Header Ads

Breaking News
recent

9 Cara Untuk Lebih Dihormati di Kantor Anda

Jika seseorang mampu menempatkan diri mereka sendiri sesuai pada situasi dan posisinya, maka ia orang lain akan menghormatinya. Menghormati usaha sendiri juga merupakan sebuah bentuk penghormatan terhadap diri Anda. Rasa hormat orang lain memang sangat diperlukan agar Anda tidak terkesan dilecehkan atau disepelekan.

Mendapatkan rasa hormat di tempat kerja dari rekan dan atasan, sama pentingnya dengan mendapatkan pekerjaan itu sendiri. Akan ada banyak sekali hal positif yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil mendapatkan rasa hormat dari rekan bahkan atasan. Anda akan merasa lebih besemangat dan produktif dalam bekerja. Rasa hormat adalah sebuah apresiasi yang tinggi dan sulit sekali untuk didapatkan. Seseorang harus berjuang dan melakukan hal terbaik untuk mendapatkannya.


Beberapa cara penting yang akan kami sampaikan dalam artikel ini adalah tentang bagaimana agar lebih dihormati saat bekerja di dalam kantor Anda. Cara-cara yang akan kami sampaikan adalah hormati orang lain, jadilah komunikatif, buat diri Anda menjadi orang yang tegas, jangan banyak berbicara, bayangkan masa depan Anda, pastikan pahami tujuan Anda, munculkan semangat Anda, pikirkan apa yang Anda miliki, dan selalu ucapkan maaf dan terimakasih.

Cara-cara yang kami sampaikan di atas tentunya hanya sebuah referensi yang bisa digunakan untuk mengatasi sedikit masalah yang dihadapi. Beberapa orang mengalami perasaan yang tidak nyaman, mereka tidak begitu diperhatiakan dan kurang dihargai di dalam kantor saat bekerja. Hal ini tentunya menjadi masalah yang berarti bagi mereka. Jika mereka tidak cepat memperbaiki hal tersebut, tentunya itu akan menjadi malah bagi karir pekerjaan atau bisnis mereka.

Bisnishack.com kali ini akan menjelaskan poin-poin yang sudah disampaikan di atas. Semuanya bertujuan sebagai referensi Anda untuk memecahkan masalah yang dihadapi, berikut penjelasannya.


1. Hormati Orang Lain


Pertama kali yang harus dilakukan agar orang lain menghormati diri Anda adalah hormatilah orang lain terlebih dahulu. Menuntut orang lain untuk menghormati diri Anda adalah hal yang tidak relevan dilakukan, terlebih lagi Anda tidak bisa menghormati orang lain. Jika terdapat rasa saling menghormati di dalam lingkungan pekerjaan, hal ini tentunya akan membantu terwujudnya situasi yang nyaman dan kondusif. Semua orang akan terasa lebih enjoy karena rasa ramah yang ditunjukkan oleh masing-masing individu.


2. Komunikatif


Seseorang yang tidak banyak bicara dan kurang bergaul dan berkomunikasi dengan teman di lingkungan kerja biasanya dinilai sombong. Maka dari itu, sebaiknya bersosialisasilah dan bergabunglah dengan teman-teman Anda. Cobalah untuk berbicara dengan teman-teman Anda, saling bertukar pikiran, saling bercerita, ini tentunya akan berdampak positif dengan pekerjaan Anda. Dengan saling bercerita juga bisa mendapatkan ide-ide yang menarik yang bisa menunjang suksesnya pekerjaan. Mungkin Anda bukanlah termasuk seseorang yang suka bicara atau tidak terlalu suka mengobrol terlalu lama. Akan tetapi, sebaiknya luangkanlah sedikit waktu untuk bergaul dengan teman kerja untuk mengurangi bahkan menghilangkan pandangan negatif terhadap Anda.


3. Buatlah Diri Anda Menjadi Orang yang Tegas

Seorang pegawai baru biasanya akan menjadi bahan ledekan dari seniornya. Mungkin pegawai baru selalu disuruh-suruh untuk membantu ini dan itu. Sama halnya jika Anda tidak memiliki sikap tegas terhadap senior atau teman, Anda akan banyak diminta untuk membantu mereka. Hal ini tentunya akan mengorbankan waktu dan pekerjaan Anda.

Jadilah seseorang yang lebih tegas! Sebaiknya Anda harus mencoba untuk mengatakan “Tidak” atau menolak suruhan mereka secara halus. Terlalu ramah dan baik terhadap teman kerja akan memiliki efek yang buruk, mereka Akan selalu menyuruh Anda melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Selalu menuruti perintah mereka akan menurunkan harga diri Anda. Untuk itu, mulailah mengatakan tidak kepada teman kerja Anda. Tolaklah perintah mereka tepat pada waktunya.


4. Jangan Banyak Bicara

Terlalu banyak bicara di tempat kerja akan membuat Anda kehilangan rasa hormat. Teman-teman kerja dapat berfikiran bahwa Anda orang yang terlalu banyak bicara dan sedikit bekerja atau mungkin seorang pembual. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk karir pekerjaan dan diri Anda sendiri. Mengurangi ucapan-ucapan yang kurang penting dan berbicara sesuai dengan tempat, waktu, dan kebutuhan akan membantu kelancaran pekerjaan Anda. Dengan begitu teman-teman kerja akan menaruh rasa hormat terhadap diri Anda.


5. Bayangkan Masa Depan Anda


Masa depan adalah sebuah misteri bagi semua orang, termasuk diri Anda. Akan tetapi, ada baiknya jika Anda membayangkannya terlebih dahulu dan menghubungkannya dengan waktu saat ini. Apa yang dilakukan saat ini akan menentukan masa depan Anda.

Hal ini dapat dijabarkan melalui sebuah contoh, jika Anda selalu dikucilkan atau direndahkan oleh teman Anda, mungkin masa depan pekerjaan Anda tidak akan sesuai dengan yang diimpikan. Akan tetapi, jika Anda mulai menunjukkan rasa hormat dan menghormati, kemungkinan untuk sukses dalam sebuah pekerjaan dangatlah besar.


6. Pastikan Pahami Tujuan Anda

Seseorang yang gagal dalam sebuah pekerjaan biasanya karena kurang memahami tujuan mereka dalam bekerja. Hanya karena tidak dihormati di dalam kantor dapat menggagalkan impian mereka. Sebaiknya pahami dulu tujuan Anda, lalu buat tujuan itu menjadi sebuah penyemangat dalam bekerja. Buatlah motivasi dari hal tersebut, dan dapatkan rasa hormat dari teman kerja Anda. Tanamkan dalam diri Anda bahwa “Saya bekerja untuk perusahaan saya dan pelanggan bukan teman saya. Hormati saya dan saya akan menghormati Anda.”


7. Munculkan Semangat Anda

Jika saat bekerja Anda dalam keadaan loyo dan kurang semangat, mendapatkan ledekan atau ejekan merupakan kemungkinan yang besar. Maka dari itu, tunjukkanlah semangat dalam bekerja, dan buat teman kerja Anda menjadi segan. Menjadi semangat dan dapat bekerja melebihi target akan menambah rasa percaya diri, hal ini akan menyelamatkan karir dan kehormatan Anda.


8. Pikirkan Apa yang Anda Miliki

Introspeksi diri adalah salah satu cara yang penting untuk mendapatkan rasa hormat di lingkungan kerja Anda. Renungkanlah tentang nilai lebih dan kekurangn Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa membuat perbaikan-perbaikan tentang diri sendiri demi mendapatkan rasa hormat untuk mendukung kenyamanan dalam bekerja.


9. Selalu Ucapkan Maaf dan Terimakasih


Dalam sebuah pekerjaan pasti selalu ada kesalahan yang dibuat entah itu kecil ataupun besar. Apalagi jika bekerja dalam kantor dan bersinggungan dengan banyak orang. Selain kesalahan dalam bekerja, sikap tolong-menolong sesama pegawai pasti juga akan tercipta. Maka dari itu, untuk mendapatkan rasa hormat dari teman sekantor, ada baiknya jika melakukan kesalahan segeralah meminta maaf dan berusaha memperbaikinya. Mengucapkan terimakasih untuk bantuan yang diberikan oleh teman sekantor juga harus selalu dilakukan. Dengan sikap seperti ini, dapat menambah rasa empati dan hormat teman kantor kepada diri Anda.
Diberdayakan oleh Blogger.