Header Ads

Breaking News
recent

Tips Untuk Memulai Investasi

Banyak sekali orang-orang yang bertanya tentang bagaimana cara untuk memulai sebuah investasi. Banyak dari mereka yang bertanya pada seseorang yang sudah berhasil dan ada pula yang membaca buku-buku karangan para pebisnis yang sudah sukses. Akan tetapi hal yang paling populer yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang ingin memulai sebuah investasi pada saat ini adalah dengan mencari informasi melalui internet. Banyak sekali informasi yang ditampilkan akan tetapi tidak semuanya akurat dan berdasarkan pengalaman dari mereka yang sudah berhasil. Banyak sekali situs-situs yang menampilkan dan menyajikan hal ini.




Meningkatnya geliat perekonomian Indonesia pada saat ini, membuat banyak orang berbondong-bondong melirik dunia bisnis. Persaingan pasar pada saat ini semakin ketat yang juga terjadi pada bisnis investasi. Banyak sekali saat ini perusahaan yang bersaing dalam menawarkan investasi dengan jumlah yang sedikit akan tetapi dengan keuntungan yang maksimal.

Dalam dunia investasi asalkan ada uang untuk modal yang besar pasti akan mudah dilakukan. Akan tetapi hal yang paling sulit dalam berinvestasi adalah dalam memilih rekan ataupun tempat dimana nanti kita akan berinvestasi. Hal ini membutuhkan pengamatan dan pemikiran yang harus benar-benar detail. Semua perhitungan harus dilakukan dengan baik dan teliti. Karena pada saat ini banyak sekali perusahaan yang tiba-tiba muncul dengan latar belakang yang kurang jelas dan mereka menawarkan diri sebagai tempat untuk berinvestasi, tentunya Anda harus menyikapi hal ini dengan sangat baik jika Anda tidak ingin terjerumus dalam hal yang tidak Anda inginkan.

Kali ini Bisnishack akan menyajikan sebuah artikel kepada Anda sebagai pembaca tentang tips untuk memulai investasi.


1. Memahami Tentang Bisnis Investasi

Rata-rata orang gagal dalam investasi karena mereka tidak begitu mengerti akan investasi. Kebanyakan dari mereka hanya mengikuti tren dan tidak berfikir secara matang. Hal ini adalah hal yang paling mendasar akan tetapi tidak banyak yang melakukannya. Pahami konsep dari bisnis investasi secara baik, benar, dan matang. Setelah itu baru Anda melakukan investasi sesuai keinginan dan kemampuan Anda.


2. Lihatlah Profil Setiap Perusahaan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam berinvestasi, Anda sebaiknya harus mencari tahu tentang profil perusahaan yang hendak Anda pilih sebagai tempat berinvestasi. Apakah perusahaan itu menghasilkan keuntungan yang baik, bergerak dalam bidang yang sesuai dengan pilihan Anda, serta poin penting apakah perusahan tersebut benar-benar legal, sah, dan berbadan hukum yang jelas. Semua ini harus Anda lakukan demi melindungi apa yang akan Anda perjuangkan.

Jangan berinvestasi kepada perusahaan yang latar belakang dan keberadaannya tidak jelas. Banyak kasus terjadi, para investor yang kurang jeli akan tertipu dan uang mereka akan dibawa kabur oleh pimpinan perusahaan tempat dimana Anda berinvestasi.


3. Melihat Berapa Banyak Investor Yang berinvestasi

Hal ini sama saja dengan ketika Anda ingin membeli buah Apel. Jika banyak sekali orang yang membelinya tentunya buah apel tersebut bagus kualitasnya baik rasa dan teksturnya. Hal ini sama saja pada saat Anda akan berinvestasi pada sebuah perusahaan. Jika jumlah investornya sangat banyak dan terus meningkat berarti perkembangan modal dari para investor dan hasil yang dicapai oleh perusahaan tersebut sangat baik.

Akan tetapi tidak semuanya akan berjalan seperti itu, Bahkan perusahaan kecil pun bisa berkembang dengan pesat walaupun dengan investor yang sedikit. Karena kita kembali pada prinsip ekonomi, semakin besar permintaan barang dengan jumlah penjual yang sedikit atau tingkat persaingan yang mudah, maka sudah pasti perusahaan-perusahaan sebagai penjual atau produsen barang tersebut akan bisa memonopoli harga. 

Dengan kata lain perusahaan tersebut dengan cepat akan menuai keuntungan yang besar dan perusahaan akan menjadi besar dengan waktu yang tidak begitu lama.


4. Pastikan Pembagian Keuntungan Benar- Benar Jelas

Sebelum Anda melakukan investasi sebaiknya Anda melihat bagaimana perusahaan tersebut dalam menawarkan kerjasama kepada Anda. Dari cara mereka menawarkan Anda dapat menyimpulkan bahwa perusahaan ini benar-banar sesuai atau tidak. Yang perlu Anda ingat adalah tidak ada investasi yang menghasilkan keuntungan yang besar dengan modal yang sangat minim.

Jika modal seimbang dengan penawaran yang diajukan maka itu sudah termasuk dalam kriteria perusahaan yang bagus. Dan Anda bisa menginvestasikan uang Anda di perusahaan tersebut. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan pembagian keuntungan dan kerugian, karena pembagian keuntungan akan mempengaruhi besarnya pendapatan Anda.

Jika ada perusahaan yang melakukan pembagian hasil yang kurang sesuai dengan keuntungan yang diterima perusahaan, sebaiknya Anda segera menghindari untuk tidak berinvestasi di perusahaan tersebut.


5. Memperhatikan Kompetitor dari Setiap Perusahaan

Anda harus benar-benar memikirkan hal ini. Jika perusahaan yang Anda inginkan mempunyai kompetitor yang banyak dan lebih berkelas, ada baiknya Anda mengurungkan niat Anda untuk berinvestasi di perusahaan tersebut, karena dipastikan hal ini akan berpengaruh pada keuntungan yang didapatkan. Semakin banyak pesaing maka akan semakin kecil kemungkinan perusahaan yang Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang ditargetkan. Apalagi pesaing Anda adalah perusahaan yang lebih berpengalaman dan bermain dalam sekala yang lebih besar, tentunya mereka juga akan mengeluarkan uang yang sangat besar untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Perusahaan dengan pesaing yang banyak dan berlevel lebih tinggi biasanya akan bernasib kurang baik. Jika perusahaan tersebut tidak benar-benar bisa bertahan, kuat, kreatif, dan inovatif maka dipastikan perusahaan tersebut akan bangkrut lebih cepat.


6. Siapkan Mental dan Modal

Hal terakhir yang dapat saya sampaikan kepada Anda sebagai calon investor adalah siapkan mental dan modal. Sudah saya sampaikan di awal tadi bahwa, dunia bisnis saat ini persaingannya sangtlah ketat. Maka Anda harus bermental baja dan pantang menyerah. Apapun rintangannya dan apapun masalahnya Anda harus tetap semngat dan berfikiran positif bahwa Anda dapat melakukannya. 

Dengan mental yang kuat kita dapat menerima semua apa yang terjadi. Tentunya Anda sudah mengetahuinya sebelum Anda memulai bisnis investasi, bahwa dalam bisnis yang kita temukan hanya dua yaitu untung dan rugi. Keuntungan adalah hal yang paling Anda inginkan dan semua orang yang melakukan bisnis investasi mengharapkan hal itu. Akan tetapi siapkah Anda menerima kenyataan bahwa Anda rugi? Bahwa perusahaan tempat Anda berinvestasi bangkrut? Untuk menerima kenyataan ini membutuhkan kebesaran hati dan mental yang sangat besar.

Yang terakhir adalah modal, yang pastinya dalam hal ini adalah uang. Jika Anda yakin dan sudah mempunyai modal yang cukup. Silahkan Anda berinvestasi kedalam perusahaan yang Anda pilih, yang tentunya sudah Anda pertimbangkan seluruhnya sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas.
Keyakinan yang kuat dalam diri kita akan membawa kita ke dalam kesuksesan. Tinggal bagaimana kita menyikapi semua yang terjadi, bagaimana kita membuat perencanaan dan menyelesaikannya.
Diberdayakan oleh Blogger.