Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mudah Berbisnis Pakaian

Berbicara mengenai bisnis tentunya sangat banyak sekali bisnis yang dapat dilakukan oleh seseorang yang memang mau dan ingin berkecipung di dunia bisnis. Hampir semua orang dapat melakukan perbisnisan tergantung dengan apa yang diminati serta apa yang dikehendaki. 
Berbisnis selain dapat meningkatkan keuntungan yang akan diperoleh juga dapat melatih diri atau jiwa untuk selalu berdisiplin baik waktu maupun biaya. Dengan berbsinis maka seseorang akan mengetahui bakat apa yang dimilikinya dalam bisnis tersebut serta orang tersebut juga dapat mengetahui seberapa kemampuannya dalam berkecipung di dunia bisnis. 

Saat ini telah marak bsinis tersebar dimana-mana baik di dunia yang nyata maupun yang maya atau lewat online, semuanya dapat dilakukan dengan mudah tanpa adanya suatu kendala bagi orang yang benar-benar serius akan melakukan bisnisnya dengan benar.

Begitupun dengan berbisnis pakaian, dalam berbsnis pakaiana tentunya ada bermacam-macam mulai dari berbsnis pakaian dalam toko yang nyata maupun yang online seperti memiliki toko dalam bentuk web atau yang lainnya. Berbsnis pakaian juga dapat dilakukan oleh hampir semua orang karena selain mudah berbsinis pakaian ini mempunyai keuntungan yang relatif banyak sehingga sangat mudah serta banyak diminati oleh banyak orang terutama orang-orang muda yang memang suka berkecipung di dunia bisnis. 

Berbisnis pakaian tidak hanya dengan menjual pakaian yang berasal dari produk dalam negeri saja namun bisa juga menjual produk yang berasal dari luar negeri, produk tersebut biasanya dijual dengan sangat mahal serta mempunyai keuntungan yang lumayan pula sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan bisnis menjadi bisnis yang berkembang lebih maju serta pesat.

Dalam melakukan bisnis pakaian tentunya ada berbagain macam cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan bsinisnya supaya lancar serta keuntungan dapat berjalan dengan kontinu tanpa ada halangan serta kendala ataupun kegagalan. Cara ini dapat dilakukan oleh orang baik yang berbisnis pakaian online, pakaian anak atau dewasa hingga pakaian import yang pasti berdasar dari berbisnis pakaian. 

Cara yang dilakukan sangat mudah serta hampir semua orang dapat melakukannya asal cara yang dilakukan benar serta konsisten terhadap apa yang dikerjakan serta waktu yang diperlukan. Dengan memperhatikan hal-hal yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang tengah dijalankan maka bsinis akan berjalan dengan lancar sesaui dengan perkemabngan waktu serta zamannya. 

Berikut merupakan cara yang dapat dilakukan oleh para pebisnis pakaian supaya bisnis dapat berkembang dengan lancar, antara lain:


Fokus pada fashion

Untuk pemula belajar, langkah pertama cara memulai bisnis baju pakaian, tentukan objek yang akan dijadikan bisnis. Jika terfokus pada dunia fashion, persempit kembali objeknya, apakah berupa aksesoris atau baju, dsb. Setelah itu carilah beberapa pilihan supplier, bisa dengan referensi teman, cari di iklan media massa, ataupun dari internet. 

Pertimbangkan juga mode atau gaya busana yang sedang tren terkini. Setelah Anda mendapatkan data beberapa supplier, cara memulai bisnis adalah segeralah kontak mereka untuk menawarkan produk dan menanyakan apakah mereka bersedia bekerja sama selanjutnya.

Menurut salah seorang ahlli fashion-dikutip dari Stylecareer.com-Jennie S Bev, menyatakan bahwa setiap pengusaha yang mendirikan butik hendaknya membatasi jumlah supplier. Hal ini dilakukan agar mempermudah proses pemesanan. Selain itu, kita sebaiknya memilih supplier yang memberikan tawaran biaya per unit dengan harga rendah. Tujuannya untuk membantu bisnis dalam meraih keuntungan setiap itemnya.

Perkembangan fashion di Negara Indonesia memang tidak bisa dihindari lagi. Fashion telah menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tak hanya rakyat jelata saja, namun, para artis terkenal, model-model di ibukota hingga para pejabatpun menganggap fashion sebagai sebuah hal yang sangat penting. Mulai dari produk fashion yang memiliki brand besar dengan harga fantastis, produk brand cina atau produk lokal yang murah, hingga produk barang bekas import pun mampu menjadi peluang besar di dunia bisnis fashion Indonesia.


Temukan lokasi yang strategis

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis bagi pemula adalah menentukan dan menemukan lokasi untuk usaha butik ataupun toko Anda. Jika online, silakan membuat konsep marketingnya. Tidak lupa juga untuk selalu mempelajari karakter atau target pembeli. Jika berbentuk tempat, maka pilihlah tempat dengan harga sewa murah untuk setiap bulannya.Cari tahu pesaing dalam lingkup bisnis Anda, sebagai bahan pertimbangan menganalisa poin-poin dari rival bisnis. Misalnya, apakah mereka memberikan penawaran khusus, atau apa saja produk-produk yang menjadi best seller mereka, dan lain sebagainya. 

Sebagai permulaan, ajak anggota keluarga Anda untuk membantu membangun bisnis tersebut. Ini dilakukan juga agar meminimalisir pengeluaran. Jadi, Anda bisa terfokus pada bisnis bukan masalah karyawan. Untuk masalah promosi, cara memulai bisnis baju bagi pemula , Anda bisa membuat iklan singkat di media sosial pribadi, atau mungkin berbayar. Selain iklan online, ada baiknya membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan Anda (rumah, kampus, dan temapat lainnya). Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan.


Untuk import, sesuaikan dengan trend

Sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia, sandang atau pakaian juga tidak lepas dari adanya fashion yang terus berkembang. Dari yang pada awalnya sandang hanya bseuah kebutuhan saja, sekarang sandang telah beralih fungsi sebagai keinginan manusia karena kebutuhan fashion. 
Maka dari itu, jangan heran jika saat ini banyak orang yang berpakaian berdasarkan baju atau pakaian dengan yang sesuai dengan model yang sedang trend. Hal ini pula yang menjadi dasar pertimbangan awal para pelaku bisnis pakaian import, untuk membuka usaha tersebut. Pakaian dengan brand terkenal dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal tidak semua orang mampu untuk membelinya. Sebagai solusi, maka dibuatlah sebuah usaha baju import agar semua orang bisa tampil fashionable namun dengan menggunakan barang bekas import. 


Usahakan menawarkan harga murah untuk import bekas

Rata-rata barang bekas import dijual dengan harga yang relative murah. Peminat baju import adalah para remaja yang senang berburu produk brand luar negeri dengan harga murah. Selain itu banyak konsumen dari kalangan menengah kebawah yang mencari busana yang lebih murah dari harga yang ada di toko baju baru. 

Jangan beranggapan buruk meski baju import identik dengan image baju bekas karena baju bekas import yang biasa diperjual-belikan tersebut kualitasnya juga masih bagus dan layak pakai. Maka tak heran jika terkadang banyak konsumen yang sengaja hunting di toko baju import. Usaha berjualan baju import bekas ini tentu memiliki kelebihan. Salah satunya minat konsumen akan baju bekas menjadi potensi besar bagi usaha ini. Apalagi baju import dari luar negeri yang banyak diminati konsumen, peluang ini sangat menguntungkan pelaku usaha yang ingin terjun ke bisnis baju import. 

Namun, kekurangan dari berjualan baju import bekas ini ialah kualitas baju bekas yang sering tidak bagus kualitasnya. Maka dari itu, kau harus tetap berhati-hati dalam memilih barang yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Tak hanya itu, Anda juga harus memastikan harga yang lebih murah dari harga toko. Caranya dengan melakukan survey langsung ke toko baju baru. Dalam memasarkan usaha baju import bekas ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara. 

Selain dengan cara membuka toko, Anda juga bisa mencoba untuk menghadiri event-event tertentu. Misalnya saja pasar murah, pasar malam, ataupun di acara pesta – pesta rakyat yang diminati banyak warga. Dengan begitu, setiap bulannya Anda bisa mendapatkan penghasilan. Yang terakhir, manfaatkan juga internet untuk memasarkan bisnis ini. Apalagi saat ini tidak sedikit orang yang mmenjual baju import melalui internet. 


Untuk baju anak, utamakan brand serta pelayanan

Meskipun terlihat sepele, nama brand atau nama toko bisa dikatakan faktor yang penting. Apabila anda berkecimpung di dunia baju anak, buatlah nama toko anda "berbau" anak yang mudah diingat dan simpel. Dengan demikian customer dengan mudah mengetahui jenis toko anda dan mudah mengingat nya. 

Apabila anda ingin membuka bisnis baju anak secara offline (toko riil) maka poin kedua ini sangatlah penting. Anda harus mempertimbangkan lokasi yang terbaik untuk menjual baju anak anda. Misalnya saja Mall. dari segi bisnis, Mall memang mempunyai faktor biaya sewa yang lebih mahal daripada sebuah tempat di luar mall. Tapi lalu lintas mall lebih padat dibandingkan toko yang berada di luar mall. 

Selain itu, berikanlah kenyamanan kepada customer anda yang berbelanja di toko anda. Anda dapat berperan menjadi penasihat mode untuk mereka, misalnya memberikan saran mengenai model pakaian dan ukuran baju anak yang cocok untuk anak mereka. Dengan demikian, anda harus selalu dituntut untuk memperbanyak model yang variatif dengan harga yang kompetitif serta yang perlu diperhatikan adalah bentuk packaging dari produk yang anda tawarkan, dalam hal ini baju anak. 

Dengan demikian, apabila pengunjung  atau customer anda sudah merasakan kepuasan berbelanja di toko anda, dapat dipastikan mereka akan kembali lagi untuk berbelanja di toko anda.


Pilih tempat pemasaran produk yang tepat

Untuk memulai sebuah bisnis pakaian yang online relatif tidak perlu sebuah tempat yang besar atau mahal untuk menjajakan produk anda. Anda hanya perlu beberapa perangkat elektronik yang dapat mendukung pemasaran produk anda. Misalnya saja Smart Phone, Computer dan lain  - lain. 

Dengan memiliki tempat untuk pemasaran yang lebih banyak tentunya akan semakin mudah untuk menarik para konsumen sehingga akan semakin mudah mendapatkan keuntungan yang diinginkan serta akan dengan mudah mendapatkan keuntungan yang kontinu. Dengan hal ini maka untuk mengembangkan bsinis akan semakin mudah demi kelancaran bisnis serta dapat meningkatkan bisnis ke kancah yang lebih besar.


Pilih pemasok barang yang tepat

Pemasok barang dagangan anda, dalam hal ini merupakan kunci utama yang harus anda lakukan. Carilah pemasok yang mempunyai kualitas yang bagus dengan harga yang "sebanding" dengan kualitas nya. Jadi jangan sampai anda mengambil dari pemasok yang menjual barang yang tidak berkualitas tapi dengan harga yang mahal. 

Dengan memiliki pemasok barang yang tetap serta ang handal maka tidak akan mungkin Anda rugi serta tidak akan mungkin tertipu, dengan ini maka aka semakin menghemat biaya pengeluaran sehingga akan mudah menetapkan pemasukan serta keuntungan akan semain bertambah dengan adanya diskon langganan dari pemasok barang. 

Selain dapat menghemat uang juga dapat meningkatkan kualitas barang menjadi lebih baik serta mebih banyak karena pemasok barang sudah tidak lagi berganti-ganti sehingga akan mudah dalam menciptakan inovasi di waktu yang singkat, dengan demikian maka keuntungan jelas akan semakinbertambah banyak serta akan dapat dengan mudah meningkatkan bisnis ke kancah yang lebih tenggi serta mudah berkembang. 


Jika bisnis sudah berkembang dengan baik, maka anda akan dengan mudah mendapatkan keuntungan yang stabil serta mendapatkan banyak pelanggan yang tetap, dengan demikian maka jelas tidak mungkin bsinis akan mendekati kegagalan ataupun kebangkrutan.



Mencari informasi dari berbagai media

Pandai Pandailah mendapatkan informasi mengenai pemasok anda. Misalnya kapabilitas pemasok, produk apa saja yang mereka punyai. Dan yang terpenting, Anda harus mencari pemasok yang memang menyediakan pakaian yang berkualitas dengan harga yang paling murah. Sebisa mungkin Anda mempunyai lebih dari satu pemasok pakaian yang menjadi barang dagangan Anda. Manfaatkan media internet untuk mencari informasi tersebut, di samping referensi dari keluarga, kerabat maupun teman juga dapat dijadikan bahan pertimbangan.


Siapkan website untuk penjualan online

Sebelum memutuskan membuka toko online yang menjual pakaian, kita harus mengetahui beberapa kebiasaan pembeli di dunia nyata. Diantaranya adalah Pembeli barang-barang fashion lebih baik wanita daripada pria, Pembeli sangat suka melihat stok barang yang ada sebelum menentukan mana yang harus mereka pilih serta mereka akan memperhatikan detail pakaian tersebut. 

Setelah mengetahui kebiasaan tersebut barulah Anda Siapkan website/ toko online sebagai tempat untuk memajang stok baju yang ada. Meskipun tidak memerlukan toko, bukan berarti kita tidak memerlukan tempat untuk memajang barang. Website adalah tempat tepat untuk memajang baju. 

Meskipun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram ataupun Pinterest bisa menjadi tempat memajang foto-foto barang, media ini tidak memberikan jaminan apa yang ada di dalamnya. foto-foto itu bisa hilang jika suatu saat terjadi masalah di media sosial itu. Jadi siapkan website sebagai toko online-nya. Setelah website siap, upload foto-foto baju yang kita jual. 

Gunakan foto dengan resolusi tinggi sehingga detail pakaian dapat terlihat dengan jelas. Fotolah pakaian itu dari berbagai sisi sehingga mereka dapat melihat keseluruhan pakaian yang ingin mereka beli. Gunakan model dalam mengabadikan pakaian itu. Model yang enak dipandang mata akan membuat mereka tertarik untuk melihat produk-produk kita. Selain itu, pebisnis juga harus Menggunakan video untuk menunjukkan stok pakaian juga bisa dilakukan sebagai inovasi serta mengukuti trend mode fashion saat ini sehinga stok yang dimiliki selalu up to date.


Mempunyai karyawan penjahit

Selain hal diatas, yang perlu dipersiapkan kembali adalah karyawan yang dapat menjahit sehingga akan memudahkan pebisnis untuk membuat inovasi yang baru. Hal – hal yang perlu dipersiapkan antara lain  Anda harus mencari modal untuk membeli mesin jahit dan perlengkapan menjahit lainnya. 
Namun jika Anda sudah memiliki mesin jahit sendiri berarti modal yang Anda keluarkan berkurang, mencari orang yang memiliki skill atau keahlian menjahit, sabar dan tekun, mampu menciptakan ide kreatif dalam mendesain pakaian dari model yang sudah ada dipasaran, mencari referensi tempat berbelanja bahan tekstil, alat dan perlengkapan menjahit lainnya yang berkualitas dengan harga miring serta mempromosikan usaha Anda kepada orang-orang yang menjadi target pemasaran Anda.


Menargetkan konsumen

Menjadi seorang pebisnis pakaian baik untuk onliner maupun tidak yang paling pentinga adalah menargetkan konsumen. Target utama Anda adalah anak-anak, remaja putri, para wanita pekerja/mahasiswa, hingga ibu-ibu muda yang selalu ingin tampil modis dan trendi. Bahkan siapa saja yang ingin membuat baju/pakaian. Tergantung Anda dalam memprodukkan pakaian untuk kaum wanita atau pria.

Ada langkah tertentu yang dapat dilakuakn untuk menarik para konsumen yaitu dengan cara memberikan deskripsi yang jelas dari pakaian yang kita jual, mulai dari ukuran, jenis kain serta stok warna yang tersedia. Dengan begitu rasa ingin tahu pembeli akan terjawab dengan mudah, selain itu harus menggunakan media sosial untuk menarik mereka untuk mengunjungi website toko online yang kita bangun. 

Media sosial dan website merupakan dua hal yang bergantungan saat ini. Jika bisa memafaatkan media sosial dengan baik, maka kita dapat menggiring konsumen ke website toko online kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga kualitas barang yang dijual. Sekali pembeli kecewa, maka mustahil bisa menarik mereka kembali serta pelayanan untuk konsumen yang baik jangan dilupakan. Sebagus apapun barang yang dijual, kalau pelayanan kita kurang baik, maka pembeli akan kecewa.


Melaksanakan bisnis dengan berpromosi

Langkah selanjutnya adalah melaksanakan bisnis dengann tekun serta hati-hati. Jangan bekerja dengan motivasi uang semata karena hal tersebut akan menjatuhkan bisnis ke yang lebih buruk, selain itu, usahalah untuk mencari banyak orang yang dapat dijadikan mitra untuk memasarkan produk yang dimiliki sehingga akan lebih mudah untuk merekrut banyak pelanggan. 

Selain tiu, jangan lupa untuk mempromosikan produk yang dimiliki, Promosi dari mulut ke mulut. Dimulai dari keluarga terdekat, teman dekat, hingga tetangga di lingkungan rumah Anda. Dari klien-klien terdekat itulah, nantinya jaringan pemasaran dapat berlanjut pada orang lain yang kenal dengan orang yang telah menjadi pelanggan Anda. Mendatangi instansi-instansi tertentu dengan menawarkan pemesanan baju seragam, seperti seragam perusahaan percetakan, rumah makan, dan lain-lain sehingga pelanggan akan semakin bnayak serta penghasilan atau kwuntungan yang didapatkansemakin meningkat.


Menjaga perilaku

Setelah semuanya sudah dilakuakn, hal selnjutnya yang dapat dilakukan adalah membenahi diri yaitu menjaga perilaku di depan para konsumen atau orang yang akan menjadi pelanggan bsinis yang tengah dijalankan. Dengan menjaga perilaku tentunya akan semakinmemudahkan para pelanggan untuk selalu percaya sehingga akan menjadi pelanggan atau konsumen tetap di bisnis atau perusahaan yang tengah Anda jalankan. 

Perilaku merupakan hal yang sangar Penting untuk orang dimanapun berada baik saat bekerja maupun tidak, untuk menjaga perilaku sangatlah menjadi modal utama yang sangat penting untuk menarik perhatian para pelanggan atau calon konsumen yang akan membeli atau yang telah membeli produk yang ditawarkan. 

Dengan melihat attitude atau perilaku Anda yang baik maka tentunya pelangan atau konsumen tertarik untuk selalu membeli produk yang ada dalam bisnis Anda sehingga pelanggan akan semakin banyak. Jika pelanggan dalam binsis sudah lumayan banyak maka akan semakin mudah untuk meningkatkan perkembangan bisnis atau perusahaan pakaian sehingga keuntungan yang akan didapatkan akan semakin bertambah banyak serta pemasukan akan bertambah banyak serta stabil sehingga pengaeluaran menjadi tidak berasa. 



Demikian sekilas uraian tentang cara seseorang untuk mengembangkan bisnis pakaian. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.
Diberdayakan oleh Blogger.