apa alamat web tersebut. Misalnya, bisnishack.com. Jika Anda tidak melihat atau menemukan halaman yang diinginkan dan hanya beberapa halaman, mungkin saat itu yang Anda temui adalah masalah pengindeks-an.


Pemeriksaan aksesibilitas dan keakuratan

Terkait erat dengan aksesibilitas, agar SEO yang Anda kelola tidak mengalami masalah dalam hal pencarian atau saat akan digunakan, Anda harus selalu memeriksa kenormalan dan kelancaran mesin pencari tersebut. Jangan sampai orang yang menggunakan akan kecewa dengan apa yang Anda hasilkan.

Google Webmaster Central adalah sebuah toolset dan saran sumber daya yang ditawarkan oleh google. Sedangkan Bing Webmaster Tools adalah sumber daya serupa yang ditawarkan oleh bing. Daftarkan situs Anda dalam layanan ini, dan mereka akan mengingatkan Anda untuk masalah situs jika situs Anda mengalami masalah.

Mereka juga menyediakan data tentang hal-hal seperti, bagaimana orang terhubung ke Anda dan persyaratan atas orang yang menggunakan untuk mencapai website Anda.


Bangun link

Salah satu cara utama mesin pencari memutuskan halaman mana yang harus menjadi peringkat yang baik adalah dengan melihat link ke halaman tersebut. Konten yang memiliki link berkualitas tinggi mendapat dorongan untuk memiliki peringkat yang baik. Search engine biasanya akan memberikan penghargaan pada situs yang dapat mengakses hard link.

Sebuah postingan seorang tamu dalam publikasi pada suatu web dengan standar yang tinggi adalah salah satu contoh dari hard link. Jadi, situs berkualitas tinggi akan ditunjukkan oleh sebuah artikel yang relevan atau halaman di situs tersebut. Untuk memperbanyak orang yang berkunjung ke situs tersebut, sebaiknya Anda bangun hubungan kerja yang baik antara Anda dan orang lain.

Tawarkan kepada mereka untuk memasukkan web mereka ke dalam search engine yang sedang Anda buat. Dengan begitu, info yang mereka dapatkan akan lebih banyak dan artikel yang ditampilkan merupakan artikel yang dapat memenuhi keinginan orang yang menggunakan search engine Anda.


Jadilah search engine yang sosial

Ada satu cara mudah yang membuat situs begitu ramah kepada pengguna, yaitu dengan membangun hubungan baik dengan situs sosial atau yang sering disebut dengan jejaring sosial antara seperti twitter, facebook dan terutama google+ serta ada ask.fm, blogger, wordpress dan masih banyak lagi media sosial yang lainnya. Dengan begitu, pengikut search engine Anda dapat berbagi dengan orang lain dan dapat dikenal dengan baik.


Jadi penulis

Google memiliki sistem yang disebut "karangan" yang memungkinkan untuk menghubungkan halaman kembali ke akun google+. Hal itu memungkinkan gambar muncul di samping cerita yang Anda telah menulis. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana cerita populer di google yang telah dibuat di berbagai situs.

Di masa depan, penulis bahkan mungkin berubah menjadi author rank. Untuk menjadi search engine yang tepat, Anda dapat belajar pada mesin pencari yang sudah terkenal sebelumnya.

Masih sangat banyak hal yang dapat dan harus dilakukan agar search engine semakin dikenal orang. Anda harus memperhatikan hal-hal di atas, karena hal-hal di atas adalah hal-hal krusial yang paling berpengaruh. Sebagai contoh, yang merupakan hal yang sangat penting adalah harus memiliki tag judul HTML unik pada setiap halaman yang Anda munculkan. Memanfaatkan microdata meta tag dapat membantu Anda memiliki predikat baik di google.

Jika Anda seorang bisnis lokal, harus mendaftarkan bisnis menjadi bisnis yang terdaftar di search engine google dan bing agar dapat membantu mengontrol informasi yang mereka ingin tahu tentang bisnis Anda.

Jika ingin lebih berpengalaman lagi dalam hal search engine, maka jadikanlah google sebagai SEO panduan. Google Webmaster Academy juga bermanfaat untuk file-file yang berupa video. Jika Anda menggunakan bing, ada baiknya Anda berpedoman dengan melihat Webmaster pedoman bing.

Jadi, jika ingin usaha dikenal oleh banyak orang, jangan pernah abaikan hal-hal kecil di atas. Apalagi saat ini search engine adalah satu-satunya hal yang hampir dilihat oleh jutaan orang bahkan hampir dalam setiap detiknya Jadi, jangan pernah ragu untuk membangun links yang baik dengan para search engine yang sudah mumpuni di bidangnya.
Diberdayakan oleh Blogger.