Header Ads

Breaking News
recent

Tips Marketing Super dari Richard Branson

Siapa tidak kenal dengan Richard Brandson? Ia adalah pendiri Virgin Group yang sangat terkenal. Kisah bisnisnya dimulai sejak usia 16 tahun, ia mulai membuat bisnis pertamanya berupa Student, majalah untuk pelajar di Inggris.

Setelah memiliki jaringan penggemar majalah Student. Richard muda membuat sebuah jasa penjualan kaset musik yang dikirimkan melalui pos. Bisnis pertamanya ini ia beri nama Virgin. Semenjak itulah ekspansi usaha Richard Brandson naik secepat kilat. Saat ini sudah ratusan perusahaan yang ia miliki di bawah naungan Virgin Group.

Tidak hanya berkutat di bidang musik, bisnisnya benar-benar menguasai hampir seluruh bidang yang ada. Mulai dari Virgin Records, Virgin Money, Virgin Airlines, Virgin Train, Virgin Mobile sampai Virgin Galatic yang menawarkan wisata luar angkasa pertama di dunia.

Bagaimana seorang anak kecil yang tidak memiliki pengalaman dan ilmu bisnis sama sekali ini tumbuh menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Salah satu poin yang tidak bisa lepas dari Richard Brandson adalah kemampuan marketingnya yang sangat dahsyat. Berikut beberapa di antaranya:



1. Under Promise Over Deliver

Menggunakan sistem marketing ini, kita ingin menekankan pada element of surprise. Marketing yang paling hebat adalah marketing mulut ke mulut. Yaitu ketika pelanggan membicarakan kelebihan bisnis kita ke pelanggan lain. Hal ini sangatlah mudah membuat bisnis Anda terkenal.

Untuk mendapatkannya Anda harus dapat membuatnya terkejut bahagia. Under Promise Over Deliver adalah salah satu cara untuk membuat customer kita bahagia.

Secara singkat artinya adalah janjikan sedikit, berikan lebih. Sebagai contoh misal Anda berjanji untuk menyelesaikan pesanan dalam 7 hari, selesaikan dalam 2 hari dan berikan pelanggan Anda diskon. Tentu mereka akan senang sekali.

Mereka sudah siap menunggu 7 hari untuk pesanannya. Tanpa diduga Anda berhasil menyelesaikan pesanan dalam 2 hari. Efek surprise terjadi dalam proses ini. Biasanya jika mereka terkesan, mereka akan membicarakan mengenai bisnis Anda ke teman-temannya.

Dengan menggunakan sistem ini, dengan mudah Anda dapat membangun kesetiaan pelanggan melalui surprise-surprise kecil yang membuat mereka puas dengan pelayanan kita.

Banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk memberikan nilai lebih pada bisnis Anda. Contohnya, Anda bisa memberikan kaos kepada bagian customer service Anda dengan tulisan “Saya Tidak Ramah, GRATIS”. Pasti pelanggan akan senang. Andapun tidak perlu repot-repot mengawasi kinerja dari customer service Anda. Win-Win Solution kan?

Richard Brandson benar-benar memfokuskan semua bisnisnya pada service pelayanan. Ia sangat peduli akan kebahagiaan pelanggan.

Setelah Anda sudah mulai terbiasa dan dapat konsisten melakukan rumus ini. Jika Anda berani gunakan rumus berikutnya.



2. Over Promise Over Deliver.

Berjanjilah semuluk mungkin, dan lebihkan janji itu. Anda akan segera mendapatkan pelanggan yang setia dan bahagia. Tentu hal ini terlihat berat. Tapi jika Anda benar-benar ingin membahagiakan pelanggan Anda dan membuatnya setia, kenapa tidak?

Contoh ketika semua Online Shop mengenakan ongkos kirim, Anda Gratiskan, Belum cukup? Anda tambah tiap pembelian 2 buah gratis 1 buah, belum cukup? Berikan bonus super menarik bagi pelanggan Anda.

Bayangkan betapa senangnya pelanggan Anda. Sekilas terlihat rugi? Hitunglah sebagai biaya pemasaran, dan rasakan hasilnya.

Tapi ingat sebelum mulai dalam skala besar, selalu coba dalam skala yang kecil, ukur hasilnya. Jika sesuai yang diharapkan baru jalankan dalam skala besar.

Lihatlah Virgin Group yang gemar memberikan surprise untuk pelanggannya. Melalui cara tersebut dengan mudah mereka mendapatkan banyak pelanggan setia.


3. Low Effort High Impact

Apa maksudnya? Secara singkat bisa diartikan dengan usaha yang sedikit kita bisa mendapatkan hasil yang besar. Hal inilah yang sering dilakukan oleh Richard Brandson. Ia sering melakukan aksi-aksi yang mengundang perhatian banyak orang.

Ia menjadikan dirinya sendiri sebagai Brand Ambassador dari Virgin Group. Apapun akan ia lakukan untuk mendapatkan perhatian media. Ia senang dengan publisitas yang bisa mengangkat namanya dan nama bisnisnya.

Banyak hal-hal gila yang Richard Brandson lakukan agar menjadi perhatian. Seperti keliling dunia dengan balon udara, naik kapal tercepat lintas samudra pasifik, menjadi pramugari pesawat dengan dandanan seperti perempuan, naik tank untuk menembak coca cola di Times Square (saat launching Virgin Cola) dan masih banyak lagi.

Richard Brandson berpendapat bahwa apa yang ia lakukan sangat mudah dan menyenangkan. Tapi dampak yang diperoleh dari publisitas tersebut sangatlah dahsyat.


4. Viral Marketing

Tips paling penting. Selalu fokuskan marketing Anda yang berdampak ke banyak orang. Orang cenderung bercerita (share) hal yang dia sukai. Terlebih lagi dengan bantuan social media seperti sekarang.

Share, tidak hanya mulut ke mulut, teknologi membawa teknik marketing ke level yang jauh berbeda dari yang pernah ada sebelumnya. Saat ini sangat mudah untuk menyebarkan satu informasi ke jutaan orang dalam waktu singkat. Terlebih lagi, biayanya bisa jadi gratis.

Di dunia internet seperti saat ini, kita sebagai manusia seperti terhubung satu sama lain dalam sebuah komunitas besar. Komunitas itu dinamakan internet. Sebagai komunitas kita senang berbagi informasi kepada sesama pengguna.

Trend inilah yang harus Anda manfaatkan. Buat berbagai konten super menarik yang membuat orang ingin membaginya. 


5. Story Telling

Tips terakhir dari Richard Brandson, yaitu bercerita. Semua orang senang cerita. Konsep marketing terbaru adalah dengan menceritakan sesuatu. Pelanggan saat ini jauh lebih kritis logikanya.

Karena itu sentuhlah mereka secara emosianal dengan story telling. Banyak perusahaan besar yang sudah melakukan ini. Mereka membuat iklan yang tidak selalu mengenai produknya. Mereka mulai membuat iklan-iklan yang berisi tips, kisah sukses sampai cerita-cerita moral yang menyentuh hati.

Contohnya jika Anda memiliki perusahaan asuransi, Anda bisa membuat iklan video yang menceritakan pentingnya keluarga. Atau jika Anda menjual minuman energi, Anda bisa menceritakan bahwa olahraga itu sangat penting.

Cerita-cerita seperti ini akan lebih diingat oleh pelanggan dan calon pelanggan Anda. Mereka akan mengasosiakan cerita Anda dengan produk yang Anda miliki.
Diberdayakan oleh Blogger.