Header Ads

Breaking News
recent

12 Cara Berteman Dengan Siapa Saja di mana Saja

Seorang manusia bukanlah makhluk individu. Mereka tidak dapat hidup seorang diri untuk membangun dan mewujudkan mimpi mereka. Sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Mereka harus selalu bersolsialisasi dan berhubungan dengan manusia lain untuk mencapai hal yang mereka inginkan. Manusia satu dan yang lain selalu berhubungan dan saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Anda pasti pernah bertanya kepada diri sendiri, mengapa seorang teman sangatlah penting dalam kehidupan seseorang? Jawabannya adalah manusia belum mampu untuk memecahkan masalah mereka sendiri. Maka dari itu teman sangat penting dalam menentukan arah hidup seseorang. Dengan hadirnya seorang teman akan membuat beberapap perubahan arah hidup, emosional, prinsip, dan hasil akhir.


Dalam berteman tentunya Anda tidak boleh memilih dan mebeda-bedakan, karena hal ini dapat menjurus ke dalam hal rasisme. Dengan memiliki banyak teman dari berbagai latar dan kalangan mampu membuat diri Anda menentukan mana yang baik dan mana yang benar. Mempunyai banyak teman juga akan memudahkan Anda dalam membangun sebuah bisnis nantinya.

Anda pasti pernah melihat seseorang yang sangat mudah sekali bergaul dengan siapapun dan dimanapun tempatnya. Orang ini sangat percaya diri dan fleksibel sekali dalam menjalin pertemanan. Dia mampu dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan dan keadaan. Anda pasti bertanya-tanya tentang hal ini. Bagaimana caranya bisa mendapatkan teman seperti itu? Mungkin Anda juga akan bertanya tentang bagaiamana cara mudah untuk bergaul dengan orang lain? Tenang saja, kali ini Bisnishack.com akan berbagi pengalaman dengan Anda tentang cara berteman dengan siapa saja dan di mana saja.


1. Selalu Ramah dan Murah Senyum

Salah satu kunci seseorang untuk lebih leluasa dalam berteman dengan siapapun dan dimanapun berada adalah selalu ramah dan murah senyum. Tentunya Anda pernah mendengar bahwa senyum juga merupakan ibadah yang paling mudah dilakukan. Maka untuk menghilangkan kesan bahwa Anda adalah orang yang sombong, mulailah dengan tersenyum. Memiliki sikap yang ramah akan memudahkan seseorang diterima oleh berbagai kalangan. Semua orang  menyukai sikap ramah. Sikap ramah dan murah senyum juga bisa digunakan dalam hal bisnis, karena bisa membuat pembeli nyaman berbelanja di tempat Anda.


2. Ucapkan Salam dan Berjabat Tangan dengan Erat


Mengucapkan salam disaat Anda akan memasuki sebuah kalangan baru akan membuat orang lebih menghormati dan mudah mengenali Anda. Jika Anda memasuki kalangan baru, kelompok baru, ruang kerja, ucapkan saja “Selamat Siang, Selamat Malam, Selamat Sore, Selamat Pagi Dunia!” Hal seperti ini akan menarik simpati dari orang lain. Dengan mengucapkan salam lalu diikuti dengan berjabat tangan akan dengan erat akan mempermudah Anda dalam mencari teman. Mungkin Anda akan terasa terbantu untuk memulai sebuah percakapan dengan orang-orang disamping Anda saat menghadiri rapat atau seminar. Orang lain akan mempunyai kesan yang baik atas diri Anda. Dengan memiliki kebiasaan baik ini tentunya akan mudah dalam mencari teman dimanapun Anda berada.


3. Jangan Terlalu Membanggakan Diri

Terlalu membanggakan diri sendiri dihadapan orang lain akan membuat orang merasa kesal dengan Anda. Bayangkan saja jika ada orang lain mengatakan “Saya sudah biasa melakukannya, saya kan juara nasional, tentu saya lebih baik dari mereka”, tentu Anda akan sedikit merasa jengkel atau malas sekali berbicara dengan orang tersebut. Perkataan ini akan membuat seseorang terkesan sombong, dan kebanyakan orang tidak mau bergaul dengan orang sombong.


4. Murah Akan Pujian

Manusia cenderung suka terhadap pujian yang ditujuan untuk mereka. Mereka akan merasa tersanjung dan dihormati saat orang lain memuji apapun tentang mereka. Jika Anda ingin bergaul dengan orang lain, mungkin cara ini akan menjadi salah satu referensi untuk mengatasinya. Anda bisa menggunakan pujian seperti “ Baju Anda bagus sekali, atau Anda sangat jenius”. Pujian-pujian seperti ini akan membantu Anda lebih mudah bergaul dengan orang lain, karena kebanyakan orang yang dipuji pasti akan mengucapkan terimakasih. Hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan sebuah percakapan selanjutnya.


5. Mencoba Mencari Hobi dan Minat Seseorang

Dengan memahami dan mengerti hobi dan minat seseorang tentunya akan memudahkan kita dalam bergaul. Misalnya kita ingin mengenal si A, hobinya adalah bermain bola voli dan minatnya adalah mengajar. Jadi kita bisa memulai perkenalan dengan membicarakan tentang bolavoli atau seputar bagaiaman cara melakukan teknik-teknik dasar bermain bolavoli. Mengetahui hobi dan minat orang lain tidaklah hal yang buruk, mungkin Anda bisa memulainya dengan rekan kerja yang belum Anda kenal.


6. Tahu Sedikit Tentang Banyak Hal

“Mengetahui sedikit bagian dari setiap hal yang ada, akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan  membuat mudah dalam bergaul”. (Zhu-ge Liang = Takeshi Kaneshiro, Film Red Cliff)
Dalam hal ini bukan berarti Anda menjadi sok tahu, akan tetapi dengan mengetahui banyak hal tersebut Anda bisa dengan mudah menanggapi apa yang orang lain katakan. Seseorang akan merasa senang untuk mengenal pribadi yang memiliki wawasan luas. Alasanya karena dengan wawasan yang luas, mereka dapat bertukar atau menuntut ilmu untuk menambah pengetahuan mereka.


7. Selalu Berkata Jujur dan Apa Adanya

Jujur adalah salah satu kunci seseorang dalam mencapai kesuksesan dalam hal apapun. Berteman, berbisnis, berorganisasi, bahkan pemilu pun juga dilandasi dengan kejujuran. Betapa pentingnya sebuah kejujuran dalam hidup. Dalam berteman kejujuran merupakan landasan untuk membina rasa setia kawan. Orang  lebih menyukai orang yang jujur dan apa adanya saat berbicara dan dalam melakukan sesuatu, daripada orang pintar akan tetapi berbelit-belit.

Mungkin Anda juga menyadari, bahwa aspek kejujuran saat ini sudah mulai tergerus. Bisa dicontohkan oleh para pejabat kita yang melakukan korupsi. Tentunya mereka telah membuktikan bahwa tidak bisa menjadi orang yang jujur. Jadi janganlah merasa susah dalam mencari teman, dengan menjadi orang yang jujur dan apa adanya akan membuat orang lain mencari diri Anda untuk dijadikan teman.


8. Pastikan Anda Orang yang Selalu Ceria

Keceriaan menjadi salah satu dasar untuk mencari teman. Orang lain pasti enggan berteman dengan oran gyang mnampak murung, malas, loyo, dan kurang semangat. Jika Anda bersemangat dan menunjukkan keceriaan didepan khalayak ramai, tentunya tidak sulit bagi Anda untuk menemukan teman baru.


9. Jangan Suka Menggosip

Gosip adalah salah satu hal yang kurang baik dilakukan oleh seseorang yang ingin mencari teman. Gosip lebih identik dengan membicarakan orang, biasanya lebih banyak berbicara tentang keburukan daripada kebaikannya. Jika Anda sedang mencari teman, sebaiknya harus menghindari pembicaraan dari gosip. Orang lain akan berfikir negatif tentang Anda jika suka menggosip. Jadi, jauhilah gosip agar Anda sukses dalam mencari teman.


10. Bersikap Dewasa

Bersikap dewasa lebih identik dengan bijaksana. Dengan sikap yang bijaksana Anda pasti bisa menentukan pilihan-pilihan yang rasional dan masuk akal. Dengan sikap yang dimiliki, Anda akan memiliki daya tarik sendiri yang bisa memikat orang lain untuk mengenal Anda atau mereka mempersilahkan diri Anda untuk mengenalnya,


11. Supel

Jadilah orang yang supel jika kamu ingin mempunyai banyak teman. Seseorang yang supel selalu merasa “welcome” terhadap siapapun. Mereka akan selalu menerima siapapun yang ingin mengenalnya. Hal ini tentunya akan memudahkan seseorang untuk berkenalan dan beradapatasi dengan teman dan tempat yang baru.


12. Jangan Hanya Pandai Mengkritik

Terlalu banyak memberikan kritik pedas terhadap seseorang bukan merupakan hal yang baik. Mungkin yang harus Anda lakukan adalah memberikan solusi cerdas kepada orang lain. Solusi yang Anda berikan akan menjadi sebuah bantuan bagi mereka.  Orang yang merasa terbantu tentunya akan mudah membuka ruang bagi Anda untuk menjalin hubungan pertemanan.
Diberdayakan oleh Blogger.