Header Ads

Breaking News
recent

Mulutmu Harimau Mu : Pilihan Kata yang Membuat Pelanggan Bahagia

Ada ungkapan “Mulutmu adalah Harimaumu”. Ungkapan kalimat itu bermakna agar selalu menjaga mulut. Sebenarnya bukan mulut sih tepatnya, namun kata-kata yang dirangkai menjadi kalimat yang keluar dari mulut kamu. Well, ketika kita berda dalam industri bisnis dan menjadi front liner, otomatis pilihan kata akan sangat kita perhatikan untuk apa dan untuk siapa? Tentunya untuk keseimbangan bisnis kita karena kita bertemu dengan klien setiap hari. Lalu, apa saja pilihan kata yang tepat untuk digunakan dalam memanjakan para pelanggan? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang frasa apa saja yang kamu butuhkan ketika bertemu dengan klien atau pelanggan:

Image Credit

“Ada yang bisa saya bantu?”

Kesempatan awal yang diinginkan oleh pelanggan adalah menjelaskan secara rinci apa yang ia butuhkan pada saat itu. Nah, ini akan menjadi kesempatan kamu untuk dapat membantu apa yang dia butuhkan. Karena kalimatmu “membantu” bukan “menjual”, ini akan mengundang stigma positif pagi si pelanggan. 


Saya bisa menyelesaikan masalah tersebut...”

Kebanyakan dari pelanggan akan sangat terbantu dan terkesima apabila kamu sebagai customer service dapat langsung memberikan solusi dari permasalahan yang pelanggan hadapi. Di sini kamu dituntut bersikap cekatan dan berpikiran cerdas dan menguasai topik. 


“Maaf pak, saya kurang paham, tapi akan saya pelajari lebih dulu, mohon untuk berkenan menunggu” 

Kadang terlihat bodoh itu ada gunanya, jujurlah saja ketika kamu menemui permasalahan yang sulit. Mungkin integritas kamu akan turun, namun pelanggan akan lebih suka orang yang jujur dan terlihat usahanya untuk mencari solusi dari pada customer service yang sotoy


“Saya akan bertanggung jawab” 

Ketika kamu berbisnis dengan klien lain, dan menemui permasalahan entah itu produk atau kesepakatan harga, beritahu pelanggan kamu bahwa ini adalah tanggung jawab kamu. Hal ini akan membuat pelanggan kamu lega dan tidak pindah ke lain hati. Diskusikan hal ini dengan bos kamu segera dan ambil keputusan secepat mungkin supaya pelanggan tidak kecewa. 


“ Saya akan memberitahukan hasilnya segera...” 

Jika kamu berada dalam bisnis yang “sell and carry” suatu bisnis yang membutuhkan beberapa waktu untuk fix all that material, maka memberitahukan pelanggan kamu tentang rentang waktu adalah hal yang baik untuk bisnis kamu. Hal ini menjaga pelanggan kamu untuk tetap percaya terhadap bisnis kamu. Misalnya kamu bisnis properti seperti negosiasi harga dengan pemilik lama atau membutuhkan waktu sedikit lama dalam desain rumah. 


“Saya akan tepat waktu...”

Kalimat ini menunjukkan bahwa kamu akan tepat waktu terhadap janji atau rule yang sudah disepakati bersama. Janji tetaplah janji, jika kamu tidak tepati, bersiaplah kehilangan tidak hanya satu klien di masa depan!


“Pesanan Anda akan sesuai dengan keinginan Anda” 

Pelanggan menginginkan apa yang benar-benar mereka inginkan, seperti desain rumah atau modifikasi berlian. Maka, membuatnya persis seperti apa yang mereka mau adalah jalan terbaik untuk bisnis tetap kamu. Sekarang sudah jamannya “mass customization” jika kamu tidak bisa menuruti apa keinginan customermu, so you will die ! 


“ Pekerjaan Anda akan selesai” 

Jangan pernah bilang ke klien kamu bahwa hal ini membutuhkan waktu sedikit lagi. Jangan biarkan pelangganmu menunggu. Lebih baik kamu langsung sepakti waktu yang kamu bisa tepati, misalnya barang akan jadi dalam 3 hari, katakanlah seminggu kepada klien dan antartkan tepat 3 hari setelah barang jadi. So Surprizeeee !!!! 
Diberdayakan oleh Blogger.