Header Ads

Breaking News
recent

24 Bisnis Untuk Anak Muda Dengan Modal Kecil

Virus entrepreneur sedang menjangkit generasi muda Indonesia. Penyebarannya sangat sangat cepat. Hampir semua orang ingin jadi entrepreneur. Mereka ingin menjadi pengusaha muda, menjadi bos dari bisnisnya sendiri. Namun, keinginan saja tidaklah cukup. Kita harus bertindak. Bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang dijalankan, bukan bisnis yang hanya diwacanakan. Kadang setiap kita ingin melangkah, ada saja kendala yang dihadapi, tidak ada ide, tidak ada partner, tidak ada tempat, tidak ada waktu dan yang paling sering adalah tidak ada modal. Kalau Anda mengikutinya, alasan-alasan tersebut tidak akan pernah ada habisnya. Dalam kesempatan kali ini, tim BisnisHack akan membahas 24 bisnis yang bisa Anda lakukan  dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali. Berikut daftarnya:


MC


Master of Ceremony atau pembawa acara adalah pekerjaan yang sangat mudah bagi orang-orang yang senang berbicara di depan publik. Jika Anda tidak termasuk diantaranya, Anda bisa membuat manajemen jasa penyedia MC. Kumpulkan teman-teman Anda yang suka berbicara dan tawarkan service ini ke banyak orang.


Menjadi pelatih olahraga


Pelatih olahraga dibutuhkan oleh semua tim olahraga, mulai dari level kampung, sekolah SD, SMP, SMA, Universitas bahkan tim resmi di level atas. Ini bisa Anda lakukan dengan mudah jika Anda menyukai olahraga tersebut. Paling mudah jika Anda memiliki prestasi dalam bidang tersebut. Anda bisa menawarkan jasa Anda ke mantan tim Anda.


Promosi Event

Semua event yang diadakan di kota tempat Anda tinggal pasti membutuhkan promosi. Anda bisa membuka bisnis spesialis promosi event. Mulai dari penyebaran brosur, poster, sosial media sampai aksi-aksi heboh yang bisa mendatangkan banyak orang.


Servis Transportasi

Anda punya motor? Bagus, itu adalah aset berharga. Sewakan motor tersebut, bisa harian, mingguan dan bulanan. Tingkatkan omzet Anda dengan menambah unit kendaraan. Bisa dari teman-teman sekitar, ataupun kredit motor bekas. Selain sewa, Anda bisa juga menyediakan jasa taxi motor. Gunakan media sosial untuk promosi lebih luas.

Perawatan Hewan Peliharaan


Saat ini banyak orang kaya yang memiliki hewan peliharaan. Tapi mereka tidak punya waktu untuk mengurusnya. Pembantu rumah tangga pun tidak semuanya mengerti tentang cara mengurus hewan. Anda bisa menawarkan solusi atas masalah tersebut.

Buatlah jasa perawatan hewan. Mulai dari mengajak jalan-jalan, membersihkan kandang, perawatan salon sampai membawanya ke dokter hewan. Antar-jemput mahasiswa dari luar daerah Mahasiswa luar daerah pasti membutuhkan transportasi untuk datang dan pergi ke daerahnya. Anda bisa membuka bisnis ini. Tawarkan rute tujuan ke berbagai kota. Buat paket pulang pergi untuk libur tengah semester, libur semester, mudik lebaran sampai libur-libur panjang.


Desain

Anda merasa jago desain? Buka jasa desain. Mulai dari desain logo, kaos, poster, brosur sampai website. Pasti banyak peminatnya. Buat website professional agar Anda terlihat lebih terpercaya.


Menulis Freelance


Menulis bisa dilakukan dimanapun. Hanya butuh komputer untuk menulis dan internet untuk mengirim hasilnya. Anda tidak punya komputer pribadi/laptop. Pergi ke warnet. Bisnis yang sangat murah modalnya.


Salon

Salon di sini bukan berarti Anda membuka tempat di pinggir jalan raya. Anda bisa menawarkan paket eksklusif datang ke rumah-rumah secara personal. Buat materi pemasaran melalui sosial media untuk menunjang bisnis Anda ini.


Jual-Beli Online

Beli barang-barang secara online, kemudian jual lagi secara online juga. Akan lebih hebat lagi jika Anda bisa jual dulu baru beli. Seperti menggunakan sistem reseller atau dropshiping. Bisnis ini bisa dikatakan hampir tanpa modal sama sekali.


Baby sitter

Punya waktu lebih? Buatlah jasa penjaga anak. Di kota besar banyak yang membutuhkannya. Biasanya ketika suami dan istrinya sama-sama bekerja. Anda bisa membesarkan service ini dengan menambah jumlah pengasuh di bawah bendera perusahaan Anda.


EO

Event Organizer adalah bisnis yang sedang digandrungi anak muda. Bisnis mudah dan datangnya musiman. Jika sukses sekali kerja hasilnya bisa dipakai hidup untuk berbulan-bulan ke depan. Sungguh menyenangkan. Tapi hati-hati juga, ketika rugi, Anda bisa juga tidak makan berbulan-bulan. Event di sini bisa dalam berbagai bentuk. Mulai dari seminar, workshop, lomba, olahraga, sampai pernikahan.


Career Counseling

Banyak anak muda galau memikirkan masa depan. Terlebih lagi yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Mereka bingung mau kerja di mana. Anda bisa berperan sebagai ahli dalam bidang karir. Arahkan mereka sebaiknya bekerja di mana dan bidang apa. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.


Berkebun

Berkebun bisa dilakukan di mana saja. Cobalah di halaman depan atau belakang rumah Anda terlebih dahulu. Jika tidak ada tanah. Anda bisa menggunakan pot plastik. Jika skalanya membesar sewalah tanah pekarangan. Saat ini sedang cukup booming tanaman-tanaman organik. Anda bisa bermain di pasar ini.


Membersihkan Tempat Publik

Banyak tempat umum yang sangat kotor. Terlebih lagi setelah diadakan acara. Kontes musik misalnya. Tawarkanlah jasa cleaning service professional.


Pelatih Fitness

Punya bentuk badan yang bagus? Hobi fitness? Bagus sekali. Anda bisa menawarkan keahlian ini sebagai pelatih fitness. Pelatihan bisa dilakukan di tempat-tempat fitness/gym di sekitar tempat Anda tinggal. Jika ingin lebih merasakan hasilnya, bukalah kelas private. Biasanya orang-orang kaya siap membayar mahal untuk service yang satu ini. Terlebih lagi jika Anda menguasai hal tentang nutrisi dan gizi.


Menjadi Tutor Les

Merasa pintar di salah satu pelajaran? Atau bahkan semua pelajaran? Buatlah lembaga bimbingan belajar. Mulai dari kursus privat atau malah kelas sekalian. Demand untuk jasa ini cenderung naik. Apalagi untuk anak-anak kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA. Mereka sedang mempersiapkan untuk menghadapi ujian nasional.


Membuat Kartu Undangan

Kartu undangan pernikahan mudah dibuat. Pencetakannya juga bisa kerjasama dengan pihak lain. Buatlah desain yang menarik dan berbeda dari yang lain. Selain itu Anda bisa juga sekaligus menawarkan jasa penyebaran kartu undangan tersebut.


Fotografi dan Videografi

Hampir semua event yang diselenggarakan membutuhkan jasa ini. Mulai dari pernikahan, wisuda, lomba, pentas seni, konser musik sampai sunatan. Peralatannya pun bisa Anda dapatkan dengan cara menyewa.


Jasa Delivery


Gunakan motor atau mobil pribadi Anda untuk mengantarkan barang. Barang yang diantarkan bisa sangat beragam. Mulai dari surat, dokumen, barang-barang, makanan bahkan sampai ASI sekalipun.


Menjual Barang Kerajinan yang Unik

Buatlah kerajinan tangan yang unik. Orang akan sangat menghargai barang-barang yang dibuat dengan tangan. Karya ini bisa Anda jual dengan harga yang mahal. Perhatikan kemasan produk untuk hasil yang lebih maksimal.


Menjahit

Bisa menjahit? Tawarkan jasa Anda ini. Bisa dimulai dari rumah. Pasang papan menerima jahit di depan rumah Anda. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan media sosial. Sebagai pembeda, Anda bisa juga menawarkan jasa antar ambil jahit. Ini akan memberikan nilai tambah tersendiri.


Menari dan Menyanyi

Kedua bakat ini banyak dibutuhkan untuk mengisi acara-acara yang ada. Semakin sering Anda mengisi acara, semakin cepat Anda dikenal oleh masyarakat  luas. Jika mereka senang dengan penampilan Anda, dengan mudah Anda akan kebanjiran order. Bentuk tim penari untuk menjadikan nilai tambah bagi bisnis Anda.


Bisnis Online

Terakhir adalah bisnis online, bisnis ini adalah bisnis yang sedang digemari anak muda. Sangat banyak pengusaha muda memulai bisnisnya secara online. Ada yang sebagian online, seperti distro yang dipasarkan melalui sosial media. Ada juga yang semuanya online, seperti membuat applikasi atau software.

Apapun itu, bisnis tipe ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu sedikit mengerti mengenai internet dan konsep sosial media. Bisnis Anda pun siap diluncurkan. Anda juga bisa bekerjasama dengan beberapa produsen untuk memasarkan produk mereka secara online.


Itulah 24 jenis bisnis yang bisa dilakukan dengan modal minimalis. Selamat berbisnis. Salam sukses.
Diberdayakan oleh Blogger.