Header Ads

Breaking News
recent

10 Franchise Usaha Kuliner Terbaik di Dunia

Perkembangan industri kuliner belakangan ini mengalami kemajuan yang sangat cepat. Beragam inovasi terus dilakukan oleh pelaku industri kuliner. Inovasi tidak hanya sebatas dilakukan pada penambahan menu itu sendiri tapi juga di bidang lainnya. Misalnya seperti pelayanan, promosi, dan masih banyak lagi. Industri kuliner masih memiliki peminat investor yang banyak. Mengapa industri kuliner? Pertumbuhan penduduk yang pesat dan keinginan manusia yang terus berkembang terhadap kebutuhan makanan menjadi alasan utamanya. Jumlah penduduk pasti bertambah. Keinginan manusia yang senang akan hal-hal baru membuat industri kuliner tetap berjaya. 

Waralaba di bidang kuliner masih memiliki peminat yang banyak dibanding dengan bidang lainnya. Jika Anda seorang investor yang ingin menggeluti usaha ini, ada baiknya untuk mengetahui profil sekilas dari sepuluh restoran terbaik di dunia. Berikut adalah sepuluh usaha kuliner terbaik di dunia diukur dengan luasnya jangkauan restoran mereka di pasar dunia.


1. McDonald’s


McDonald’s bisa dikatakan sebagai pelopor makanan cepat saji di dunia, tidak hanya di Amerika. Variasi menu yang ditawarkan cukup beragam. Jumlah restoran McDonald’s sendiri sudah mencapai 18.710. Tahun lalu mereka melakukan penambahan sejumlah 212 restoran. McDonald’s masih menjadi restoran cepat saji terbaik di Amerika.


2. KFC


Pada mulanya, KFC hanya dikhususkan untuk menu ayam. Namun seiring dengan semakin berkembangnya restoran ini, menu yang ditawarkan cukup beragam dan tidak hanya ayam saja. Jumlah restoran KFC memang belum sebanyak McDonald’s. Meskipun baru memiliki 11798 restoran namun jangkauan pasar KFC tidak bisa diremehkan. salah satu divisinya, yakni The yum bahkan sudah mencapai 4200 restoran di China. Namun tahun lalu penjulannya menurun karena skandal flu burung.


3. Subway


Subway sudah beroperasi kurang lebih di 100 negara. Tahun lalu mereka baru saja memperluas pangsa pasarnya hingga ke Suriname dan Russia. Jumlah restorannya mencapai 10109.


4. Pizza Hut


PizzaHut – satu brand dengan yum (brand KFC) masih menjadi rujukan utama bagi orang-orang yang ingin makan pizza dengan kualitas rasa yang terjamin. PizzaHut mampu membentuk opini masyarakat bahwa “pizza ya PizzaHut”. Restoran yang sudah dibuka mencapai 5890. Tahun 2012 baru saja menambahkan 367 restoran. Waralaba Pizza Hut dijual secara independen tahun lalu.


5. Starbucks


Ingin mencicipi Cafe Latte? Atau rindu dengan harumnya aroma espresso? Mampir saja ke Starbucks. Starbucks merupakan kedai kopi terbesar di dunia yang menjual berbagai macam racikan kopi. Jumlah kedai kopinya sudah mencapai 5727 dan tersebar di 50 negara. Tahun lalu mereka baru saja membuka 220 kedai kopi di banyak negara.


6. Burger King


Jika Anda terlalu sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk makan, cara paling cepat adalah membeli burger. Makanan cepat saji yang tergolong sehat karena ditambah sayuran. Lalu restoran mana yang menjual burger yang lezat? Tentu saja Burger King jawabannya. Saat ini Burger King sudah tersedia di 73 negara dengan jumlah restoran 4998. 170 restoran baru saja ditambahkan tahun lalu.


7. Domino’s Pizza


Seperti halnya PizzaHut,  menu utama restoran ini adalah pizza. Jumlah restorannya di seluruh dunia sudah mencapai 4422. Hanya selisih 1000 restoran dengan PizzaHut. Cabangnya tersebar di 60 negara hingga ke Nigeria. Mereka memperluas jangkauannya dengan membuka 350 restoran baru tahun lalu.


8. Dunkin Donat’s


Berbeda dengan makanan cepat saji sebelumnya, menu utama Dunkin Donat adalah donat. Dunkin Donat mampu mengolah donat menjadi makanan yang bernilai dengan kombinasi rasa yang bermacam-macam. Topping yang tersedia cukup banyak, tidak hanya sebatas keju dan coklat. Di Indonesia sendiri Dunkin Donat mampu bersaing dengan makanan cepat saji lainnya. Hal ini dibuktikan dengan jumlahnya yang semakin banyak mengingat bahwa roti bukan makanan pokok. Mereka baru saja membuka 900 restoran tahun lalu. Jumlahnya saat ini mencapai 3005 dan tersebar di 30 negara.


9. Dairy Queen


Dairy Queen sudah tersedia di 18 negara. jumlah restorannya mencapai 802. Di China sendiri baru diresmikan restoran ke-500. Sedangkan di Meksiko restoran ke-100. Setiap tahunnya mereka membuka 150 restoran baru. Dairy Queen bahkan memiliki brand sendiri untuk jus dan smoothie yakni Orange Julius. Meskipun belum sebesar McDonald’s dan KFC, namun dengan inovasi-inovasi yang terus dilakukan, tidak menutup kemungkinan bagi Dairy Queen untuk semakin memperluas jangkauannya.


10. Papa John


Meskipun sudah ada PizzaHut dan Domino’s Pizza, Papa John tidak habis akal untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda. Konsep yang ditawarkan adalah “pizza yang lebih baik sepanjang masa”. Restoran yang sudah dibuka baru mencapai 755. Tahun lalu Papa John membuka 86 restoran baru.  

Sepuluh profil singkat mengenai restoran terbaik di dunia sudah dikupas. Semuanya sudah terbukti bahwa jangkauan mereka tidak hanya cukup luas tapi juga sangat luas. Hampir kesemuanya hadir di setiap negara dengan konsep yang berbeda. Bahkan di setiap negara tidak hanya satu namun mencapai ratusan. Seperti Dairy Queen yang sudah membuka restorannya yang ke-500 di China dan ke-100 di Meksiko.
Lebih bermanfaat lagi jika masing-masing dari restoran tersebut dicari kelebihan dan kelemahannya lalu dikombinasikan. Karena meskipun sudah diakui di tingkat dunia, tetap perlu dilakukan evaluasi dan pengamatan agar dapat meberikan hasil yang terbaik. Tentunya hal ini termasuk perhitungan untung dan rugi. Perkembangan industri kuliner ke depan masih memiliki harapan yang cerah.
Diberdayakan oleh Blogger.