Header Ads

Breaking News
recent

7 Kiat Sukses Usaha Rental Mobil Ala Eko Sulityo

Pemuda asal Temanggung yang bernama Eko Sulityo telah berhasil meraih kesuksesan dalam hidupnya. Eko mempunyai sebuah usaha rental mobil yang cukup dikenal di Temanggung. Eko sadar bahwa kebutuhan orang terhadap alat transportasi semakin besar di kota Yogyakarta. Rental mobil tidak hanya diperlukan saat perayaan tertentu saja, namun juga di dalam aktivitas sehari-hari. Tidak hanya masyarakat biasa, para perusahaan pun juga membutuhkan rental mobil untuk berbagai keperluan perusahaan.

Usaha rental mobil adalah sebuah usaha yang mewajibkan pemiliknya memiliki beberapa mobil untuk dipakai oleh pelanggan. Dengan kata lain, jika tidak memiliki mobil, maka mustahil untuk menjalankan sebuah bisnis rental mobil. Itulah yang selama ini dipikirkan oleh kebanyakan orang. Tampaknya, hal ini tidak sepenuhnya berlaku bagi Eko Sulityo.


Eko berhasil membangun usaha rental mobil meskipun pada awalnya dia sama sekali tidak memiliki mobil. Rizky Rent Car, nama perusahaan Eko, dimulai dari nol alias betul-betul tanpa modal utama, yaitu mobil. Lalu, bagaimana Eko menjalankan usaha rental mobil tanpa memiliki mobil? Mari simak artikel ini!


Nekat

Inilah modal utama dari seorang Eko Sulityo, yaitu nekat. Kenekatan dari Eko inilah yang menuntunnya menuju kesuksesan. Tanpa modal sepeserpun, Eko membangun usaha rental mobilnya. Eko hanya mencetak sebuah kartu nama dan brosur pada awal mendirikan usaha rental mobil. Setelah mendapatkan order, barulah Eko berusaha mencari mobil yang diminta oleh pelanggan.

Sebagai orang yang ingin meraih kesuksesan, Anda juga harus berani mengambil keputusan yang di luar biasanya. Namun, tetap saja rasa nekat tersebut harus bisa diukur dengan logika. Terlebih lagi, jangan sampai Anda mengambil keputusan yang merugikan orang lain. Contohnya saja, Anda nekat pinjam uang dari bank dengan memberikan jaminan rumah orang tua. Ini namanya bukan nekat, tetapi mengorbankan kebebasan milik orang lain.


Berpikir kreatif

Eko sangat kreatif sekali dalam memulai usahanya. Dia mencetak kartu nama serta brosur yang cukup menarik perhatian serta terlihat sangat meyakinkan. Di dalam brosur tersebut Eko memberi nama usaha rental mobilnya, yaitu Rizky Rent Car, beserta nama serta nomor teleponnya. Eko menyebarkan kartu namanya ke siapa pun yang dia anggap sebagai calon potensial untuk usaha rentalnya.

Untuk mobil yang disewakan, Eko meminjam mobil tersebut dari rekan-rekannya. Jadi dia tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk membeli mobil. Jadi, bagi orang yang berkata bahwa berbisnis harus mempunyai modal besar hanyalah orang yang malas berusaha. Eko telah membuktikan bahwa berbisnis cukup berpikir secara kreatif saja dan memanfaatkan apapun yang Anda miliki.


Percaya diri

Dalam menyebarkan kartu nama serta brosur miliknya, Eko memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Dengan yakin dia menawarkan usaha Rizky rent Car pada calon-calon pelanggan potensialnya. Tidak hanya itu, Eko sering berpura-pura bertanya pada orang disekitar tentang Rizky Rent Car. Hal ini untuk membangun sebuah brand awareness agar orang-orang sadar bahwa terdapat perusahaan rental bernama Rizky Rent Car.


Pintar promosi

Agar perusahaan rentalnya semakin diminati orang, Eko tidak pernah lelah dalam melakukan promosi. Berbagai cara promosi gratis ditemukan oleh Eko. Contohnya saja, ketika sedang di mall, Eko berpura-pura ke resepsionis untuk mencari teman-temannya. Resepsionis mall ini akan memanggil teman-teman dari Rizky Rent Car melalui audio, sehingga nama usaha Rizky Rent Car akan terdengar oleh orang-orang diseluruh mall.

Selain itu, Eko juga mempromosikan Rizky Rent Car melalui social media. Media sosial cukup memiliki pengaruh besar dalam promosi perusahaan. Tidak hanya itu, Eko rajin menyebarkan brosur serta kartu nama dimana-mana. Eko juga meminta tolong untuk menyebarkan usaha rental mobilnya dari mulut ke mulut. Masih banyak cara lain yang dilakukan oleh Eko untuk mempromosikaan usahanya.


Sebuah usaha bisa menjadi tidak laku jika tidak ada promosi atau pemberitahuan mengenai usaha tersebut. Oleh karena itu, selalu promosikan usaha anda tana mengenal lelah. Carilah cara-cara unik namun efektif seperti yang telah dilakukan oleh Eko. Promosi merupakan aktivitas yang cukup penting dalam sebuah usaha. Tidak perlu budget yang besar untuk promosi, yang terpenting adalah masa yang Anda capai harus luas dengan promosi.


Manfaatkan relasi yang dimiliki

Seperti yang telah Anda ketahui, Eko tidak memiliki satu mobil pun dalam memulai usahanya. Mobil yang digunakan untuk usaha rental Eko dapatkan dari teman-teman kuliahnya yang mempunyai mobil. Eko berusaha merayu teman-temannya untuk meminjamkan mobil miliknya. Tentu saja Eko berbagi hasil dengan teman-temannya. Eko hanya mengambil komisi sebesar 30 persen saja dari total bayaran yang dia terima.

Jika mobil teman-temannya sedang tidak bisa digunakan atau bahkan sudah laku disewa orang lain, Eko bahkan bertanya dosen yang mengajar untuk meminjamkan mobil mereka. Tidak hanya itu saja, terkadang Eko meminta tolong dengan mobil orang tua teman ataupun kerabatnya. Intinya, siapapun yang memiliki mobil Eko dekati agar mau menyewakan mobil mereka.

Relasi merupakan elemen yang penting dalam sebuah bisnis. Modal dalam berbisnis tidak hanya berupa uang, tetapi juga relasi dan koneksi yang kita miliki. Manfaatkan relasi yang Anda miliki dengan baik. Tetapi, jangan hanya dimanfaatkan saja, tentu lama-kelamaan hubungan Anda menjadi tidak baik. Anda harus memberikan imbalan yang setimpal atas bantuan yang telah mereka berikan.


Jangan ada rasa malu

Rasa malu merupakan salah satu penyebab kegagalan dalam berbisnis. Tidak jarang orang yang malu dalam mempromosikan bisnisnya, ataupun meminta bantuan untuk menjalankan sebuah bisnis. Rasa malu ini hanya menghambat Anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang digeluti.

Eko membuang rasa malu miliknya dan tidak malu untuk meminta bantuan ke mana-mana. Bayangkan saja, bahkan dosen pun diajak bekerja sama oleh Eko. Tetapi, tidak memiliki rasa malu bukan berarti memalukan. Jangan sampai Anda membuang harga diri Anda seperti memohon sampai bertekuk lutut atau melakukan hal-hal yang tidak umum.


Mau berusaha

Ini adalah sebuah sifat yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Jika tidak mau berusaha, bagaimana Anda bisa memperjuangkan bisnis yang anda miliki sekarang ini? Hal ini juga telah dilakukan oleh Eko. Lihat saja perjuangannya dalam merintis usaha rental mobilnya dari awal. Bagaimana Eko berusaha mencari mobil-mobil untuk disewakan serta promosi yang harus dia lakukan untuk usaha rentalnya.

Rizky Rent Car telah memiliki puluhan armada mobil di usaha rentalnya. Jumlah ini tidak berhenti, malah semakin bertambah. Semakin banyak pelanggan yang telah berlangganan dengan Rizky Rent Car. Eko telah mematahkan semua keyakinan orang yang berpikir bahwa berbisnis harus memiliki modal. Eko telah membuktikan bahwa bisnisnya sekarang bisa sukses tanpa modal sepeserpun. 
Diberdayakan oleh Blogger.