Header Ads

Breaking News
recent

Hal-hal yang Wajib Kamu Lakukan untuk Sukses Jualan Online Menggunakan Blackberry

Jualan menggunakan Blackberry sedang menjadi trend di Indonesia. Pertumbuhannya sangat pesat. Hampir semua bisnis online menjadikan Blackberry Messenger sebagai metode mereka berkomunikasi.

Apalagi saat BBM bisa digunakan di berbagai platform seperti Apple adan Android. Hampir semua orang yang memiliki smartphone bisa dipastikan memiliki PIN BBM.

Ini momentum dahsyat yang bisa kita manfaatkan untuk meraih profit dari smartphone kita. Maksimalkan penggunaannya dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Untuk mempermudah aktivitas jual beli Anda menggunakan Blackberry ada beberapa hal sederhana yang sebaiknya Anda gunakan. Berikut beberapa diantaranya:


1. Full Blackberry Internet Service

Tiap provider memiliki beberapa pilihan paket data untuk mengaktifkan penggunaan Blackberry Messenger. Sebaiknya pilih yang full. Dengan pilihan ini Anda bisa menggunakan semua fitur yang ada dengan maksimal. Mulai dari BBM itu sendiri berbagai social media seperti facebook dan twitter, email, browsing internet sampai download file.

Investasi sedikit lebih mahal tapi pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat selesai. Bandingkan juga kecepatan internet antar provider. Karena sedikit banyak hal ini berpengaruh terhadap kinerja kamu. Jika kamu tidak tinggal di perkotaan, gunakan provider yang memiliki jaringan sinyal terbaik di daerahmu.


2. PowerBank

Semua fitur di atas membutuhkan daya baterai yang sangat kuat. Ini salah satu kelemahan smartphone. Baterainya mudah drop karena banyaknya aplikasi yang digunakan. Cara termudah adalah dengan membeli baterai double power dan siaga dengan powerbank untuk mengisi ulang di saat darurat. Anda tentu tidak ingin deal gagal hanya karena BB mati kehabisan baterai kan?

Pastikan juga  selalu mengisi penuh powerbank jika ada kesempatan. Sering terjadi, orang memiliki power bank tapi isi baterainya juga kosong. Anda juga bisa berjaga-jaga dengan membawa dua buah baterai. Hal ini cukup efektif. Apalagi jika Anda sering bepergian jauh menggunakan kendaraan umum.


3. Mobile Banking

Mobile Banking, atau melakukan aktifitas perbankan menggunakan handphone ini wajib Anda aktifkan. Caranya adalah dengan datang ke Bank Anda dan meminta pengaktifan ini.

Melalui fitur ini dengan mudah Anda dapat mengecek apakah transferan uang dari pelanggan sudah masuk atau belum, begitu juga sebaliknya, dimanapun Anda berada, selama masih ada sinyal Anda dapat transfer uang ke mana saja.

Pastikan Anda memiliki mobile banking, tentu Anda tidak ingin hanya untuk mengecek saldo harus ke ATM atau buka internet. Tentu akan sangat membuang waktu. Be Wise.

Setelah memiliki fitur ini. Pastikan untuk memberi kode pengaman di handphone. Anda tidak mau saldo di rekening hilang, hanya karena ada orang jahat(iseng) yang menggunakan handphone Anda.


4. Screengrabber

Fitur ini jika di komputer sama dengan print screen. Artinya Anda bisa mengcapture apa yang sedang ada di layar Anda. Ini sangat bermanfaat untuk mengrab percakapan Anda dengan customer. Terutama ketika mereka memberikan testimoni yang positif. Hasil dari screengrab ini bisa Anda gunakan untuk mengganti display picture Anda secara berkala.

Screengrab testimoni akan meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda. Saya sarankan Anda juga menscreengrab percapakan-percakapan penting, perjanjian, dsb. Ini bisa Anda gunakan sebagai bukti kedepannya. Dalam hal ini, jangan lupa untuk semua save chat history. Ini sangat penting untuk Anda. Backup secara berkala ke dalam PC Anda untuk menghindari BB lemot atau hilangnya data.


5. Picmix

Picmix adalah aplikasi yang digunakan untuk menyatukan atau menyusun beberapa foto sekaligus menjadi satu foto. Dengan ini Anda bisa menggabungkan foto-foto testimoni dengan foto produk, foto berbagai produk menjadi satu gambar. Dan seterusnya.


6. Auto Text

Auto text adalah fitur yang memungkinkan Anda membuat tulisan shortcut. Caranya adalah dengan masuk layanan BBM, masuk ke dalam salah satu chat. kemudian tekan tombol BB --> Edit Autotext --> Add new.

Melalui fitur ini dengan sangat mudah Anda dapat melayani customer Anda. Anda tidak perlu tiap saat mengulang lagi jawaban-jawaban yang sering ditanyakan customer Anda. Buatlah shortcut-shortcut untuk FAQ. Beberapa shortcut yang sebaiknya Anda buat diantaranya adalah:

  • Deskripsi produk
  • Harga (eceran, reseller, distributor)
  • FAQ
  • Nomor rekening
  • Konfirmasi
  • Nomor resi
  • dsb.

7. Call Recorder

Dalam beberapa bisnis yang penuh ketidakpastian, misalnya tender, lelang, pembelian konsinyasi dan lainnya. Kepercayaan menjadi hal sangat penting. Akan tetapi kadang kala kita berhubungan dengan orang yang tidak baik. Untuk mengantisipasinya kita bisa menggunakan aplikasi call recorder. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk merekam pembicaraan telpon kita dengan orang lain. Gunakan aplikasi ini untuk tujuan kebaikan saja.

Contohnya, misalnya Anda sedang melakukan deal besar dengan orang baru, Anda perlu merekam pembicaraan sebagai bukti jika terjadi sesuatu. Jika semuanya lancar sampai selesai, sebaiknya segera hapus rekaman tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan menggunakan Blackberry. Sebagai tambahan, Blackberry adalah komunikasi personal antara kita dengan pelanggan. Dalam komunikasi ada beberapa hal yang harus selalu kita perhatikan.

Keramahan adalah hal wajib untuk dilakukan. Semua orang suka orang yang ramah. Selain ramah kita juga harus bersikap professional, seperti merespon pertanyaan dengan cepat, mengabarkan update terbaru pesanan mereka dan seterusnya.

Jika kita bisa mengenal customer kita secara lebih mendalam, tentu mereka akan merasa sangat dihargai. Apa yang Anda lakukan akan menjadi pelanggan yang setia. Jika Anda memberikan service lebih dari yang mereka harapkan, bukan tidak mungkin mereka akan bercerita ke banyak orang tentang bisnis Anda. Bangunlah reputasi untuk kesuksesan jangka panjang. Salam sukses.
Diberdayakan oleh Blogger.