Header Ads

Breaking News
recent

8 Hal yang dilakukan Orang Sukses Sebelum Sarapan

Semua orang tentu ingin sukses. Ada dua cara untuk menjadi sukses. Pertama, jangan pernah lakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang tidak sukses. Kedua, lakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang sukses.

Terlihat mudah bukan? Tentu Anda tidak boleh menelan dua nasihat di atas dengan mentah-mentah. Kita tetap perlu memilih dan memilah mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Saat mempelajari kebiasaan orang sukses, ada beberapa hal yang unik mereka lakukan sebelum sarapan. Hal-hal ini mereka percaya dapat meningkatkan produktivitas dan membuat mereka semangat sepanjang hari.

Apa saja hal-hal tersebut, berikut 8 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses sebelum sarapan :



1. Bangun Pagi

Ada survey yang dilakukan ke 20 orang top eksekutif di dunia. 90% dari mereka selalu bangun sebelum jam 6 pagi. Mungkin bagi mayoritas umat muslim di Indonesia, mereka diwajibkan bangun pagi untuk sholat Subuh. Tapi banyak yang setelah sholat kembali melanjutkan tidur.

Atau untuk yang berada di Jakarta, bangun pagi adalah sebuah kewajiban. Jika kesiangan sedikit saja bangunnya, dipastikan sampai kantor akan benar-benar terlambat.

Apa yang membuat bangun pagi menyenangkan? Ternyata makin pagi kita bangun, kita akan merasa fresh dan nyaman. Kita tidak terburu-buru untuk mengejar aktifitas kita. Dikatakan minimal kita harus bangun 2 jam sebelum aktifitas rutin kita dimulai.


2. Olahraga

Olahraga yang dilakukan bisa beragam jenisnya. Mulai dari berenang, jogging, yoga, fitness, sampai sekedar jalan kaki keliling komplek perumahan.

Dahlan Iskan, Menteri BUMN Republik Indonesia, mengatakan dengan olahraga rutin tiap pagi badannya terasa segar dan bersemangat. Energi yang beliau keluarkan di pagi hari menambah semangatnya sepanjang hari. Beliau jika di Jakarta, rutin jogging di arena monas setiap pagi.

Cobalah untuk rutin berolahraga minimal 3 kali seminggu dengan durasi sekali olahraga minimal 20 menit. Badan Anda akan terasa jauh lebih ringan dan nyaman. Apalagi saat ini banyak aktifitas kerja yang kita lakukan dengan duduk di belakang layar sepanjang hari.

Setelah 3 bulan rutin berolahraga ritme hidup kita akan mulai berubah. Kita akan lebih semangat dalam menjalani hidup. Sifat optimis kita seperti dilecut kembali karena badan kita pun berkata demikian.

Sifat malas kita juga akan jauh berkurang, karena bagaimanapun our emotion created by our motion, emosi kita diciptakan oleh gerakan kita. Akan sangat sulit bagi orang untuk bersedih sambil loncat-loncat dengan tangan ke atas, menengadah dan tersenyum.

Begitu juga sebaliknya, akan sangat sulit bagi kita untuk gembira saat kita dalam posisi merunduk melihat ke bawah, muka masam dan cemberut.

Jadi tunggu apalagi, segera ambil sepatu olahraga Anda dan ciptakan badan yang sehat.


3. Meditasi

Meditasi adalah  kegiatan untuk menenangkan pikiran. Kita bisa membuat diri kita merasa sangat nyaman dengan melakukan ini. Cara meditasi termudah adalah dengan duduk bersila di tempat yang tenang. Pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan pelan-pelan.

Saat ini kegiatan meditasi mulai digemari. Apalagi oleh orang-orang yang super sibuk. Mereka dapat menenangkan pikiran dengan cepat melalui meditasi.

Dalam proses meditasi kita bisa melihat berbagai hal, masalah dan peluang dalam hidup dengan lebih jernih. Hati kita tenang dalam memikirkan keaadan tersebut.


4. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga

Keluarga adalah bagian sangat penting bagi setiap orang. Keluarga adalah perwujudan dari orang itu sendiri. Seiring sibuknya jadwal masing-masing anggota keluarga, orang sukses biasa berkumpul dengan keluarga di pagi hari. Hal itu dirasa waktu yang paling fleksibel bagi semua orang. Karena semua anggota keluarga tidur di rumah. Jadi ketika bangun semua ada di rumah.

Berbeda dengan siang maupun malam hari. Dengan aktifitas yang sangat padat, sulit sekali untuk bertemu dengan keluarga.

Orang sukses benar-benar menjaga kualitas waktu ketika bersama keluarganya. Kegiatan yang paling banyak mereka lakukan adalah berdiskusi dan bercerita mengenai kegiatan masing-masing anggota keluarga.


5. Networking sambil minum kopi

Networking adalah bagian penting dari hidup seorang pengusaha. Mereka membutuhkan banyak orang untuk sukses. Cara untuk menjalin relasi ada banyak.

Orang sukses biasa melakukan pertemuan dengan jaringan terpentingnya pada pagi hari. Karena di saat itulah pikirannya masih sangat fresh.

Pertemuan-pertemuan ini biasanya bersifat kasual, seperti sambil minum kopi di teras rumah.


6. Mengerjakan proyek pribadi sesuai passion

Orang super sukses biasanya memiliki banyak kegiatan dan proyek. Mereka terbiasa mengerjakan banyak bisnis dalam satu waktu. Termasuk proyek yang sesuai dengan passion mereka.

Biasanya pengerjaan proyek-proyek ini mereka lakukan di pagi hari. Proyeknya bisa jadi seperti menggambar atau membuat buku.


7. Menyelesaikan Pekerjaan Penting

Selain proyek pribadi, mereka terbiasa juga menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan penting yang menjadi prioritas di pagi hari. Seperti Afrig Wasiso, CEO Benara, dia mengatakan bahwa menyelesaikan pekerjaan saat bangun tidur itu mengasyikan.

Hal itu karena saat bangun tidur, belum banyak gangguan yang muncul. Pikirannya bisa benar-benar dia fokuskan untuk mengejarkan apa yang penting. Dan biasanya pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa selesai dalam waktu yang singkat.


8. Membuat rencana dan strategi

Orang sukses sudah tahu apa yang mau dia lakukan. Dia paham apa yang dia inginkan dan bagaimana cara mencapainya. Kuncinya ternyata ada dalam pembuatan rencana dan strategi.

Mereka biasa menulis segala rencana, tujuan dan bagaimana cara untuk mewujudkannya. Waktu paling efektif untuk menulisnya adalah di pagi hari. Mereka membuat rencana kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan di hari itu.

Tidak hanya itu, strategi-strategi penting untuk bisnis juga paling bagus dihasilkan di pagi hari, sendirian, saat pikiran masih fresh.


Itulah 8 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses sebelum sarapan. Bagaimana jika Anda tidak pernah sarapan? Pikirkan jawabannya sendiri.
Diberdayakan oleh Blogger.