Header Ads

Breaking News
recent

5 Langkah Membuat Perusahaan Bernilai Triliunan Rupiah

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata triliunan rupiah? Apakah Anda percaya bahwa perusahaan Anda bisa bernilai bernilai triliunan rupiah? Keyakinan akan jawaban Anda akan menentukan nasib perusahaan Anda kelak.

Mari lihat contohnya, Uber, perusahaan yang menyediakan jasa sharing taxi. Perusahaan yang  didirikan lima tahun yang lalu ini memiliki sekitar seribu karyawan dan beroperasi di 130 perusahaan. 

Pada tahun 2013 perusahaan ini mendapatkan omset sekitar 1 milyar dollar dengan keuntungan mencapai 210 juta dollar. CEO Uber berkata bahwa perusahaannya mengalami peningkatan pendapatan dua kali lipat setiap enam bulan. Saat ini Uber ditaksir senilai 18 miliar dollar. 

Dalam penilaian ini, Uber mendapatkan tempat yang prestisius di antara merek merek mendunia lainnya seperti Hertz dan Sony. Untuk sebuah perusahaan yang baru didirikan 5 tahun yang lalu, bersaing dengan perusahaan yang sudah ada sejak puluhan tahun, bahkan ratusan tahun, tentu sangat hebat.

Kembali ke perusahaan Anda. Apakah Anda yakin perusahaan Anda bisa bernilai triliunan rupiah?

Mungkin usaha Anda sekarang masih kecil, masih memiliki karyawan di bawah 10 atau 100 orang. Mungkin Anda berada di Indonesia yang tidak terjangkau oleh kedahsyatan perputaran uang di Wall Street atau Sillicon Valley. 

Tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan Anda bisa berkembang dengan sangat pesat. Banyak perusahaan yang dimulai dari nol dan sekarang tumbuh menjadi perusahaan mendunia. Seperti Richard Brandson dengan Virgin Group misalnya.

Bagaimana cara untuk mendapatkan nilai triliunan rupiah?



Langkah 1: Buat Perkiraan Nilai Bisnis Anda di Masa Depan

Saat ini mungkin Anda masih seperti kebanyakan pengusaha lainnya, tidak tahu nilai dari bisnis Anda. Apakah ada di angka 10 juta, 1 milyar atau10 milyar. Anda perlu segera melakukan valuasi atas bisnis Anda sekarang. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda dan orang lain mengetahuinya.

Jika tahun 2014 ini nilai bisnis Anda ada di Angka 100 juta, dan di tahun 2015 nilai bisnis Anda menjadi 1 Milyar. Artinya Anda telah berhasil tumbuh 1000 persen dalam waktu 1 tahun. Sebuah prestasi yang sangat bagus dan sayang sekali jika Anda tidak memiliki data pendukung ini.

Lakukan valuasi ini secara berkala agar Anda dapat memantau progress pergerakan perusahaan Anda.


Langkah 2: Buatlah Rencana Jangka Panjang

Kecuali Anda berada di bawah tekanan, mudah-mudahan Anda tidak akan mempertimbangkan untuk menjual bisnis Anda setidaknya selama tiga sampai lima tahun ke depan. 

Pengusaha yang sudah merencanakan untuk menjual bisnisnya dalam waktu dekat cenderung tidak memiliki keinginan kuat untuk menumbuhkan bisnisnya untuk jangka panjang. Mereka cenderung berfikir bagaimana membuat bisnis mereka terlihat keren dalam waktu singkat. Kemudian bersiap untuk menjualnya.

Buatlah rencana perusahaan Anda untuk jangka panjang. Buat target-target pencapaian yang ingin Anda capai dalam waktu 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun bahkan 10 tahun. Kemudian buatlah masterplan apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Komunikasikan visi misi perusahaan Anda ini dengan semua orang mulai dari keluarga, karyawan, partner, investor bahkan klien. Anda akan melihat siapa saja orang-orang yang percaya dengan Anda dan Visi perusahaan Anda dan siapa yang tidak.


Langkah 3: Lakukan liburan yang panjang 

Perusahaan besar bernilai triliunan rupiah tidak mungkin bisa dikerjakan hanya oleh 1 orang. Anda harus memastikan bahwa tim, sistem dan strategi yang ada di perusahaan Anda memungkinkan perusahaan berjalan tanpa kehadiran Anda.

Bagaimana cara mengetahuinya? Ambilah liburan panjang sekitar 4-5 minggu. Lihat apa yang terjadi. Apakah semuanya berantakan, atau perusahaan Anda malah tumbuh dengan sangat pesat?

Melalui cara ini Anda dapat menilai divisi apa yang pantas mendapat penghargaan. Dan divisi mana yang memerlukan manajer baru? Sistem yang dibuat harus mampu mengakomodir strategi yang direncakan.
Bagan perusahaan, posisi dan tanggung jawab masing-masing orang di perusahaan harus dibuat dengan sangat jelas. Semua itu juga harus dikomunikasikan ke semua orang. Agar tiap orang tahu posisi masing-masing orang di perusahaan


Langkah 4: Carilah hobi

Sebagai pengusaha Anda wajib untuk mencari hobi. Dan itu tidak boleh bisnis Anda. Orang-orang yang terlalu bergairah tentang bisnis mereka membuat pilihan bodoh didasarkan pada emosi. Uber co-didirikan oleh CEO Travis Kalanick. Saya yakin dia menganggap perusahaan itu adalah bayinya, sama seperti setiap pengusaha. Mengingat bahwa dia menjual sahamnya kepada investor-investor dan dikabarkan akan segera menuju IPO membuat saya percaya bahwa dia seorang pengusaha yang visioner. 

Bisnis Anda harus dipandang sebagai aset. Para pemimpin bisnis yang besar mulai dari Jack Welch sampai Donald Trump dikenal gemarmembeli dan menjual sebagian atau seluruh perusahaan hanya karena mereka memiliki harga yang mahal.

Untuk itulah Anda harus memiliki hobi lain selain bisnis Anda. Sehingga emosi Anda dapat Anda lampiaskan ke dalam hobi tersebut. Kemudian saat kembali ke bisnis, Anda dapat berfikir dan memutuskan secara lebih rasional dan objektif. Perusahaan bernilai triliunan rupiah tidak hanya besar dikarenakan intuisi semata. Banyak hitungan dan riset mendalam yang mereka lakukan untuk tumbuh dan terus membesar.


Langkah 5: Lakukan Strategi Dahsyat

Strategi biasa hanya akan menjadikan Anda memiliki perusahaan yang biasa-biasa saja. Untuk memiliki perusahaan bernilai triliunan rupiah Anda harus melihat ke dalam perusahaan Anda. Apakah Anda sudah menerapkan ritual-ritual perusahaan besar.

Tiap level membutuhkan pendekatan manajemen yang berbeda. Jika usaha masih kecil, mungkin Anda bisa menghandle semuanya sendirian. Tapi saat usaha Anda mulai berkembang Anda membutuhkan manajer-manajer handal untuk memastikan jalannya perusahaan Anda.

Cara menghandle customer akan berubah, cara mendapatkan pasokan barang akan berubah, cara kita melihat efisiensi dan produktivitas akan berubah. Akan banyak sekali hal yang berubah seiring dengan berkembangnya perusahaan Anda. Teruslah berubah, buatlah strategi yang sesuai dengan keadaan perusahaan Anda saat itu. Datangkanlah ahli-ahli yang pernah bekerja dengan skala besar. 

Terakhir, untuk menjadi besar dalam waktu cepat. Anda harus memiliki strategi yang dahsyat. Strategi yang unik dan berbeda dengan kompetitor Anda. Strategi yang membuat Anda masuk ke dalam peta perusahaan besar. Strategi yang membuat customer memperebutkan Anda.

Tanpa itu semua, menjadi besar masih bisa, tapi tentu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Seperti uber yang fokus dalam hal inovasi. Google yang selalu melakukan riset. Facebook yang menjaring milyaran pengguna. Zappos yang fokus kepada customer excellence dan masih banyak perusahaan besar lainnya yang memiliki strategi yang dahsyat. 

Segera temukan strategi rahasia yang dahsyat untuk perusahaan Anda. Buat tim dan sistem yang kuat untuk menjalankan strategi tersebut. Tanpa sadar Anda akan menemukan perusahaan menjadi sangat besar. Jauh lebih besar daripada apa yang pernah Anda bayangkan sebelumnya.
Diberdayakan oleh Blogger.