60 Fakta Menarik Tentang Bisnis Fotografi
1. 200 juta foto diunggah ke Facebook setiap hari.
2. Saat ini ada lebih dari 10.000 aplikasi foto.
3. New York adalah kota yang paling banyak difoto di dunia.
4. Diperkirakan 80% iklan menggunakan fotografi pada 2011.
5. NYC, LA, San Francisco dan Chicago adalah kota-kota yang mencari banyak fotografer untuk majalah papan atas.
6. Amerika Serikat, Jepang, dan Brasil adalah tiga negara dengan pengguna Instagram terbanyak.
7. Pada 2012, Facebook membeli Instagram sebesar $ 1 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Saat itu hanya ada 13 karyawan.
8. Pada 2014, 16 miliar foto telah diunggah ke Instagram. Jumlah ini masih kalah dari Facebook, yaitu 140 miliar foto.
9. 70% pengguna Instagram setidaknya memeriksa sekali sehari.
10. Nike adalah merk yang paling banyak diikuti di Instagram.
11. Kini Instagram memiliki sekitar 150 juta pengguna, 60% di antaranya berasal dari luar Amerika Serikat.
12. Setiap detik, ada 1.000 komentar dan 8.500 yang diposting di Instagram.
13. Rata-rata pengguna Instagram menghabiskan 257 menit per bulan.
14. Merk yang paling populer di Instagram adalah Nike, Starbucks, National Geographic dan Victoria Secret.
15. Instagram diluncurkan sebagai sebuah aplikasi iPhone pada 6 Oktober 2010.
16. Untuk memperoleh 1 juta pengguna, Instagram hanya membutuhkan waktu dua bulan. Foursquare membutuhkan satu tahun, sedangkan Twitter dua tahun.
17. Kurang dari satu tahun, Instagram memiliki 10 juta pengguna.
18. 75% pengguna Instagram yang berusia 18-24 telah memotret setidaknya satu selfie.
19. Ada 35 juta foto selfie di Instagram.
20. 59% merk top dunia memiliki akun di Instagram.
21. 26 dari 100 merk memiliki lebih dari 10.000 pengikut Instagram. Sedangkan 10 dari 100 merk memiliki lebih dari 100.000 pengikut.
22. 98% foto Instagram yang diposting oleh merk-merk top telah sekarang dibagi ke Facebook.
23. Lima besar hashtags di Instagram: #love #me #instagood #cute #tbt.
24. Lima filter yang paling populer di Instagram: Earlybird, X-Pro 2, Brannan, Hefe, dan Nashville.
25. Lebih dari setengah fotografer profesional di Amerika Serikat bekerja sendiri, meskipun dapat dikontrak oleh biro iklan atau penerbit majalah.
26. Pada 2008, Inggris mengeluarkan hukum yang meningkatkan wewenang polisi untuk mencegah fotografer mengambil gambar di tempat umum.
27. Jika fotografi fashion mengutamakan pakaian dan produk lainnya, fotografi glamor mengutamakan model dan bentuk tubuh. Terkadang model fotografi glamor harus telanjang.
28. Fotografi kriminalitas membutuhkan kamera hitam putih atau kamera inframerah untuk memotret objek dengan lebih detail.
29. Paparazzi adalah bidang foto jurnalistik di mana fotografer memotret atlet, selebriti, politisi, dan tokoh masyarakat lainnya.
30. Perbedaan fotografi komersial dan fotografi iklan terletak pada fokus serta teknik yang digunakan.
31. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, kesempatan kerja untuk fotografer diduga meningkat 12% pada 2008-2018.
32. Dalam fotografi komersial, pemotretan difokuskan pada produk yang dipromosikan. Pencahayaan, styling dan latar belakang dibuat agak netral supaya tidak menggeser fokus dari produk tersebut.
33. Diperkirakan 70-75% pekerjaan fotografer komersial dan iklan adalah menjual dan meng-edit gambar, bukan mengambil gambar.
34. Kebanyakan fotografer komersial dan periklanan menggunakan Adobe Photoshop dan program pendamping Adobe Lightroom untuk meng-edit gambar dengan cepat.
35. Hipstamatic adalah aplikasi fotografi digital untuk Apple iPhone.
36. 48 juta foto diunggah ke Hipstamatic setiap bulan.
37. Pada Agustus 2012, Hipstamatic memberhentikan 5 dari 11 stafnya.
38. Pada 2012, Hipstamatic menjalin kerja sama dengan Instagram. Kerja sama tersebut memungkinkan pengguna Hipstamatic untuk berbagi foto dengan Instagram.
39. Hipstamatic merambah usaha lain yang berkaitan dengan fotografi smartphone dan produk/jasa seperti Swankolab, Incredibooth dan Printlab.
40. Tidak seperti Instagram, pengguna Hipstamatic harus memiliki pengetahuan dasar tentang flash, lensa, film, dan filter.
41. Instagram adalah aplikasi fotografi gratis yang dilengkapi dengan 17 efek yang berbeda.
42. Pengguna Hipstamatic tidak dapat mengunggah foto dari telepon ke aplikasi tersebut.
43. Beberapa aplikasi fotografi mematok tarif unduh. Hipstamatic bertarif $ 1,99, MagicHour bertarif $ 1,99, PhotoToaster bertarif $ 2,99, 100 Cameras in 1 bertarif $ 1,99, Ttv Photo Studio bertarif $ 2,99, Fx Photo Studio bertarif $ 0,99, Picfx bertarif $ 1,99, Instacam bertarif $ 1,99, dan ClassicInsta bertarif $ 1,99.
44. MagicHour adalah aplikasi fotografi yang memiliki 40 built-in filter, tetapi memberikan pilihan filter hampir tak terbatas di Filter Market-nya.
45. PhotoToaster adalah aplikasi fotografi untuk iPad dan iPhone. Pengguna dapat membuat dan menyimpan efek sendiri.
46. Squaready disebut juga Instagram layouter, sebab pengguna dapat memotong fotonya di sini untuk dibagi ke Instagram. Aplikasi ini mendukung SendToApp dan PhotoAppLink.
47. Untuk setiap tindakan, Squaready memiliki efek suara funky yang dapat dimatikan.
48. Iklan-iklan yang terdapat di Squaready cukup mengganggu. Jika mengklik salah satunya, aplikasi ini akan bebas iklan selama beberapa jam.
49. 100 Cameras in 1 dikembangkan oleh seorang fotografer profesional, Trey Ratcliff.
50. 100 Cameras in 1 memiliki 100 filter yang bernama unik. Misalnya saja, filter "black and white" dinamai "I dream of clouds of Jupiter".
51. Ttv Photo Studio adalah aplikasi efek yang mengemulasi viewfinder lebih dari 30 kamera, seperti Brownie.
52. Fx Photo Studio memiliki 194 filter yang dapat disesuaikan kekuatan dan kontrasnya.
53. Picfx memiliki pilihan tekstur foto dengan nama-nama seperti Galatic dan Paint Peel. Aplikasi ini memiliki 47 efek dan 13 gaya.
54. Instacam memiliki 19 efek yang tidak terintegrasi baik dengan Instagram.
55. ClassicInsta mengkombinasikan Polaroid dan Instacam. Karena membutuhkan iOS 5.0, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada iPhone 3GS dan yang lebih baru.
56. Mengunggah foto adalah kegiatan yang paling populer di Facebook dan Google+.
57. Antara 2005-2010, nilai royalti Perancis yang dibayarkan untuk foto telah berkurang sebesar 80%.
58. Dalam 10 tahun terakhir, Perancis telah kehilangan 52% bisnis fotografi.
59. Sejak 2001, Perancis mengalami penurunan 16% dalam jumlah fotografer staf, dan 30% dari fotografer freelance telah berhenti.
60. 90% dari foto yang dipublikasikan di media Perancis tidak menyebutkan nama fotografernya, melainkan ditandai "DR".