Header Ads

Breaking News
recent

12 Hal Sederhana Yang Diajarkan Ibu Anda Yang Dapat Digunakan Dalam Berbisnis

Seorang ibu pasti mempunyai peran yang sangat besar dalam mendidik anaknya. Ibu telah berjuang selama 9 bulan 10 hari agar anak tersebut bisa lahir kedunia. Tentunya tidak hanya sampai disitu saja, seorang ibu harus mendidik anaknya sampai tumbuh dewasa. Dalam proses itu, tentunya seorang ibu selalu memberikan banyak sekali nasihat agar sang anak tumbuh menjadi orang yang berbaki dan berguna bagi banyak orang.
Banyak orang merindukan karakter seorang ibu, ketika mereka jauh dari rumah untuk membangun sebuah bisnis. Walaupun jauh tentunya seorang anak yang berbakti selalu mengingat dan melaksanakan dengan baik apa yang ibunya ajarkan. Ada beberapa hal yang biasa diajarkan oleh ibu kepada Anda, dan itu sangat berpengaruh terhadap bisnis yang sedang dijalankan.

Berikut Bisnishack.com menjelaskan 10 hal sederhana yang diajarkan ibu Anda yang dapat digunakan dalam berbisnis.

1. Bangun Lebih Awal


Pernakah Anda mendengar slogan “Lebih cepat tidur, lebih cepat bangun, membuat orang sehat, kaya, dan bijaksana?” Slogan ini sungguh tepat, karena jika seseorang tidur lebih cepat dan bangun lebih awal, maka ia akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan bangun dalam kondisi yang segar. Dibawah ini ada beberapa manfaat bangun lebih awal.

- Mengasah pikiran dan hati

Bangun lebih awal di pagi hari bisa membantu Anda duntuk merefresh pikiran dan hati Anda. Suasana yang masih sangat tenang bisa Anda gunakan untuk bermeditasi sesaat, menenangkan pikiran dan menjaga hati kita tetap selaras dengan apa yang kita pikirkan.

- Meningkatkan produktivitas

Bisa kita ambil contoh pada seorang pedagang. Jika dia bangun lebih awal untuk berjualan, kemungkinan dalam mendapatkan keuntungan akan lebih besar. Karena, mungkin pedagang lain belum ada yang berjualan.

- Bisa melakukan hal-hal lain

Jika seseorang bangun lebih awal, tentunya ia masih bisa melakukan hal-hal lain, seperti menyapu, memasak, mempersiapkan bahan untuk bekerja, dan lain-lain. Ini bisa berpengaruh positif terhadap pola hidup Anda.

- Menghindari macet

Saat ini jumlah kendaraan di negara kita semakin bertambah banyak, akan tetapi jalan raya yang digunakan tetap sama tidak bertambah lebar atau panjang. Kemacetan pun tidak bisa dihindarkan oleh semua orang. Untuk menghindari kemacetan, mungkin bangun dipagi hari bisa berguna untuk mengatasi hal ini.
Kebiasaan bangun lebih awal bisa diterapkan dalam hal mengembangkan sebuah bisnis. Penerapannya bisa dilakukan ketika pebisnis menuangkan ide mereka dan harus segera menjalankannya. Selalu lebih awal dalam menuangkan ide dan menjalankan gagasan bisnis, akan mengurangi risiko persaingan.


2. Bereskan Ruanganmu Sendiri


Biasanya seorang ibu selalu menyuruh anaknya agar segera membereskan ruangannya setelah bangun tidur. Seorang ibu tak ingin melihat ruangan yang berantakan dan kotor. Kebiasaan yang baik ini bisa kita terapkan dalam dunia bisnis. Penerapannya bisa dilakukan terhadap ruang kerja kita dalam kantor. Jika ruangan kerja kita selalu bersih dan rapi, hal ini akan membuat kerja kita menjadi terasa rileks. Saat Anda menerima tamu tentunya tidak akan merasa risih, karena ruangan yang digunakan sangat nyaman dan bersih.


3. Berdiri yang Tegap

Apakah alasan sesungguhnya seorang ibu menyuruh kita berdiri dengan tegap? Mungkin mereka tidak ingin anaknya menjadi bungkuk atau terlihat loyo. Mereka menginginkan anaknya berdiri dengan tegap, menunjukkan wibawa, dan memandang kedepan. Hal sederhana ini bisa diterapkan padaa saat Anda menjalankan sebuah bisnis. Berdiri tegap dalam berbisnis bisa artikan dengan ketika Anda memulai sebuah bisnis, janganlah terlalu mengandalkan investor atau bantuan orang lain. Bekerjalan secara maksimal, tunjukkan wibawa Anda sebagai pebisnis sejati. Mata Anda harus selalu menatap kedepan. Melihatlah lebih banyak daripada yang orang lain lihat, dan melihatlah suatu hal yang orang lain belum melihat. Ini akan menjadikan inspirasi dalam membangun bisnis Anda.


4. Tidak Ada Orang yang Seperti Dirimu

Kata-kata ini akan meyakinkan seorang anak bahwa dirinya merupakan seseorang yang spesial. Seorang ibu mengatakan hal ini kepada anaknya dengan tujuan agar anaknya selalu percaya diri dan bangga terhadap apa yang dimiliki. Anak akan merasa bahwa dirinya unik, khusus, dan tidak ada yang menyamainya. Hal ini sungguh bagus jika diterapkan dalam sebuh bisnis.

Ketika menghadapi sebuah kompetisi yang sulit, seorang pengusaha sering putus asa dan melupakan alasan apa yang membuat ia memulainya. Tapi jika mereka mengingat kata-kata ini, akan tumbuh rasa percaya diri dan kembali menjalankan bisnisnya. Ini akan menjadi jalan mereka untuk melepaskan diri dari pesaingnya, dan membuat karya yang benar-benar hebat.


5. Bosan? Berhentilah dan Hilangkan Bosanmu

Nasihat ini sangatlan manjur jika digunakan dalam kehidupan bisnis Anda. Suatu saat Anda akan menemui kebosanan dalam melakukan sesuatu. Alangkah baiknya jika Anda berhenti sejenak untuk menyelaraskan hati dan fikiran agar menjadi lebih segar. Lakukanlah sesuatu hal yang berbeda dengan merubah pola yang sudah biasa Anda lakukan. Hal ini dapat bermanfaat untuk kelancaran Anda dalam menjalankan bisnis.


6. Dia Meniru Saya

Banyak orang tua khususnya seorang ibu yang menggunakan kata bahwa sifat anaknya menyalin, meniru, dan mirip dengan dengan mereka. Kadang-kadang seorang anak akan merasa bahwa hal itu sangatlah menyebalkan. Tapi dalam dunia bisnis, kata-kata ini sangat bermanfaat ketika Anda mengalami kebuntuan dalam mencari ide, memproduksi sesuatu, dan membuat satu hal yang berbeda.

Sebagai pengusaha yang ingin sukses sebaiknya Anda jangan ragu untuk menyalin atau meniru merek lain yang dikagumi. Ada baiknya jika saat meniru suatu produk janganlah sama persis, usahakan tambahkan atau kurangi suatu hal yang menjadikan nilai lebih dalam bisnis Anda. Karena seorang pengusaha lebih rentan daripada anak-anak jika ada pelanggan yang mengatakan bahwa produk mereka hanyalah tiruan atau imitasi.


7. Jangan Pergi Sebelum Pekerjaan Selesai

Jangan pergi keluar sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan. Dalam berbisis menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas adalah pekerjaan yang wajib dilakukan. Jika Anda mengerjakan hanya sampai setengahnya saja, biasanya dalam memulainya lagi akan terasa malas dan ogah-ogahan. Sebagai pengusaha harus menerapkan hal ini agar bisnisnya berjalan lancar.


8. Pergilah Bermain Keluar

Ada kalanya seorang Ibu menyuruh anaknya untuk pergi keluar, bermain dengan teman, bergaul, dan mencari penglaaman. Dalam berbisnis, pergi keluar dan mencari informasi dapat dilakukan untuk memperlancar bisnis Anda. Carilah banyak informasi dan relasi, agar Anda bisa membuat sebuah jaringan bisnis yang besar dan luas.


9. Matikan TV, Segeralah Pergi Tidur

Tentunya seorang ibu sering melarang Anda untuk jangan tidur terlalu malam. Pertama itu tidak baik bagi kesehatan Anda, dan yang kedua karena bisa mempengaruhi performa dan produktivitas dalam bekerja. Sebagai pengusaha harus menghindari hal itu. Karena sebagai seorang pengusaha menjadi produktif, efisien, dan sehat adalan tuntutan yang harus dipenuhi.



10. Segeralah Meminta Maaf

Meminta maaf ketika Anda membuat sebuah kesalahan adalah hal yang harus dilakukan dengan segera. Sama halnya ketika pelanggan Anda mengalami masalah dan mengajukan komplain, segeralah meminta maaf dan memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut.


11. Berbagilah

Ibu selalu mengajarkan kita untuk selalu berbagi kepada teman. Sebagai pebisnis yang professional meluangkan waktu dan tempat untuk berbagi kepada karyawan atau pebisnis lain sangat bermanfaat. Anda bisa saling bertukar informasi untuk memperbaiki bisnis yang sedang dilakukan.


12. Selalu Ucapkan Terimakasih


Mengucapkan sebuah kalimat “Terima Kasih” harus dijadikan sebuah budaya yang selalu kita lakukan. Kalimat terimakasih bisa diucapkan ketika ada pelanggan yang membeli produk Anda, atau ada karyawan yang menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ucapan terimakasih bisa diartikan sebagai sebuah penghormatan atau apresiasi. Sebuah apresiasi akan membuat seorang segan dan menghormati Anda.


Diberdayakan oleh Blogger.