37 Fakta Menarik Tentang Walmart
Wal-Mart Stores, Inc. yang dipasarkan dengan nama Walmart adalah perusahaan Amerika Serikat yang mengoperasikan jaringan department store. Perusahaan yang didirikan oleh Sam Walton ini memiliki beragam fakta yang menarik. Apa sajakah fakta tersebut? Yuk, disimak!
1. Sam Walton, pendiri Walmart, lahir di Oklahoma pada tanggal 29 Maret 1918 dari pasangan Thomas dan Nancy Walton.
2. Walmart didirikan pada tahun 1962 oleh Sam Walton dan mulai mencatatkan sahamnya pada tahun 1972 di Bursa Saham New York.
3. Kantor pusat Walmart berada di Bentonville, Arkansas.
4. Walmart menjual berbagai produk seperti sayuran, buah-buahan, daging, obat-obatan, CD musik, komputer, hingga ban mobil.
5. Berdasarkan pendapatannya, Walmart adalah perusahaan publik terbesar di dunia versi Fortune Global 500 dan majalah Fortune.
6. Total toko yang dimiliki Walmart mencapai 10.800 toko di 27 negara dengan 69 nama berbeda dan e-commerce website di 10 negara.
7. Walmart juga telah mempekerjakan lebih dari 1,3 juta orang di seluruh dunia.
8. Ide pembangunan Walmart berawal ketika Sam Walton membeli sebuah cabang dari Toko Ben Franklin dari Butler bersaudara.
9. Sam Walton berfokus dalam penjualan produk dengan harga rendah untuk mendapatkan penjualan yang lebih tinggi dengan margin laba lebih rendah. Menurutnya, ini merupakan bentuk pengorbanan bagi konsumen.
10. Pada tahun kelima pendirian Walmart, ia sudah mendapat penghasilan sebesar 250.000 US Dollar. Pada tahun ke-10—setelah memperluas perusahaannya menjadi 24 toko di seluruh Arkansas—Walmart mendapat penghasilan sebesar 12,6 juta US Dollar.
11. Walmart beroperasi di berbagai negara di luar Amerika Serikat dengan nama yang berbeda-beda. Di Argentina, Brazil, dan Britania Raya Walmart dikenal dengan nama ASDA, di Jepang disebut Seiyu, dan di Kanada serta Mexico dinamai Walmex.
12. Selain negara-negara di atas, Walmart juga beroperasi di Puerto Riko, RRC, dan beberapa negara lain. Walmart juga pernah beroperasi di Jerman pada tahun 2006 dan Indonesia (tepatnya di Supermal Karawaci) pada pertengahan tahun 1990-an, namun keduanya ditutup karena kurang menguntungkan, bahkan merugi.
13. Karena banyaknya produk-produk yang berasal dari luar negeri, rendahnya tingkat pendaftaran asuransi kesehatan karyawan, penentangan terhadap perwakilan buruh, dan adanya dugaan diskriminasi kelamin, Walmart pernah dikritik oleh beberapa kelompok masyarakat, kelompok hak kewanitaan, serta persaturan buruh.
14. Fosil seeokor unta prasejarah pernah ditemukan di lahan Walmart di Mesa, Arizona. Fosil ini disebut sebagai Unta Walmart.
15. Menurut DSR Marketing System, pada tahun 2000 Walmart menjadi perusahaan retail grosiran terbesar di Amerika Serikat, melebihi perusahaan-perusahaan retail grosiran tradisional seperti Kroger, Boise, dan Safeway.
16. Pada tahun 1975, Walmart berhasil mencapai angka penjualan sebesar 340,3 juta US Dollar. Ekspansi yang dilakukan perusahaan ini membuahkan 7.500 kemitraan dan 125 toko yang berjalan dengan sukses.
17. Pada tahun 2011, pendapatan dari Walmart mencapai 421.849.0000 US Dollar dengan keuntungan 16.389.000 US Dollar dari keuntungan bisnisnya.
18. Walmart pernah mengakuisisi beberapa jejaring perbelanjaan ritel seperti Mohr-Value di Michigan dan Illinois, Hutcheson Shoe Company, dan Kuhn’s Big K di Georgia dan South California.
19. Kini, presiden dan CEO dari Walmart adalah Mike Duke.
20. Walmart memiliki slogan “Save money. Live better” yang berkomitmen untuk memprioritaskan cara membantu orang banyak untuk menghemat uang dan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi keluarga pelanggan mereka.
21. Filosofi dari Sam Walmart adalah untuk menghormati setiap indiviu, melayani konsumen dengan baik, dan berjuang mencari kesempurnaan.
22. Sam Walton memiliki visi bagi Walmart, yatu memberi nilai pagi konsumen dengan menerapkan strategi “Everyday Low Price” dan memberikan produk dengan kualitas tinggi dengan merk terkenal, namun dengan harga yang murah. Sam Walton juga ingin Walmart tetap bertahan dalam perusahaan global yang mengarahkan perkembangannya kepada dunia.
23. Strategi yang dipakai Walmart agar dapat menjual barangnya dengan murah adalah dengan membeli barang-barangnya langsung dari pemasok yang menawarkan harga paling murah.
24. Studi yang dilakukan oleh Goldman Sachs—yang dikutip dari majalah Fortune—menunjukkan bahwa Walmart merupakan price leader di berbagai kategori produk.
25. Selain barangnya yang bervariasi dan harganya yang murah, yang menjadi nilai tambah bagi para konsumen untuk berbelanja di Walmart adalah lokasinya yang strategis dan buka lebih lama jika dibandingkan dengan toko lain, terutama saat Natal.
26. Diperkirakan, lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia berbelanja di Walmart setiap minggu. Dengan konsumen sebanyak ini, pendapatan Walmart mencapai 285 miliar US Dollar.
27. Toko-toko Walmart melayani lebih dari 176 juta konsumen di seluruh dunia setiap tahun.
28. Walmart membagi segmentasi pasarnya menjadi lima bagian, yaitu Walmart Discount Stores, Walmart Supercenter, Walmart Neighborhood, Marketside, dan Walmart.com.
29. Karena besarnya jangkauan Walmart, VOA pernah mengatakan bahwa apabila Walmart adalah sebuah negara, Walmart akan menjadi mitra dagang terbesar Cina ke-8, mengungguli Rusia, Australia, dan Kanada.
30. Majalah Forbes juga pernah mengatakan bahwa apabila Walmart adalah pertumbuhan ekonomi itu sendiri, Walmart akan menduduki peringkat ke-30 di dunia tepat setelah Arab Saudi.
31. Wal-Mart Stores, Inc. kini sedang mencari cara untuk membangun kekuatan online dan dapat menyaingi Amazon.com karena dari sektor e-commerce, Walmart tertinggal sangat jauh dari Amazon.com.
32. Walmart dikatakan memiliki bentuk ekspansi yang agresif karena strateginya yang berupa masuk ke dalam suatu negara dan kemudian mengambil alih atau membeli ritel-ritel nasional yang ada.
33. Karena Malwart disebut-sebut sebagai penyebab dari bergugurannya pedagang-pedagang dan toko lokal, belakangan ini Walmart menerapkan strategi baru berupa membantu pedagang-pedagang lokal agar mampu bersaing.
34. Strategi pertumbuhan Walmart adalah dengan menggunakan IT untuk mengelola perluasan bisnis secara regional dan global. IT akan memudahkan Walmart dalam mendapatkan informasi secara cepat.
35. Beberapa perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Walmart adalah P&G, McDonalds, Mary Kate, Ashley Olsen, dan Con Agra.
36. Salah satu kelebihan Walmart dibandingkan perusahaan pesaingnya adalah Walmart selalu cepat dan tanggap dalam mengontrol pergudangan dan persedian barang mereka sehingga Walmart tidak akan kehabisan produk atau kelebihan produk (menumpuk).
37. Ketika terjadi krisis ekonomi di Amerika, Walmart tidak mengalami kesulitan yang signifikan, hal ini disebabkan oleh strategi harga yang rendah dengan menekan biaya operasional dan selektif dalam pemilihan barang.