Header Ads

Breaking News
recent

Cara Mudah Mendapatkan Banyak Pelanggan dalam Waktu Singkat via Blackberry

Melalui artikel ini kami akan membahas bagaimana caranya untuk mendapatkan banyak pelanggan dalam waktu singkat. Apapun bisnis Anda, pelanggan memiliki peranan yang sangat vital. Tanpa mereka bisnis Anda tidak akan berjalan sama sekali.

Di sini kami akan membahas bagaimana mendapatkan banyak calon pelanggan menggunakan Blackberry. Blackberry Messenger seperti kita ketahui adalah aplikasi chatting yang terdapat di hampir semua smartphone. Menjadikannya sebagai metode menjangkau pelanggan sangatlah efektif. Hal ini karena kita dapat langsung mengakses mereka ke handphone yang dibawa sepanjang hari.



Berikut beberapa langkah mudah untuk mendapatkan pelanggan:

1) Build Audience

Nah ini yang paling penting. Build Audience. Marketing is game of numbers. Makin banyak orang yang ada di kontak Blackberry Anda. Makin besar kemungkinan Anda untuk sukses.


2) Buat Brand (Merk Dagang yang Memiliki Reputasi Bagus)

Saat ini fenomena reseller sedang menjamur di Indonesia. Konsumen mulai bertanya-tanya dari tangan ke berapakah dia membeli barang ini. Jika kita masih menggunakan nama pribadi kita, maka akan lebih sulit untuk berkembang.

Kenapa? Karena jika kita memulai bisnis dengan nama pribadi kita, audience yang akan kita dapat adalah orang-orang yang sudah mengenal kita. Memang ini terlihat bagus di awal, akan tetapi seiring dengan makin besarnya usaha kita, orang-orang yang berbisnis menggunakan nama pribadi akan mulai kewalahan menangani pemesanan.

Nama pribadi kita juga dijadikan sebagai garansi oleh konsumen. Kebanyakan dari konsumen akan punya hubungan personal dengan kita, sehingga dia hanya mau order jika kita yang mengurus. Kita pun menjadi susah untuk mendelegasikannya. Nama pribadi juga bisa dikaitkan dengan terlihat kecil dan tidak professional.

Tentu hal ini tidak berlaku jika Anda mempunyai nama besar, terkenal di bidang Anda, public figure, artis, dikenal oleh banyak orang, dst. Ini malah akan menjadi personal branding yang sangat kuat.

Tapi saran saya, pilih nama usaha Anda terlebih dahulu untuk saat ini. Cari nama unik yang bisa dikaitkan dengan karakter bisnis Anda.

Garuda : Besar, Aman, Nyaman
Indomie : Pelopor, Enak, Murah
Nike : Sehat, Olahraga, Keren
Apple : Sosial Status, Terbaik, Kualitas

dan seterusnya.

Saat kita mulai mendapatkan pelanggan pertama kita. Saat itu jugalah kita akan memiliki reputasi(track record).

Buatlah satu nama unik yang menurut Anda mewakili karakter usaha Anda. Tanyakan setidaknya ke 5 orang luar mengenai nama tersebut. Jika 3 orang mengatakan nama itu bagus dan unik. Pakailah nama itu. Ingat kita membuat nama ini untuk dipasarkan ke orang lain. Jadi mintalah pendapat orang lain mengenainya.


3) Pilih Kategori

Produk sudah ada. Tentukan produk Anda masuk katagori apa. Contoh pelangsing badan bisa masuk ke katagori kesehatan atau kecantikan, bisa juga keduanya sekaligus.

Jaket kulit bisa masuk ke dalam katagori otomotif(aksesoris) bisa juga fashion. Mengetahui ini akan makin memudahkan Anda menentukan target pasar.



Cara Mendapatkan Audience


a) Natural

Pertama, cara yang paling efektif adalah bilamana orang-orang yang ingin beli produk Andalah yang meng ADD pin BB Anda. Proses ini bisa terjadi dari misalnya calon customer melihat brosur, poster, iklan produk Anda dan melihat kontak PIN BB Anda di sana.

Calon pembeli ini sangat mudah dirubah menjadi pembeli/pelanggan. Hal ini karena dari awal mereka sudah menunjukkan minat kepada produk yang kita jual. Yang perlu kita lakukan adalah menanyakan apa yang mereka butuhkan, menghilangkan kekhawatiran yang mereka punya. Contoh jika mereka mempermasalahkan ongkos kirim yang mahal. Anda bisa memberikan alternatif jasa pengiriman yang lain. Atau bisa jadi Anda berikan gratis ongkos kirim.

Intinya adalah LISTEN (Dengarkan) pelanggan kita terlebih dahulu. Jika kita bisa memahami apa yang mereka pikirkan dan inginkan maka kita bisa memberikan solusi yang tepat mengenai sasaran.


b) Targeted Segmented

Cara yang kedua, Invite PIN Blackberry Messenger yang bisa Anda temukan. Rumus sukses untuk hal ini adalah. PILAH dan PILIH.

Anda harus memilah-milah PIN BBM siapa yang ingin Anda invite untuk menjadi kontak Anda.
Kembali ke bahasan sebelumnya mengenai pemilihan katagori.

Di sini Anda dituntut untuk cerdas memilih siapa target pasar yang ingin Anda masukkan sebagai kontak.

Contohnya jika Anda adalah seorang produsen barang yang mencari reseller. Sebaiknya Anda invite PIN BBM toko-toko online atau orang-orang yang kira-kira adalah seorang reseller. Jika ingin tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Spesifikan lagi katagorinya. Misalnya Anda adalah produsen tas batik, maka sebisa mungkin invite PIN BBM orang-orang yang sudah berjualan, distributor, reseller produk-produk batik atau bisa juga fashion.

Melalui cara ini, Anda sudah mendapatkan target pasar yang tepat. Anda bisa mulai menawarkan kepada para online shop itu untuk ikut memasarkan produk Anda. Berikan penawaran menarik spesial bagi mereka seperti tanpa minimum order, dropshiping, gratis ongkos kirim, dan sebagainya. Ingat. Hitung dahulu berapa biaya produksi dan biaya promosi yang sudah Anda alokasikan.

Karena mereka sudah biasa berjualan barang-barang dengan katagori batik, maka mereka juga sudah memiliki pasar dan reputasi dalam bidang tersebut. Hal itu pastinya memudahkan mereka untuk menjual barang Anda.

Hitungannya kira-kira begini. Jika Anda memiliki 100 Reseller yang berkualitas. Anggap tiap reseller yang sudah Anda pilih itu memiliki 1000 kontak. Maka secara serentak ada 100.000 calon pelanggan yang potensial mengetahui tentang produk Anda.

Kunci sukses di sini juga ditentukan seberapa bagus dan menarik gambar yang Anda miliki, begitu juga dengan sales script atau kata-kata deskripsi penjualan Anda. Itu harus dahsyat..hehe.. Tulis.. koreksi.. tulis.. koreksi.. makin lama makin sempurna.

Hal yang sama berlaku juga bagi Anda yang ingin langsung jualan ke customer. Contohnya jika Anda menjual hijab. Maka mulailah mencari kontak PIN BBM orang-orang yang berumur kisaran 18 - 35 tahun, muslim, perempuan, menggunakan jilbab. Makin spesifik kontaknya. Makin dahsyat peluang Anda untuk sukses.


c) Jumlah

Saya sarankan jumlah kontak yang minimal Anda miliki adalah 2000 orang. MINIMAL. Kalau bisa 5000 orang itu jauh lebih bagus. Jadi sekarang mulai tambahkan kontak PIN BBM orang-orang sesuai dengan target pasar Anda.

Bagaimana caranya mendapatkan jumlah PIN BBM sebanyak itu. Ini tipsnya :


  1. Minta list kontak dari teman-teman terdekat Anda. Menggunakan Blackberry  Desktop Manager Anda bisa mengelolanya dengan mudah. Sebagai misal, teman Anda memiliki 400 kontak BBM, maka dari 5 orang teman saja Anda bisa memiliki 2000 kontak PIN BBM.
  2. Cari di Google. Saat ini terdapat banyak database PIN BBM yang tersebar di internet. Anda bisa menggunakan keyword seperti “Daftar PIN BBM” , “List PIN Blackberry”, “Daftar PIN BB Online Shop”, dan seterusnya. Ada beberapa situs seperti di kaskus, facebook page, twitter yang menyediakan list PIN BBM ini. Anda bisa memilah dan memilih siapa saja yang ingin Anda invite ke dalam BBM Anda
  3. Buat pesan berantai dengan daftar list dari Anda.

 Contoh: "Ingin punya banyak teman? Add semua PIN ini, masukkan PIN BBM kamu ke dalam list dan Broadcast ke semua kontak kamu. 
Andre 2a9baba8Rhino 28b811ba. 
Desi Fashion 2b1f22cc. 

Ayo ADD Semua PIN di atas, sebarkan, dan rasakan manfaatnya punya banyak kontak”

Tapi metode ini kurang efisien untuk kualitas kontak yang Anda miliki, karena Anda tidak bisa memilih siapa saja yang akan menjadi kontak Anda.


d) Saluran Komunikasi

Dalam bisnis ada yang dinamakan dengan cashflow atau saluran keuangan. Saluran keuangan pengeluaran contohnya sewa rumah, bayar gaji karyawan, belanja bahan baku, dsb. Makin banyak saluran yang ada makin cepat uang kita berkurang.

Begitu juga dengan pemasukan, makin banyak saluran yang terbuka, makin besar peluang kita dapat lebih banyak uang. Dalam bisnis online hal ini juga berlaku. Sebisa mungkin buka semua saluran komunikasi Anda. Sehingga peluang mendapatkan customer bisa lebih banyak.

Dalam Blackberry kita bisa menggunakan berbagai metode saluran komunikasi. Seperti Blackberry Messenger, Yahoo Messenger, Facebook, Twitter, Instagram dan Path (untuk Android), WeChat, Kakaotalk, Line, WhatsApp dan sebagainya.

Sebaiknya aktifkan semua fitur di atas untuk mendapatkan hasil lebih banyak. Bahkan Saya sarankan Anda memiliki minimal 2 nomor handphone dari operator yang berbeda. Orang Indonesia masih memiliki kebiasaan malas untuk menghubungi orang yang beda operator handphone.

Dengan membuka saluran-saluran komunikasi ini. Anda akan membuka pintu-pintu rejeki Anda juga.
Diberdayakan oleh Blogger.