Header Ads

Breaking News
recent

7 Hal Yang Harus Dilakukan oleh Customer Service di Sosial Media

Salah satu hal yang paling populer saat ini adalah sosial media. Masyarakat sekarang sudah sangat terbiasa menggunakan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Path. Anak-anak, remaja, mahasiswa, bapak-bapak, ibu-ibu bahkan mungkin nenek-nenek pun mempunyai akun sosial media. Menjamurnya sosial media ini hendaknya harus dibarengi dengan pemahaman akan fungsi dari sosial media itu sendiri, agar tidak terjadi hal yang kiranya sangat tidak kita inginkan.

Sosial media kini sudah mulai berkembang dan beralih fungsi bukan hanya sebagai akun untuk saling berkenalan, mengenalkan diri, memposting ide-ide, akan tetapi sosial media pada saat ini sudah berfungsi sebagai sarana untuk berbisnis. Hal ini juga dibarengi dengan merebaknya situs-situ belanja online. Banyak yang berfikir bahwa sosial media adalah sarana yang pas untuk mempromosikan barang-barang dagangan mereka apapun itu. Karena melalui sosial media kita bisa memperoleh banyak teman baik dari dalam daerah maupun luar daerah. Hubungan pertemanan dalam sosial media dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan jaringan bisnis, khususnya bisnis niaga atau jual beli.

Akan tetapi, janganlah Anda berfikir bahwa berbisnis menggunakan sarana sosial media akan sangat mudah dan tidak ada halangan. Halangan pasti ada dan tentunya semuanya mempunyai kekurangan, karena membutuhkan perencanaan yang matang dan waktu yang cukup lama. Beberapa kekurangan yang ada adalah jika kita berbelanja online kita tidak dapat melihat kualitas barang yagn hendak kita beli, kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan penjual, dan kita tidak mengetahui secara pasti dimana barang itu berada. Tentunya hal ini akan menjadi masalah mendasar yang harus diperhatikan oleh semua orang.

Dengan adanya masalah di atas sebaiknya Anda jika ingin membuka bisnis dan pemasarannya menggunakan sosila media, harus benar-benar mempersiapkan semuanya secara matang.

Kali ini Bisnishack akan berbagi dengan Anda, tentang 7 hal yang harus dilakukan oleh customer service di sosial media :



1. Kebutuhan Pelanggan adalah Prioritas

Semua bisnis ada untuk memenuhi semua kebutuhan dari setiap pribadi yang yang bersinggungan dengan hal ini. Anda sebaiknya mencoba untuk memahami, menggali, dan mencoba mendengarkan apa yang pelanggan Anda katakan tentang bisnis Anda, dan tentang barang yang Anda jual. Karena hal ini sangat baik untuk memajukan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Sosial media memungkinkan Anda untuk bisa berbicara secara langsung kepada para pelanggan. Social media membuat para pelanggan tersebut terlibat secara langsung untuk membangun bisnis Anda. Jika Anda dapat memanfaatkan sosial media dengan maksimal, maka hasilnya akan sangat luar biasa.

Anda bisa mendengarkan apa yang pelanggan Anda keluhkan. Sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang diungkapkan. Dengan begitu, pelanggan Anda akan merasa nyaman dengan bisnis yang Anda jalankan dan pelayanan yang Anda berikan. Hal ini akan membuat pelanggan tersebut kembali kepada Anda untuk berbelanja melalui sosial media yang Anda gunakan.

Poinnya adalah pelayanan yang baik menjadi kunci untuk menarik pelanggan agar mau kembali berbelanja kepada Anda, dan berikan kejelasan tentang alamat dan kulitas produk.


2. Menjaga Komunikasi dengan Pelanggan

Jika Anda berbisnis menggunakan sarana sosial media, ada baiknya jika Anda harus meluangkan waktu untuk terlibat percakapan dengan pelanggan Anda. Anda harus mencoba mendengarkan apa yang pelanggan anda butuhkan, bahkan Anda harus bertanya barang yang jenis dan kualitas seperti apa yang dibutuhkan?

Anda sebaiknya selalu fokus kepada apa yang pelanggan Anda butuhkan, apa yang mereka tanyakan, dan apapun yang dikatakan pelanggan Anda, Anda harus menyimaknya dengan baik. Jika Anda menjawab pertanyaan pelanggan, usahakan Anda menjawab dengan jelas. Jangan berbicara terlalu cepat, karena itu akan sulit untuk dimengerti oleh pelanggan yang kurang paham.

Anda juga harus memperhatikan nada suara Anda. Usahakan pelanggan Anda benar-benar mengerti dan paham dengan penjelasan Anda. Anda juga bisa memberi keleluasaan kepada pelanggan Anda dengan cara memberikan nomor telefon, email, dan bahkan alamat rumah Anda.

Hal ini akan menjaga hubungan Anda ketingkat yang lebih baik, dan juga dapat meningkatkan reputasi Anda di mata konsumen.


3. Sediakan Kebutuhan Pelanggan Dengan Baik

Pelanggan yang setia tidak melakukan pembelian karena mereka menginginkan produk untuk diri sendiri, akan tetapi mereka melakukan pembelian karena mereka membutuhkan produk Anda untuk memenuhi tujuan lain. Entah itu akan mereka jual kembali atau mereka benar-benar ingin memenuhi kebutuhan emosional mereka dengan menggunaka barang atau jasa yang Anda jual.

Perhatian Anda kepada para pelanggan bertujuan untuk membuat pelanggan nyaman dan dan membuat mereka menjadi lebih setia kepada Anda, hal ini berdasarkan kenyamanan yang Anda berikan. Jika Anda melakukan hal ini dengan baik, maka akan terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Bahkan dari segi emosional mereka akan merasa dekat denga Anda.

Saat Anda berhubungan dengan pelanggan Anda, ada baiknya Anda mengidentifikasi dan membuat daftar kebutuhan dari pelanggan Anda. Sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengingat dan melayani. Pelangganpun akan merasa puas karena mereka merasa diperhatikan. Berkomunikasi secara teratur dengan pelanggan dapat menjadikan diri Anda menjadi yang lebih baik.


4. Jadilah Pelayan

Pasti Anda semua pernah mendengar istilah “Pelanggan adalah raja”. Ya! Anda pasti pernah mendengarnya. Dari sini Anda bisa memahami bahwa jika pelanggan Anda ingin membeli, mereka berhak menentukan pilihan sesuai mereka dan apa yang mereka mau kita hanya menurut. Kuncinya adalah kita bersikap seperti pelayan yang benar-benar memberikan pelayanan super nyaman untuk pelanggan kita.

Anda harus bertindak sopan dan menjadikan pelanggan Anda benar-benar spesial pada hari itu. Buat pelanggan Anda merasa nyaman, merasa menjadi orang penting, dan tentunya mereka benar-benar merasa dihargai. Puji pelanggan Anda, jangan biarkan komunikasi terputus, dan selalu berterimakasih disetiap akhir percakapan.


5. Jadilah Orang Yang Dapat Diandalkan

Ini adalah kunci untuk menjalin hubungan yang baik sebagai penjual dan pembeli. Pastikan Anda selalu merespon dengan cepat terhadap apa yang pelanggan katakan. Tidak peduli apa yang sedang Anda lakukan dan dalam keadaan apapun. Ketika pelanggan mulai bercerita tentang masalah yang mereka hadapi, sebaiknya Anda mendengarkan masalah mereka, dan Anda harus bisa memberikan solusi terbaik. Jika ada hal buruk terjadi, maka cepatlah Anda mencari solusi yang kiranya memungkinkan sekali untuk saat itu,




6. Selalu Meminta Maaf Saat Menangani Keluhan

Masalah yang sering sekali dihadapi dalam bisnis melalui sosial media adalah keluhan pelanggan. Jika Anda menemukan salah seorang pelanggan Anda melakukan hal ini, sebaiknya Anda memulai tanggapan Anda dengan permintaan maaf. Karena dengan hal ini akan membuat perasaan pelanggan yang pada awalnya ingin sekali marah dapat berubah setelah mendengarkan permintaan maaf.

Tentunya permintaan maaf tersebut langsung diikuti dengan tindakan yang kiranya dapat menyelesaikan masalah secara cepat dan pasti. Misalnya dengan berjanji mengembalikan uang, akan mengganti barang, akan memberikan bonus, dan lain-lain.


7. Mengambil Langkah Ekstra

Masa depan bisnis Anda ada ditangan Anda. Anda harus selalu berusaha menjaga kesetiaan pelanggan Anda dengan cara meberikan pelayanan sebaik-baiknya, dan mungkin langkah itu akan membutuhkan waktu yang lebih ekstra daripada sebelumnya.

Tiga tips dari Bisnishack untuk menjaga kesetiaan pelanggan :
  • Jadilah pendengar, pelayan, dan luangkanlah waktu Anda untuk pelanggan Anda.
  • Jagalah komunikasi dengan baik.
  • Temukan cara untuk memperbaiki hubungan Anda dengan pelanggan Anda yang memberikan keluhan. 
Intinya, melayani pelanggan dimanapun tempatnya adalah sama. Baik melalui sosial media, pasar tradisional, mall, atau tempat lain. Anda sebagai customer service harus tetap ramah dan menghormati pelangga Anda.
Diberdayakan oleh Blogger.