Header Ads

Breaking News
recent

6 Kata Yang Membatasi Potensi Diri Anda

Anda pastinya sudah pernah mendengar bahwa ada sebuah kata mutiara yaitu “Kekuatan sebuah mimpi”. Dimana mimpi yang kuat disertai usaha yang maksimal akan membawa kita lebih dekat bahkan berhasil mewujudkan mimpi Anda. Kali ini kami akan berbagi tentang “Kekuatan sebuah Kata”. Mungkin hal ini bukan menjadi rahasia lagi, bahwa setiap kata-kata mempunyai kekuatan yang sangat besar. Kata-kata memang tidak terlihat akan tetapi akibat yang ditimbulkan sangat kuat.



Ada beberapa contoh yang mungkin juga pernah Anda katakan seperti, “Produk Anda tidak bagus!” atau “Saya yakin, Anda orang yang tepat!”. Jika Anda mengatakan hal seperti itu pasti orang yang mendengarkan akan terpengaruh dengan apa yang Anda katakan. Untuk kalimat pertama, perkataan itu akan berdampak tidak baik. Dari segi penjual mereka akan merasa tidak percaya diri untuk memasarkan barang tersebut. Dari segi pembeli mereka akan bertanya-tanya dan berusaha untuk mempercayai perkataan Anda, dan akhirnya berusaha untuk menghindari barang tersebut. Akhirnya pedagang akan menjadi rugi. 

Dua kalimat yang kami contohkan juga mengandung makna yang berbeda. Kalimat pertama biasanya akan diucapakan oleh seseorang yang tidak mempunyai pandangan yang luas. Dia akan berbicara sembarangan. Sedangkan kalimat kedua, jika kita cermati kalimat ini biasa digunakan oleh orang-orang yang professional, orang yang tidak akan menjatuhkan mental orang lain. Akan tetapi mereka merupakan orang yang layak. Jadi termasuk golongan yang manakah Anda?

Banyak sekali orang yang menggunakan kata-kata kurang pas dan terkesan putus asa ketika mereka berbicara tentang kemampuan mereka, mimpi mereka, dan diri mereka sendiri. Sebaiknya ketika Anda berbicara Anda harus menggunakan kata-kata yang dapat membuat diri Anda sendiri terpacu untuk bersemangat, bukan justru membuat Anda menjadi putus semangat. Karena dampak kata-kata yang Anda lontarkan sangatlah kuat. Kata-kata tersebut dapat tertanam dalam fikiran Anda dan menjadi doktrin serta selalu Anda percayai. Ini akan mengakibatkan kemunduran bagi Anda serta akan mempengaruhi keputusan yang Anda buat dan tindakan yang Anda ambil.

Dalam bisnis ada beberapa hal yang dapat terjadi di luar kendali Anda. Seperti Anda harus menunggu pelanggan dengan sangat lama melebihi waktu yang direncanakan, dan akhirnya Anda harus mengorbankan pekerjaan lain Anda. Jika Anda menemui hal ini biasanya Anda akan mengatakan hal-hal yang dirasa kurang cocok untuk dikatakan. Sebaiknya Anda menggunakan kta-kata yang baik, jika Anda menggunakan kata-kata berkonotasi negatif atau banyak membatasi diri Anda, maka kata-kata itu akan merubah sikap Anda dan dapat merugikan Anda.

Anda harus berhati-hati untuk tidak menggunakan kata-kata di bawah ini :


1. Mustahil, Hal Ini Tidak Mungkin

Kata mustahil ini memang harus selalu Anda hindari. Karena jika Anda sudah menanamkan kata ini dalam fikiran Anda, maka Anda akan selalu berjalan di tempat. Zaman dahulu mungkin orang berfikiran kalau manusia bisa terbang itu adalah hal yang sangat mustahil. Sampai akhirnya kata mustahil itu tidak mereka gunakan lagi dengan diciptakannya pesawat terbang.

Sungguh, jika Anda meyakinkan diri Anda akan sesuatu, sisanya adalah tentang bagaimana cara menemukan cara dan kemudian mengambil tindakan. Jika Anda menemui kegagalan berkali-kali itu bukan berarti hal yang Anda lakukan itu tidak mungkin tercapai, akan tetapi Anda hanya kurang memaksimalkan potensi yang ada pada diri Anda.

Jika Anda ingin sekali keluar dari keadaan seperti ini, berhentilah sejenak dan melakukan evaluasi diri. Setelah evaluasi siapakan mental dan lakukan apa yang ingin kamu lakukan segera. Buang fikiran yang kiranya membuat Anda takut, jangan gunakan kata-kata yang akan membatasi ruang gerak dan ruang fikir Anda. Berusahalah menjadi yang terbaik.


2. Haruskah?

Beberapa orang yang Anda kenal selalu memberikan masukan kepada Anda tentang apa yang seharusnya kita lakukan dan tidak harus kita lakukan. Anda mempercayai itu bahkan, melakukan apa yang kebanyakan orang sarankan kepada Anda.

Dalam kenyataannya, Anda tidak perlu melakukan hal apapun, akan tetapi yang paling penting adalah apa hal yang tepat untuk dilakukan dan hal apa yang tidak tepat untuk dilakukan. Jika Anda selalu bertanya-tanya tentang apa yang harus dan tidak harus dilakukan. Anda hanya akan membuang-buang waktu Anda untuk mempertimbangkan hal tersebut. Sebaiknya Anda harus membuat pilihan yang realistis sesuai dengan kemampuan Anda dan benar-benar Anda butuhkan. Jika Anda sudah membuat pilihan yang tepat maka Anda tinggal melakukannya.


3. Tidak Bisa, Tidak Mau

Sebagai seorang pebisnis kata ini benar harus Anda hilangkan dari fikiran Anda. Jika tidak maka Anda tidak akan pernah mendapat kemajuan seperti yang Anda inginkan. Bagaimana mungkin Anda akan melakukan suatu hal jika di awal Anda sudah mengatakan tidak bisa. Seterusnya Anda akan tidak bisa melakukan hal itu. Anda tidak bisa menulis, dan Anda juga tidak mau belajar menulis. Ya selamanya Anda tidak akan bisa menulis. Sama halnya dengan apapun yang ada di dunia ini.

Hilangkan kata-kata itu pada diri Anda jika Anda ingin menjadi pengusaha yang suskses. Karena pengusaha yang sukses perlu menanamkan kata-kata itu bahwa “Aku Bisa dan Aku Mau!”


4. Jika Saja...

Janganlah Anda suka berandai-andai yang berkonotasi negatif. Contohnya adalah “Andaikan dulu saya menjadi anaknya” atau “Andaikan saja saya itu dulu bersekolah”. Kata-kata ini akan mendoktrin Anda sehingga Anda hanya akan terjebak dalam masa lalu dan saati ini saja. Anda tidak akan berani menatap kedepan. Yang Anda ingat hanya masa lalu dan penyesalan saja. Lupakanlah masa lalu Anda yang akan membuat Anda tidak pernah maju. Tetap semangat dan tataplah kedepan, itu akan membantu Anda untuk menguasai dunia.


5. Takut, Aku Tidak Berani

Anda harus bisa menghilangkan rasa takut ini. Karen jika dalam dunia bisnis Anda sudah takut mengambil keputusan, mengambil tindakan, takut bersaing, maka seterusnya Anda akan takut terhadap tantangan dan persaingan. Tentunya Anda tahu bahwa dalam dunia bisnis diperlukan keberanian dan mentalitas yang kuat. Jika Anda tidak mempunyai itu maka Anda akan tamat lebih cepat.


6. Aku Malas


Kata ini adalah kata yang sangat berbahaya. Jika Anda sudah mengatakannya dan benar-benar melakukannya, maka Anda adalah orang yang tidak beruntung. Malas adalah masalah terbesar seseorang dalam mewujudkan mimpi. Manusia sepintar apapun jika malas pasti akan kalah, akan tetapi jika seorang yang bodoh berhasil membuang kata malas dan dia rajin maka pasti dia akan berhasil. Maka buanglah kata “Aku Malas!”, dan Anda akan menjadi orang yang sukses.

Dalam berjuang Anda harus selalu mengontrol kata-kata yang Anda gunakan, yang pada akhirnya itu akan mengontrol sikap kita dalam menghadapi dunia.
Diberdayakan oleh Blogger.