Header Ads

Breaking News
recent

8 Bisnis Potensial yang Bisa Dilakukan oleh Anak Kuliah

Kebanyakan mahasiswa saat ini ingin sekali hidup mandiri. Mereka merasa tidak ingin terlalu banyak membebani orang tua mereka. Kemudian, mereka mencari jalan keluar dari masalah yang mereka hadapi. Jalan yang biasanya ditempuh oleh mahasiswa adalah dengan mencari pekerjaan paruh waktu dan membuka bsinis sampingan. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan mereka dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka bahkan dapat membantu untuk membiayai kuliah.

Pekerjaan atau usaha apakah yang dapat mereka kerjakaan? Pertanyaan ini selalu muncul di dalam benak para mahasiswa. Terlebih lagi mereka mempunyai kesibukan sebagai mahasiswa. Jika mereka melakukan sebuah perkerjaan sementara mereka juga harus sibuk pergi kuliah, hal ini akan sangat sulit untuk dilakukan. Karena seorang mahasiswa jarang sekali mempunyai waktu luang yang benar-benar penuh selain hari libur. Mereka akan disibukan dengan banyak sekali tugas kampus.

Jadi bagaimana seorang mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan tambahan, jika waktu mereka banyak dihabiskan untuk belajar?


Kini Bisnishack hadir memberikan pilihan kerja sampingan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa. Anda sebagai seorang mahasiswa dapat mempunyai penghasilan tambahan dengan cara membuka bisnis ampingan. Bisnis sampingan tidak banyak membutuhkan waktu, bisnis ini juga bisa dibantu oleh orang lain. Lalu, taukah Anda bisnis apa saja yang bisa Anda kerjakan?
Berikut pilihan kerja sampingan untuk Anda.


1. Mengajar Les Privat

Pekerjaan ini tentunya akan sangat mudah dilakukan oleh mahasiswa yang sesuai dengan bidangnya. Misalanya, mahasiswa yang berkuliah jurusan matematika bisa dengan mudah mengajar matematika. Mengajar les tidak membutuhkan waktu yang lama, tentunya Anda tau tempat-tempat les pelajaran tambahan saat ini.

Kebanyakan tempat les hanya mengajarkan   60 sampai dengan 90 menit untuk setiap mata pelajarannya. Anda sebagai mahasiswa pasti memiliki waktu luang lebih dari  2 jam setiap harinya. Maka, apa lagi yang Anda tunggu? Lakukanlah kegiatan ini, mengingat tariff les privat saat ini sangatlah menjanjikan. Satu mata pelajaran seperti matematika, kimia, dan fisika mempunyai tariff yang sangat mahal. Sekitar 50-70 ribu per jam atau per 90 menit.

Mungkin Anda bingung bagaimana mempromosikannya? Buatlah tulisan seperti iklan, dan tempelah di papan pengumuman yang ada di sekolah-sekolah. Maka tunggulah, pasti telpon akan berbunyi karena pelanggan menanti Anda di rumah mereka.


2. Desain

Usaha dalam bidang desain juga dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa. Akan tetapi, mahasiswa tersebut haruslah memiliki keahlian khusus dalam bidang desain. Mengingat dunia desain memerlukan pengetahuan, keahlian, dan kreatifitas yang tinggi. Bagi mahasiswa yang sesuai dalam bidangnya tentunya hal ini akan menjadi sangat mudah dilakukan. Setelah Anda membaca artikel ini, janganlah ragu untuk segera membuka jasa desain baik itu desain grafis, edit foto, desain website, dan lain-lain.


3. Berjualan Makanan

Bisnis dalam dunia kuliner memang selalu menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Hal ini akan terwujud dengan disertai dengan inovasi dan evaluasi yang terus-menerus dilakukan. Biasanya usaha dalam bidang kuliner banyak sekali dilakukan oleh mahasiswa. Banyak yang melakukan hal ini karena hanya ingin menyalurkan hobi memasak merka. Akan tetapi, kebanyakan mahasiswa pada umumnya melakukan hal ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Poin penting dalam melakukan bisnis ini adalah makanan yang dijual enak, bahannya mudah ditemukan, bersifat ringan. Usahakan Anda membidik mahasiswa lain atau orang yang memiliki kesibukan sebagai konsumennya. Karena kebanyakan mahasiswa dan orang yang memiliki kesibukan lebih banyak membeli makanan daripada mereka harus memasak.


4. Jual Pulsa

Usaha seperti ini cocok untuk mahasiswa karena tidak membutuhkan modal yang banyak, tempat, dan peralatan yang mahal. Poin pentingnya adalah masayarakat saat ini sudah banyak yang memiliki telepon genggam. Jadi pastilah setiap orang yang memilikinya membutuhkan pulsa. Jadi bisnis ini sangat mudah dilakukan. Memang bisnis pulsa keuntungannya kecil, akan tetapi jika kita rajin dan konsumen kita banyak tentulah semuanya akan menjadi besar. Bisnis pulsa juga mempunyai resiko kerugaian yang kecil, karena jika tidak laku terjual, pulsanya bisa Anda pakai sendiri.


5. Menjadi Reseller

Menjalani bisnis reseller bisa dibilang cukup mudah jika dikerjanan oleh seorang mahasiswa. Alasannya adalah kita hanya menjual produk yang sudah ada, dan kita menjualnya ulang kepada orang lain dengan harga yang sudah dinaikkan agar kita mendapat keuntungan. Lebih enaknya, bisnis ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui website, jejaring sosial, disela-sela kesibukan, dan lain-lain. Percayalah, dimana kita menebar seribu umpan pasti ada ikan yang memakannya.


6. Membuka Distro

Banyak orang beranggapan bahwa barang yang dijual di distro harganya mahal dan kualitasnya sama saja dengan pasar atau di toko baju biasa. Saat ini banyak sekali mahasiswa yang membuka bisnis distro dengan harga yang lebih terjangkau. Banyak mahasiswa yang membuat sendiri logo distro mereka. Tentunya mereka selalu menambahkan kreatifitas didalamnya agar terlihat lebih unik dan berbeda dari yang lainnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak, hanya barang yang hendak dijual seperti kaos, topi, celana, baju dan lain-lain. Barang-barang tambahannya dalah perlengkapan untuk sablon dan tempat pemasaran yang tepat.

Janganlah takut untuk tidak laku, karen Anda pasti tahu bahwa dunia anak muda selalu berhubungan dengan dunia mode. Jadi, akan banyak sekali penggunjung yang datang jika Anda selalu update dan melakukan inovasi.


7. Baby Sitter

Menjadi seorang baby sitter adalah pekerjaan yang mudah. Mungkin ada baiknya jika pekerjaan ini dilakukan oleh wanita. Karena, kebanyakan wanita memiliki kelembutan dan disukai oleh anak kecil. Bagi mahasiswi yang sedang mencari biaya tambahan mungkin jalan ini akan pas dengan Anda. Sebelum Anda melamar pekerjaan tersebut lebih dahulu tanyakan pada diri sendiri apakah Anda cocok dengan dunia anak-anak?

Menjaga seorang anak-anak dapat dilakukan sambil Anda belajar, yang terpenting anak tersebut selalu dalam pengawasan Anda. Maka, jika Anda siap jangan ragu untuk melakukannya.


8. Layanan Pindah Rumah

Seorang mahasiswa juga bisa melkaukan hal ini. Menerima jasa layanan pindah rumah. Anda tinggal pandai-pandai mengatur jadwal kuliah Anda, dan menerima pekerjaan tersebut disaat jam kosong atau hari libur. Modalnya juga tidak banyak terlebih lagi Anda memiliki kendaran bermotor sendiri. Misalkan  tidak mempunyai kendaraan bermotor, Anda bisa bekerja sama dengan jasa angkut yang saat ini mudah Anda temui di jalan-jalan.
Diberdayakan oleh Blogger.