Header Ads

Breaking News
recent

20 Kunci Sukses Berbisnis dari Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dan Facebook. Keduanya saling berkaitan. Mark Zuckerberg adalah salah satu pendiri Facebook, situs jejaring sosial terbesar di dunia. Kekayaan yang dihasilkan dari Facebook sudah mencapai milyaran dollar. Dia bahkan sudah berkali-kali dinobatkan sebagai jajaran orang-orang terkaya dan termuda di dunia. 

Tidak ada salahnya untuk mengetahui tips-tips dari salah satu pendiri Facebook itu agar kita bisa sukses juga. Berikut ada 20 tips dari Zuckerberg untuk sukses berbisnis. Apa saja tipsnya? Silakan disimak.



1. Ingat, Sukses Tidak Datang di Awal

Sebelum Zuckerberg keluar dari Harvard, dia membuat Facemash. Situs yang menggambarkan kecantikan dan ketampanan mahasiswa dari foto mereka. situs ini tidak berjalan dengan sukses. Namun hal ini justru membuat dia terinspirasi untuk membuat Facebook.


2. Tetap Sederhana

Meksipun menjadi milyarder termuda, hal ini tidak membuat Zuck menjadi boros. Dia tidak membeli barang-barang mewah dan menghabiskan uangnya untuk foya-foya. Dia justru tetap fokus pada bisnisnya agar semakin berkembang.


3. Mimpi Besar




Tidak semua temannya percaya bahwa Facebook akan menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia. Namun hari ini, Facebook mempunyai lebih dari satu milyar pengguna. Jika tidak dimulai dari mimpi yang besar, tujuan yang besar tidak akan tercapai.


4. Buat Kesalahan

Zuckerberg mengatakan bahwa banyak pebisnis khawatir dan takut membuat kesalahan. Mereka tidak mau mengambil resiko. Mendirikan bisnis tanpa resiko sangat mustahil dilakukan. Tidak usah khawatir terhadap satu tahun terburuk atau bahkan lima tahun terburuk. Yang terpenting adalah segera evaluasi. Perusahaan didirikan untuk menghasilkan nilai. Nilai-nilai itu bisa diperoleh salah satunya dengan adanya kesalahan.


5. Uang Bukanlah Segalanya

Sebelum Facebook menghasilkan uang seperti sekarang, ada kutipan menarik dari Zuckerberg, “Kita tidak membuat pelayanan untuk menghasilkan uang; kita membuat uang agar menghasilkan pelayanan yang lebih baik.”


6. Bersiaplah Menghadapi Tekanan

Tekanan internal maupun eksternal adalah untuk dihadapi. Bukan dihindari. Salah satu yang membedakan Zuck dengan yang lain adalah dia berani menghadapi tekanan. Kebiasaan seperti ini membuat dia memiliki visi yang hebat dan tetap pada langkahnya untuk mencapai tujuan.


7. Penyelesaian Lebih Penting Daripada Kesempurnaan

Zuckerberg selalu mengatakan bahwa menyelesaikan pekerjaan lebih penting daripada menyempurnakannya. Pebisnis hebat sekalipun tidak ada yang sempurna. Dengan menyelesaikan pekerjaan, tentu akan muncul perbaikan-perbaikan untuk menutupi kekurangan. 


8. Jangan Takut



Sekali kamu takut, tidak akan ada langkah selanjutnya. Ketakutan hanya akan menyebakan kemuduran. Tidak ada keberanian untuk melanjutkan langkah. Dia menerapkan hal ini tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada lingkungan kerjanya. Dia mendorong agar karyawan lebih inovatif dan berani menjalankan ide-ide mereka. 


9. Minat Adalah Segalanya

Lakukan hal yang diminati. Jangan sekali-kali melakukan hal yang tidak disukai. Disamping mebuang waktu, hasilnya tidak maksimal. Melakukan hal yang disenangi membuat kita tidak merasa bekerja setiap harinya. Yang dilakukan hanya bermain-main saja. 


10. Jangan Ambil Kesempatan Pertama

Sebelum Facebook dipublikasikan tahun 2012, Zuckerberg ditawari banyak kesempatan oleh rekan-rekannya untuk menjual perusahaan. Namun dia tetap bertahan. Dia percaya bahwa apa yang dilakukan adalah benar. Keyakinannya ini membuat dia menjadi pebisnis sukses sekarang.


11. Bersiaplah Menghadapi Kritik

Facebook tidak terlahir dengan instan dan sempurna. Banyak kritikan dan hujatan. Bahkan sudah sampai berurusan dengan hukum. Namun sekali lagi, dengan keyakinan dan harapan yang besar, Zuckerberg dan timnya bisa melalui masa-masa sulit tersebut.


12. Bekerja Sama Dengan Orang Yang Saling Melengkapi

Carilah rekan dengan kemampuan yang saling melengkapi. Satu hal yang tetap perlu digarisbawahi, rekan tersebut tetap bekerja sesuai minatnya. 


13. Perbanyak Memberi




Tahun 2013, Zuckerberg menjadi orang paling dermawan dengan mendonasikan uangnya sebanyak $990 juta untuk kegiatan sosial. Semakin banyak memberi, semakin banyak pula yang akan diterima. Dermawan tidak akan membuat uang berkurang, justru membuat uang bertambah.


14. Jadilah Eksklusif

Eksklusifitas merupakan hal yang baik. Ketika pertama kali diluncurkan di tahun 2004, anggota Facebook hanya terbatas untuk mahasiswa di sana. Tetap tampil eksklusif membuat orang lain menjadi semakin ingin mengenal. Zuck memastikan bahwa penawaran tidak akan lebih besar dari permintaan. 


15. Jangan Takut Berkompetisi

Ketika pertama diluncurkan, Facebook mempunyai ribuan pesaing. Kompetitornya tidak main-main. Situs Myspace mempunyai 5 juta pengguna. Friendster baru saja meraih $13 juta. Alih-alih menyerah, Zuck bekerja keras memperbaiki Facebook. Pada akhirnya, bisa dilihat siapa yang menduduki posisi teratas.


16. Jangan Menyerah

Selama musim panas pertama Facebook, Zuckerberg membutuhkan uang untuk melanjutkan bisnisnya. Kedua orang tuanya tetap menudukung dan membesarkan hatinya. Mereka memberikan uang pada Zuck sebesar $85.000 untuk membuat Facebook tetap bertahan.


17. Dirikan Tim Yang Bagus



Tim yang bagus menurut Zuckerberg adalah sekumpulan orang yang akan mengambil keputusan lebih baik daripada yang dilakukan perorangan. Dia menambahkan dalam mambangun sebuah tim, perlu ada kedinamisan. Tanpa gerak yang dinamis, suatu tim akan berjalan di tempat.


18. Kamu Tidak Sebaik Atau Seburuk Yang Orang Katakan

Tanamkan dalam pikiran bahwa kamu tidak seburuk yang orang katakan. Juga tidak sebaik yang mereka katakan. Ketika Facebook sedang menerima banyak kritikan dari media, dia akan mengingat bahwa Facebook dan timnya tidak seburuk yang mereka katakan. Sebaliknya. Ketika banyak orang memuji Facebook, dia akan mengingat bahwa Facebook tidak sebaik yang mereka katakan. 


19. Biarkan Orang Lain Meremehkanmu

Zuckerberg lebih senang jika ada orang yang meremehkannya. Karena hal tesebut akan memacu semangatnya agar bekerja lebih keras. Dia akan berusaha keras untuk mematahkan pendapat orang yang meremehkannya.


20. Berpikirlah Untuk Jangka Panjang

Gabungkan antara minat dan waktu. Lakukan hal yang diminati dan pikirkan tujuannya di jangka panjang. Jangan hanya sebatas jangka pendek. Carilah hal yang menjadi minatmu. Setelah itu pikirkan tentang 10 tahun kemudian, 30 tahun kemudian, 50 tahun kemudian, atau bahkan 100 tahun kemudian.

Itulah tadi 20 tips dari Zuckerberg agar menjadi pebisnis yang sukses. Kerja keras dan kerja keras kuncinya. Tidak mengherankan jika sekarang dia menjadi pebisnis yang termuda. Usahanya yang melebih rata-rata dan prinsip hidupnya yang kuat patut untuk ditiru.
Diberdayakan oleh Blogger.