Header Ads

Breaking News
recent

7 Kiat dari Merry Riana tentang Bagaimana Berhasil di Usia Muda

Jika kita berbicara tentang Tenaga Kerja Wanita kita di luar negeri, barangkali yang sering terdengar adalah kabar yang kurang menyenangkan. 

Namun, ternyata tidak semua Tenaka kerja wanita kita bernasib kurang baik di negara lain. Ada salah satu warna negara Indonesia yang justru berhasil menjadi pengusaha di luar negeri, tepatnya di Singapura. Ia bahkan dinobatkan sebagai milioner di usia muda oleh majalah di Singapura. 

Siapakah dia? Ialah Merry Riana.



Barangkali tidak akan ada yang mengira bahwa seorang mahasiswa yang dulunya sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sekarang menjelma menjadi seorang motivator tingkat dunia, motivator wanita no.1 di Asia. Itulah Merry Riana. Di usianya yang masih muda, Merry Riana telah merasakan sukses baik dari segi finansial maupun sosial.

Semua kisahnya berawal dari saat ia berulang tahun di usia 20 tahun. Merry memiliki mimpi untuk menjadi orang sukses sebelum usia 30 tahun. Baik sukses secara karier maupun secara financial. Padahal, di usia 20 tahun itu, ia sedang dilanda kesulitan keuangan yang sangat parah. Namun, ia percaya bahwa siapapun berhak bermimpi. 

Ia melakukan banyak hal untuk mewujudkan mimpi besarnya ini. Mimpi Merry Dalam kurun waktu satu tahun setelah dia bekerja, tepatnya di usia 23 tahun, Merry mendapatkan penghasilan 220.000 dollar Singapura sebagai seorang sales. Jika di rupiahkan, jumlahnya sekitar Rp 1,5 miliar. 

Kemudian, saat ia berusiah 24 tahun, tahun 2004, Merry Riana mendirikan perusahaan dengan nama Merry Riana Organization (MRO) di Singapura. Dua tahun berikutnya pada tahun 2006, saat usianya menginjak 26 tahun, merry Riana berhasil mendapatkan total penghasilan sebesar 1 juta dollar Singapura, atau sekitar Rp 7 miliar.

Akan tetapi, dalam proses mewujudkan mimpinya, Merry Riana sempat ditentang oleh orangtuanya. Alasannya karena menjadi seorang professional atau karyawan itu lebih aman daripada menjadi seorang wiraswasta atau pengusaha. Apalagi saat itu Merry baru saja lulus kuliah, masih sangat muda, dan belum memiliki banyak pengalaman. 

Namun, Merry Riana tetap keukeuh dengan apa yang menjadi impiannya. 

Akhirnya, terjadilah kesepakatan. Orangtua Merry Riana memberikan waktu selama 3 bulan kepadanya untuk membuktikan kalau apa yang ia kerjakan itu menghasilkan.  Sebagai konsekuensinya, kalau dalam tiga bulan tidak berhasil, Merry Riana akan mengikuti apapun keinginan orangtua. Tapi kalau berhasil, dia dipersilahkan untuk melanjutkan apa yang ia impikan. 

Saat awal-awal memulai bisnis di Singapura bersama kekasihnya, Merry Riana tidak malu untuk terjun langsung ke lapangan, menawarkan produknya kepada setiap orang yang lewat, dan membagi-bagikan brosur. Ditolak dan dicemooh oleh orang-orang sudah menjadi makanan sehari-harinya.

Tim bisnishack.com sedang berfoto dengan Merry Riana

Merry Riana memiliki prinsip bahwa bekerja bukan untuk gengsi dan gaya. Ia bekerja untuk berjuang demi mewujudkan mimpinya. 

Sekarang, di usianya yang menginjak umur 34 tahun, ia memiliki mimpi untuk menginspirasi lebih banyak orang supaya bisa berhasil meraih mimpi mereka.

Nah, apa kiat-kiats sukses Merry Riana sehingga bisa berhasil mencapai apa yang ia impikan? Berikut ini bisnishack sajikan untuk Anda :


1. Dare To Big Dream

Berani bermimpi besar adalah syarat utama untuk menjadi sukses. Bermimpi itu ibarat tujuan dari apa yang kita lakukan. Jika kita tidak tahu kita mau kemana, maka kita tidak akan sampai ke tempat yang ingin kita tuju. Itulah impian. 

Tidak ada sekolah yang mengajarkan tentang keberanian, kitalah yang harus melakukannya. Keberanian itu bukan untuk dipelajari, tapi di lakukan. Keberanian harus datang dari dalam. Mimpi itu gratis, maka beranilah bermimpi besar.


2. Pay Now, Play Later

Tidak ada makaan siang gratis. Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan bahwa untuk meraih sesuatu yang luar biasa, kita juga harus melakukan sesuatu yang luar biasa juga. Lakukan apa yang tidak dilakukan oleh orang lain, maka Anda akan mendapatkan apa yang tidak didapatkan oleh orang lain.

Ada harga yang harus dibayar jika kita ingin menggapai impian kita. Pay Now, Play Later. Dan kita tidak harus membayar dengan uang saja. Kerja keras, kerja cerdas juga kita perlukan untuk hal ini. Itulah pay no, play later.  Selama yang Anda lakukan masih dalam track yang benar dan jelas, maka mengapa harus menunda-nunda? Bukankah kita tidak punya banyak waktu lagi untuk mewujudkan impian kita? 

Masa-masa muda adalah masa emas kita untuk mewujudkan apa yang kita impikan. Disaat muda, kita masih kuat dan sehat dan kalau kita gagal, kita tidak terlalu memperdulikannya karena kita juga masih belajat. 


3. Change Perspective

Salah satu cara untuk maju adalah merubah cara pandang kita terhadap diri sendiri, maupun terhadap apa yang ada diluar diri kita. Apapun yang kita pandang, lihatlah dari perspective yang berbeda. Lebarkan cara pandang kita, jangan hanya satu cara pandang saja. 

Sebagai contoh, kata “IMPOSSIBLE”. Jika kita hanya memandang dari satu pandangan, maka kata “IMPOSSIBLE” diartikan “Tidak Mungkin”, tapi jika kita lihat dari perspective berbeda, bisa menjadi “I.M.POSSIBLE” yang artinya “Aku Mungkin / Aku Bisa”. 

Nah, itu tadi adalah salah satu cara pandang yang akan bisa membantu kita dalam memfilter segala sesuatu supaya lebih positif. 

Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya kita terlalu sering berkata 'tapi saya hanya anak lemah', 'tapi saya ber-IQ dibawah 46', 'tapi saya hanya...', dll. Kita harus bisa bilang 'Justru itu, saya harus banyak belajar lagi,” dan lain sebagainya.

Intinya, cara pandang kita harus diubah dari yang negative menjadi positif. Kalo biasanya kita memandang ke bagian A, coba cari pandangan yang lain.


4. Be Your Best Self

Selama yang terbaik masih mungkin kita raih, kenapa harus bertahan dengan yang baik?  Jangan menjadi diri anda saja, tapi jadilah yang terbaik bagi diri Anda. Don’t Be Your Self, but Be Your Best Self. Teruslah untuk belajar dan tumbuh setiap harinya. Segala keputusan yang kita ambil adalah tanggungjawab kita, maka ambillah keputusan yang bisa membuat kita lebih banyak belajar dan lebih memajukan kita dan orang lain juga. 


5. Be Possible

Saya harus bisa, saya pasti bisa. Itulah kalimat singkat yang akan sangat membantu kita dalam usaha untuk selalu berpikir positif. Terkadang dalam perjalanan meraih mimpi kita, banyak hal-hal yang terjadi di luar kendali kita. Apapun itu, tetaplah gunakan akal sehat kita. Jika segala sesuatunya masih mungkin, meskipun sulit, tetaplah berpikir bahwa hal itu masih sangat mungkin. Sehingga segala bentuk doktrinasi positif pada diri kita akan terbangun. Kita lebih baik gagal dalam perjuangan meraih cita-cita daripada gagal tanpa pernah tahu rasanya berjuang mweujudkan mimpi.


6. Faith

Salah satu komponen yang sangat penting dalam meraih mimpi adalah beriman kepada Tuhan kita. Karena tanpa iman, kesuksesan kita tidak akan bertahan lama. Tanpa iman, kita akan mudah sombong dan besar kepala, lupa kalau Tuhan juga turut andil dalam mewujudkan apa yang menjadi impian kita. Kalau sudah sombong, ketika kesuksesan itu pergi lagi, dan kita jatuh lagi, maka kita akan susah untuk bangkit lagi karena kita tidak beriman. Dengan beriman kepada Tuhan, kita akan senantiasa terjaga dari bahaya dan Tuhan akan selalu melindungi kita dari apapun.


7. Be Grateful

Setelah melakukan enam hal tadi, kiat terakhir yang bisa kita lakukan adalah bersyukur dengan apapun yang telah kita raih dan kita miliki. Dengan bersyukur berarti kita menghargai kehidupan kita. Dengan bersyukur, hati kita akan lebih bisa menerima dan menjadi banyak energy. Kita akan lebih disayang oleh Tuhan. 

Maka, syukurilah apa yang kita hadapi saat ini, apa yang kita miliki, dan apa yang kita jalani saat ini. Dengan bersyukur, kita akan lebih mudah untuk bahagia. 
Diberdayakan oleh Blogger.