Header Ads

Breaking News
recent

4 Tips Untuk Lebih Produktif Dalam Bekerja

Pernahkah Anda bekerja di pagi hari, tapi Anda merasa lebih produktif? Atau Anda bangun tidur kemudian bekerja, namun merasa kurang produktif dan banyak hal yang dipikirkan?

Suatu pagi, mungkin Anda terbangun dengan perasaan bahwa Anda lebih produktif daripada orang lain. Tapi ada juga hari-hari ketika Anda bangun dan merasa benar-benar malas. Itu wajar. Namun ketika malas dan banyak hal yang harus dikerjakan, Anda harus menemukan stimulus yang bagus untuk meningkatkan kreativitas. Anda harus menemukan semacam rangsangan, atau suntikan semangat untuk otak kanan dan otak kiri agar aktif sehingga kinerja menjadi lebih produktif, dan hari kerja menjadi menyenangkan.

Banyak orang mencoba untuk rileks di pagi hari dengan minum kopi. Mereka sadar bahwa minum kopi dipagi hari dapat membuat mereka menjadi lebih bersemangat dalam bekerja seperti orang pada umumnya. Akan tetapi, kenyataannya tidak demikian. Entah mengapa, minum kopi di pagi hari justru seringkali menyebabkan banyak orang merasa lebih lelah di siang hari, dan energi mereka cepat terkuras. Ternyata itu bukan solusi.

Satu hal yang menyenangkan adalah ketika kita sangat produktif dan dapat menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab kita. Dan itu ada caranya. Ini merupakan sebuah suntikan semanga. Saya harus segera menyelesaikan pekerjaan yang saya kerjakan. Sehingga saya dapat pulang untuk pergi berpesta dengan teman-teman, menonton TV, berbelanja atau melakukan hal lain yang menyenangkan.

Jadi, ketika Anda benar-benar merasa lesu, keluarlah 5 menit dari waktu bekerja dan tulislah 3 dari tugas Anda yang harus segera diselesaikan, sehingga Anda bisa termotivasi untuk mengatasinya.Buatlah perjanjian dengan diri sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah Anda catat dan selesaikanlah pada hari itu juga.

Jadi, inilah triknya.

Mulailah hari Anda dengan tugas yang sudah ditulis dan direncanakan, dan harus selesai saat itu juga. Jangan mengalihkan fokus pada hal dan pekerjaan lain sebelum pekerjaan itu selesai.

Dengan cara ini, Anda bisa memulai dan menyelesaikan pekerjaan dengan positif dan produktif. Ditambah lagi, Anda akan merasa bangga dan berprestasi pada saat Anda dapat menyelesaikan tugas, dan merasa berprestasi ketika pekerjaan tersebut selesai pada hari itu.

Nah, berikut adalah beberapa tips dari BisnisHack, bagaimana menjadi lebih produktif dalam bekerja :



1. Lakukan Sedikit Gerakan

Kadang-kadang suatu hal yang tak terduga justru akan menghasilkan hasil terbaik. Ketika Anda menghadapi hari dengan jadwal yang sangat sibuk, berpikirlah betapa senangnya kalau Anda dapat berbaring santai dan ditemani dengan beberapa makanan kecil dan sebuah buku yang bagus. Nyaman sekali, bukan?

Anda bisa mencari beberapa pakaian lama dan pergi berkebun untuk merileksasikan pikiran. Anda juga bisa memutar musik dan melakukan beberapa gerakan yang membuat perasaan terasa nyaman dan benar-benar dapat mengembalikan semangat dalam bekerja. Itu adalah sebuah kegiatan sederhana yang dapat mengubah energi Anda serta sikap.

Keluarlah dari zona nyaman Anda ketika anda sedang merasakan kebosanan. Lakukanlah hal yang membuat pikiran jadi lebih fresh!


2. Jalan-Jalan

Ketika Anda merasa bahwa diri Anda tidak lagi dalam keadaan produktif, seringkali Anda akan merasa bahwa sudah waktunya untuk melakukan kegiatan lain. Entah itu kegiatan yang heboh dan bisa mengembalikan semangat. Banyak sekali orang beranggapan bahwa solusi tercepat untuk menghilangkan rasa bosan adalah menunda pekerjaan, kemudian menyimpan pekerjaan tersebut. Itu sama sekali tidak efektif. Seringkali pekerjaannya tidak selesai dan Anda sudah ditunggu dengan pekerjaan lain yang sudah menumpuk.

Ada satu trik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Anda bisa melakukannya saat Anda merasa sudah waktunya merefresh pikiran Anda. Cobalah bangun dari kursi Anda dan ambillah sebuah tindakan lain. Anda bisa meluangkan waktu selama 5 menit untuk berjalan kaki supaya pikiran Anda kembali segar dan dapat berfikir jernih seperti semula. Anda juga bisa melakukan apapun yang kiranya dapat mengembalikan energi dan produktivitas.

Setelah melakukan hal-hal menyenangkan dan ketika Anda kembali ke meja, Anda biasanya merasa sangat segar dan bersemangat untuk bekerja kembali lagi seperti semula. Akan tetapi, jika Anda merasa benar-benar buruk, Anda bisa melakukan hal lain seperti bermain gitar yang ada di kantor dan kemudian berpura-pura bahwa Anda layaknya seorang Jazon Mraz selama lima sampai sepuluh menit.


3. Teknik Pomodoro

Satu teknik yang menjadi favorit banyak orang dalam meningkatkan roduktivitas adalah Teknik Pomodoro. Teknik ini telah membantu banyak orang dalam menulis artikel dan kolom yang menjadi jauh lebih efisien. Dimulai dari prinsip yang sangat sederhana, Bekerja selama 25 menit pada satu pekerjaan tanpa berhenti. Setelah 25 menit, jika Anda berada pada tengah kalimat, Anda harus berhenti lima menit untuk istirahat.

Nah, setiap 25 menit ini disebut "pomodoro".

Anda baiknya menyiapakan sebuah jam dimeja kerja anda dengan bentuk yang lucu atau menarik supaya tidak membosankan. Ini juga merupakan cara yang baik untuk megatur waktu Anda. Anda juga bisa merencanakan hal apa yang akan Anda lakukan sebelum Anda memulai pekerjaan dan berapa banyak pomodoro yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Setelah itu, bandingkan hasil akhir dengan perkiraan Anda.


4. Tarik Nafas

Bosan dan merasa kurang dari yang lain dalam hal produktivitas kerja adalah hal yang sangat umum terjadi disaat kita sedang bekerja. Anda mungkin mengalami hal itu. Jika hal ini dibiarkan, akan sangat berpotensi untuk menghambat pekerjaan Anda untuk terus maju.

Orang-orang pada umumnya mengatasi masalah diatas adalah dengan menutup pekerjaan mereka, pergi, mengobrol, bermain game, internet, mencari inspirasi, dan hal lain. Akan tetapi, ada hal lain yang sangat mudah dilakukan tanpa Anda meninggalkan tempat duduk Anda atau dimana Anda sedang bekerja. Caranya adalah dengan menarik nafas.

Menarik nafas dapat memperlancar peredaran darah Anda dan melemaskan otot-otot Anda yang tegang akibat berfikir dan bekerja terlalu serius. Menarik nafas dalam-dalam juga bisa membuat perasaan Anda senang, nyaman, dan fikiran Anda menjadi segar kembali.

Setelah melakukan hal ini, Anda akan merasa segar dan semangat akan berangsur pulih. Sehingga, Anda sudah siap untuk melanjutkan pekerjaan dan menyelesaikannya.
Diberdayakan oleh Blogger.