Header Ads

Breaking News
recent

5 Tips untuk Membangun Perusahaan yang Tahan Banting

Setiap pengusaha pasti bermimpi mempunyai perusahaan yang besar dan terus berkembang dengan baik. Walaupun di luar sedang terjadi hal buruk, perusahaan Anda akan tetap stabil. Tentunya jika Anda mempunyai perusahaan seperti ini Anda akan merasa takjub. Pastilah Anda juga akan merasa bangga dengan apa yang sudah Anda capai, bangga terhadap kepemimpinan Anda dan bangga kepada karyawan Anda yang mau bekerja keras membangun perusahaan yang kuat dan tahan banting.




Meski ini sebuah mimpi dan jika Anda ingin mewujudkan butuh waktu yang tidak singkat. Akan tetapi dengan disertai kerja keras, Anda pasti semuanya akan terjadi. Karena siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil di akhir nanti. Saat ini ekonomi di nergara kita sedang mengalami geliat yang sangat bagus. Banyak sekali peluang-peluang bisnis yang terbuka. Jika Anda ingin membangun sebuah perusahaan yang kuat dan tahan banting inilah saatnya.

Dengan mempunyai perusahaan seperti yang diidamkan banyak pengusaha, Anda tentunya menemukan beberapa hal yang memang benar-benar Anda lakukan setiap hari dan selalu konsisten. Dengan menjadi fokus, berpikiran positif, dan selalu melihat kedepan, maka Anda dapat menginspirasi seluruh karyawan Anda bahkan diri Anda juga akan ikut terinspirasi. Apalagi perusahaan yang Anda buat mempunyai keuntungan diatas target serta lebih kompetitif.

Untuk mewujudkan hal di atas, Anda perlu mempelajari lima hal penting di bawah ini. Karena itu Bisnishack menyajikan lima tips untuk membangun perusahaan yang tahan banting. Anda sebagai seorang pebisnis sebaiknya tidak melewatkan hal ini.


1 . Fokus dan Tentukan Tujuan yang Jelas

Semua bisni harus dimulai dengan landasan yang kuat dan jelas. Landasan ini adalah tujuan dan harapan. Sebuah perusahaan pasti akan menemui masa-masa yang sulit, dimana akan terjadi pergeseran antara biaya produksi, keuntungan, kerugian, gaji karyawan, dan lain-lain. Pada saat seperti ini Anda sebagai pimpinan harus membuat skala prioritas untuk perusahaan Anda. Membuat daftar hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan apa yang terlebih dahulu dilakukan untuk membuat perusahaan Anda tetap berdiri kokoh.
Pastikan Anda juga mengecek karyawan Anda, pastikan mereka mengerjakan semua hal-hal yang paling berarti, dan dapat membuat perusahaan Anda kembali seperti yang diharpakan dengan cepat. Akan tetapi Anda juga harus bisa bekerja sama dengan karyawan Anda. Karena mereka adalah orang terdekat Anda yang dapat membantu perusahaan Anda tetap bertahan.

Masalah yang biasa dihadapi banyak orang adalah mereka melakukan hal yang sama berulang-ualang. Maka dari itu, Anda sebagai seorang pimpinan harus berani mengambil tindakan yang berbeda. Lakukanlah perbaikan-perbaikan pada visi dan misi dari perusahaan Anda. Dan semua itu harus Anda lakukan dengan cepat.


2. Libatkan Orang-Orang Terdekat Anda

Karyawan Anda tentunya belum cukup disebut sebagai orang terdekat dalam pekerjaan Anda. Jika Anda masih merasa kurang dengan karyawan Anda, maka Anda dapat melibatkan keluarga Anda, teman Anda, atau siapapun yang Anda rasa orang tersebut dekat dengan Anda dan mampu memberikan kontribusi untuk perusahaan Anda.

Melibatkan orang lain dalam menangani perusahaan Anda tentunya memerlukan pemikiran yang serius. Anda perlu mempertimbangkan siapa saja yang cocok dan mampu dalam hal ini. Anda harus membuat orang terdekat Anda menyalurkan ide-idenya dan cara untuk mewujudkannya, yang tentunya hal itu dapat membuat perusahaan cepat bangkit dengan signifikan.

Anda juga harus membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam melibatkan orang lain dan karyawan Anda secara bersamaan. Anda harus bisa memanfaatkan mereka dengan baik gali potensi mereka dengan maksimal. Jika seperti ini perusahaan dapat melakukan hal yang luar biasa, akan tetapi dengan cara yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah, dan lebih cerdas.
  

3. Anda Harus Lebih Komunikatif

Dalam masa-masa sulit, orang berusaha mengetahui apa yang terjadi dan memahaminya dengan kemampuan mereka. Mereka akan berfikir kenapa masalah-masalah tersebut dapat mempengaruhi bisnis dan pekerjaan mereka. Kebanyakan seorang bos jika mereka menuai masalah mereka akan lebih banyak diam dan memendam atau berusaha menyelesaikannya sendiri dan hanya minta bantuan kepada satu atau dua orang saja. Hal ini adalah salah. Kadang-kadang Anda tidak ingin mengganggu karyawan Anda dengan bertanya akan hal-hal yang sedang dihadapi. Dan Anda juga selalu mencoba bersikap tegar dengan menutupi masalah Anda, seolah-olah Anda baik-baik saja. Hal ini tentunya hanya akan menambah tingkat kestresan Anda.

Berbagilah dengan karyawan Anda. Ceritakan masalah apa yang sedang Anda hadapi. Jika hal ini memungkinkan, pastilah karyawan Anda akan siap membantu apapun dan kapan saja. Dengan hal ini maka Anda akan mengurangi masalah Anda dan akan mempunyai energi yang positif untuk mewujudkan usaha Anda yang tahan banting.


4. Memberikan Waktu Lebih dan Mendorong Karyawan untuk Bekerja Keras

Sebagai pimpinan hendaknya Anda tidak selalu hanya memberikan perintah saja. Menyuruh dan hanya meminta karyawan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Seorang karyawan pastinya membutuhkan dorongan dan masukkan dari seorang pemimpin. Mereka manusia sama seperti kita. Luangkanlah waktu Anda untuk selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada karywan Anda. Mintalah mereka untuk selalu berbagi dengan Anda dan berbagi sesama karyawan. Itu akan membuat mereka merasa lebih terlibat dan mereka bisa bekerja lebih efektif.

Anda sebagai pemimpin harus mampu membuat karyawan Anda tidak hanya mengungkapkan ide-ide akan tetapi juga menyelesaikan dan mewujudkan ide mereka. Berikanlah mereka ruang dan waktu untuk berkreasi, membuat sesuatu yang berbeda, atau hal baru yang dapat membuat perusahaan Anda berkembang dan jauh lebih maju. Intinya adalah buat karyawan Anda lebih kreatif dan bertanggung jawab atas apa yang mereka mulai mereka harus bisa menyelesaikan.


5. Selalu Mengucapkan Terima kasih

Tidak semua orang biasa mengucapkan terimakasih setelah menerima sesuatu dari orang lain. Jika Anda melakukan hal ini kepada karyawan Anda maka Anda adalah pemimpin yang terkesan sombong dan tidak menghargai orang lain.

Selalu berterimakasihlah kepada siapapun yang telah membantu Anda untuk menjadi yang lebih baik, bahkan jika itu hanya berupa ucapan yang tak terlihat. Karena ucapan terimakasih sangat berarti untuk setiap orang yang telah memberikan sesuatu kepada Anda. 

Ucapan terima kasih tidak selalu berwujud materi, ucapan pun jika benar-benar Anda lakukan sudah merupakan hal yang luar biasa. Anda harus selalu belajar untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, Karyawan Anda, Keluarga Anda, Orang-orang terdekat Anda, dan semua orang yang sudah berpartisipasi dalam membangun bisnis dan hidup Anda.

Ucapan terima kasih merupakan sebuah apresiasi yang sederhana akan tetapi bermanfaat besar. Maka jika ingin menjadi pengusaha yang sukses dan mewujudkan sebuah perusahaan yang tahan banting, segeralah berteman dengan ucapan terima kasih. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk Anda.
Diberdayakan oleh Blogger.