Header Ads

Breaking News
recent

17 Alasan Mengapa Tidak Membuat Kesalahan Bisa Menjadi Kesalahan Terbesar

Kesalahan adalah guru terbaik. Anda tidak akan mempelajari hal-hal baru tanpa melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan juga merupakan sumber kebijaksanaan yang akan Anda dapatkan saat lahir dan terus didapatkan sepanjang hidup. Adakah cara lain untuk menemukan sebuah pengalaman baru tanpa Anda mencobanya? Apakah Anda berani mencoba sesuatu yang baru tanpa berani melakukan kesalahan?


Namun, seringkali orang-orang disekitar kita, atau bahkan kita sendiri, takut akan sebuah kesalahan. Kesalahan itu ibarat sebuah aib yang membuat Anda merasa seperti pecundang. Karena itu, orang cenderung untuk takut melakukan hal-hal baru. Mereka takut kecewa, malu, dan sebagainya. 
Berikut adalah 17 alasan mengapa tidak membuat kesalahan bisa menjadi kesalahan besar:


1. Anda Tidak Dapat Mencapai Puncak Tanpa Kesalahan

Setiap kesalahan yang kita buat, akan semakin mendekatkan kita pada keberhasilan. Kita belajar banyak dari kesalahan. Dengan melakukan kesalahan, kita menjadi tahu hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan. 


2. Anda Membuang Waktu

Sukses tidak bisa diwujudkan dalam satu malam. Akan ada banyak waktu yang harus kita lewati untuk berhasil. Akan ada banyak kesalahan yang akan kita jumpai. Nah, jika Anda tidak berani melakukan hal-hal baru karena takut membuat kesalahan, maka lebih baik tidak usah bermimpi untuk berhasil.


3. Anda Melewatkan Kesempatan untuk Menambah Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Dengan pengalaman, seseorang akan memiliki sebuah pemahaman yang tidak dirasakan oleh orang yang belum belum memiliki pengalaman. Seorang peneliti dan pembuat obat, tidak mungkin langsung berhasil menemukan racikan yang pas untuk sebuah obat. Ia akan melewati ratusan bahkan ribuan kali kesalahan. Nah, dari kesalahan-kesalahan itulah ia akan semakin menuju ke arah obat yang paling pas.


4. Anda Mendengarkan Suara-Suara Negatif Di Kepala Anda

Banyak orang yang melakukan kesalahan biasanya lebih cuek dalam menanggapi pikiran-pikiran negative seperti “Aku takut mencoba, aku takut gagal, aku tidak bisa melakukannya,”. Tiga contoh perkataan tadi bisa menjadi sebuah belenggu yang akan menghalangi Anda untuk maju. 


5. Hidup Anda Stagnan dan Kurang Berprestasi

Tidak ada hal baik dan prestasi yang baru kalau anda tidak berani melakukan hal-hal yang baru. Lakukanlah hal-hal baru dan abaikan rasa takut melakukan kesalahan.  



6. Anda Kehilangan Kesempatan Untuk Menjadi Hebat

Anda tidak akan tahu seberapa hebat diri Anda kalau tidak pernah melakukan sebuah kesalahan. Seorang koki masak tidak akan tahu seberapa hebat dia memasak kalau tidak mencoba berbagai resep.


7. Anda Kehilangan Kesempatan Untuk Menjadi Bijaksana

Orang yang berpengalaman, seringkali lebih bijaksana daripada mereka yang kurang berpengalaman. Pengalaman datang dari sebuah kesalahan. Maka, Anda tidak akan pernah tahu seberapa pintar Anda, sampai diri Anda melakukan kesalahan, kemudian bangkit kembali, dan tumbuh dari kesalahan itu.


8. Anda Mendengarkan Komentar Negatif Dari Orang Lain Dan Membiarkan Mereka Memerintah Anda

Kadang-kadang, orang yang ada disekeliling Anda akan menjadi pencuri impian Anda. Dalam mengejar sebuah impian, Anda akan menjumpai banyak orang yang memberi komentar negatif ataupun meragukan Anda. Abaikan saja hal itu dan tetaplah maju. Jangan sampai apa yang mereka sampaikan membuat anda beralih pikiran dan sebagainya. Jika Anda yakin dengan apa yang dilakukan, teruslah maju. Kalaupun nanti salah, Anda akan belajar banyak dari situ.


9. Anda Mengharapkan Kesempurnaan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Yang ada adalah, melakukan sesuatu dengan cara semaksimal mungkin hingga mendekati kata sempurna. Jika Anda mengharapkan sesuatu yang sempurna, maka Anda tidak akan mendapatkan apapun.


10. Anda Gampang Menyerah, Bukan Pemenang


Dalam dunia apapun, seorang pemenang selalu menjumpai yang namanya kegagalan. Namun, ia tidak berhenti disitu. Ia memanfaatkan kegagalannya untuk belajar dan memperbaiki cara kerjanya. Seorang Cristino Ronaldo tidak mungkin bisa menendang bola dengan akurat dan keras kalau dia berhenti mencoba secara terus menerus sampai bisa.


11. Anda Membiarkan Emosi Negatif Anda Mengontrol Takdir Anda

Jika Anda membiarkan emosi negatif hidup di kepala Anda, maka Anda tidak pernah bisa bahagia. Jangan biarkan emosi negatif menguasai pikiran Anda.


12. Kau Pikir Apa Yang Terjadi Di Masa Lalu Akan Terjadi Di Masa Depan

Itu salah besar! Anda tidak akan mencapai sebuah kesuksesan kalau tidak melakukan kesalahan. Kehidupan selalu berubah. Tidak ada hal yang sama persis terjadi dari waktu ke waktu, kecuali jika Anda menginginkannya. Tapi Anda tidak berkembang kalau sama saja dengan masa lalu.


13. Anda Menjadi Panutan Negatif Untuk Orang Lain

Bangkit setelah melakukan kesalahan menandakan Anda memiliki jiwa pemenang. Orang-orang akan melihat Anda. Entah itu anak kecil, teman, atau rekan kerja. Mereka akan menilai karakter Anda disaat Anda jatuh. Jadilah role model yang baik untuk team Anda.


14. Anda Tidak Akan Pernah Belajar Apa Pun Jika Anda Tidak Belajar Dari Kesalahan Anda

Tidak ada cara terbaik bagi seorang pemenang kalau ia tidak belajar dari pengalamanya sendiri. Jadi, semakin sering Anda mencoba hal-hal baru dan cara-cara baru, semakin banyak Anda belajar. Maka, para juara dunia dalam bidang apapun, pasti memiliki guru, yaitu kesalahannya sendiri.


15. Anda Menghilangkan Diri Dari Manfaat Pengulangan

Praktek akan membentuk keterampilan. Satu-satunya cara paling ampuh untuk ahli dalam bidang tertentu adalah mempraktikkan perilaku yang sama, keterampilan, atau tindakan yang sama berulang kali sampai ahli. Menurut Malcolm Gladwell, orang akan menjadi ahli kalau ia sudah melewati latihan 10.000 jam.


16. Anda Tidak Bisa Menjadi Berani

Sebuah kesalahan akan selalu dimaafkan jika Anda mengakui kesalahan itu.
Hidup tanpa kesalahan akan terasa membosankan. Tidak ada yang lebih menggembirakan daripada melihat kembali pada pengalaman masa lalu, saat-saat dimana Anda sering melakukan kesalahan. Ada semacam rasa puas ketika Anda berhasil dan kemudian menceritakan betapa banyak kesalahan yang Anda lakukan, dan Anda bisa berhasil dari kesalahan itu.


17. No Pain, No Gain

Olahraga itu melelahkan, tapi itulah cara untuk menyehatkan badan. Tidak ada yang gratis di dunia ini. Mungkin jika Anda berolahraga gym, Anda akan merasa sakit. Namun, perasaan Anda akan puas setelah melewati masa-masa sakit itu. Itu karena Anda akan merasa bahwa sakit yang dialami tadi akan bermanfaat untuk kebugaran badan Anda. 
Diberdayakan oleh Blogger.